Cara menyalin tulisan dari kertas ke HP

Cara Menyalin Tulisan dari Kertas ke HP atau PC dengan Otomatis Tanpa Harus Ngetik, Keren dan Mudah !

Diposting pada

Cara menyalin tulisan dari kertas ke HP atau PC secara otomatis nampaknya sangat penting diketahui banyak orang, dari berbagai kalangan dan profesi. Baik itu para pelajar, mahasiswa, penulis, blogger dan lainnya.

Betapa tidak, untuk mengutip suatu tulisan dari suatu buku biasanya kita harus menulisnya satu huruf demi huruf. Dengan mengetahui cara menyalin tulisan dari kertas ke HP atau PC ini, maka kita tidak perlu repot lagi, sebab semua tulisan yang ada dibuku yang kita baca, bisa kita rubah dalam bentuk tertulis di hp atau PC, untuk kemudian langsung disalin.

Cara ini sepertinya sangat tepat jika dikatakan sebagai cara menyalin teks dari gambar. Sebab untuk melakukan ini, kita perlu memotret buku, majalah, atau lainnya yang mengandung tulisan, dan setelah itu di conver ke menu tulisan.

Dengan hal ini, dapat kita simpulkan bahwa tidak hanya kertas saja yang dapat kita copy langsung tulisannya ke hp atau PC. Selama yang kita potret memiliki tulisan, maka hal ini dapat kita lakukan, misalnya saja dari poster, kemasan plastik, dan lain sebagainya.

Pada postingan kali ini Dunia Elektronik, akan membagikan cara meng copy atau menyalin tulisan dari kertas ke hp atau smartpone, dan juga ke PC atau laptop. Penasaran bukan? Berikut ulasan lengkapnya.

Baca Juga : Aplikasi Screenshot Komputer Terbaik, Cocok untuk Video Tutorial

Cara Menyalin Teks dari Kertas ke Smartphone atau Komputer

Untuk memudahkan sobat, cara ini akan kita bagi dalam dua kategori. Dengan hal ini, maka sobat bisa menyesuaikannya dengan kebutuhan dan perangkat yang dimiliki. Jadi jika sobat memiliki smartphone dan laptop bisa menggunakan keduanya, namun jika lebih nyaman menggunakan salah satunya tentu bukan masalah.

Cara Menyalin Teks ke Smartphone

Untuk dapat menyalin tulisan dari kertas ke hp atau smartphone, maka sobat hanya perlu menginstal sebuah aplikasi. Aplikasi inilah yang nantinya dapat digunakan untuk merubah tulisan dari gambar menjadi tulisan. Adapun aplikasi yang kami maksud adalah Text Fairy.

Untuk mendapatkan aplikasi ini, silahkan cari dan unduh di App Store atau Play Store, yakni aplikasi Text Fairy (OCR Text Scanner) Productivity by Renard Wellnitz.

Jika sudah dipasang pada smartphone, selanjutnya buka aplikasi tersebut, dan tap OK.

Untuk memudahkan penggunaan sebaiknya download sesuai bahasa yang kita gunakan. Pilihlah Download Your Language, kemudian cari dan download bahasa Indonesia.

Setelah itu sobat bisa mulai menggunakannya. Setidaknya ada dua cara yang bisa digunakan. Jika ingin merubah gambar menjadi teks dari foto yang ada di galeri, silahkan pilih ikon gambar. Namun jika ingin menyecan langsung saat itu juga, maka pilihlah icon kamera.

Sebagai contoh di sini, penulis akan mecoba langsung menyecan tulisan dari sebuah buku.

Setelah mengenai objek gambar, atur posisi gambar sejajar dengan kamera. Jangan lupa buat tangan sobat setenang mungkin, sehingga gambar yang dihasilkan tidak buram. Jika sudah selanjutnya silahkan pilih centang

Silahkan atur menu crop arahkan ke arah gambar dimana tulisannya yang akan di copy.

Silahkan pilih bahasa Indonesia, kemudian klik Start.

Silahkan tunggu sampai aplikasi merubah semua tulisan yang ada di gambar dalam bentuk tulisan. Jika sudah selesai, sobat bisa langsung menyalinnya dengan mengklik menu copy, atau menggunakan fitur lainnya sesuai kebutuhan.

Cara Menyalin Teks ke Komputer atau Laptop

Cara menyalin tulisan dari kertas ke HP

Setelah membahas cara menyalin tulisan dari kertas ke hp, maka saatnya kita membahas cara menyalin ke PC atau laptop. Pada dasarnya caranya tidak jauh berbeda, yaitu menggunakan gambar yang ada di memori laptop/pc, atau juga menggunakan kamera langsung dari perangkat tersebut.

Bedanya cara menyalin menggunakan komputer ini tidak memerlukan aplikasi, sebagai gantinya kita hanya perlu menggunakana sebuah situs, yaitu OCR Online.

Caranya tentu dengan masuk ke website tersebut, kemudian pilih gambar yang tulisannya akan kita copy, dengan cara klik select file.

Silahkan cari file gambar yang ingin sobat rubah menjadi bentuk tulisan tersebut, dan kemudian upload.

Baca Juga : Situs untuk Membuat Aplikasi Android dengan Mudah dan Gratis

Setelah terupload, pada menu select language dan output format, silahkan sobat pilih bahasa Indonesia, dan hasilnya menjadi Text Plain (txt), lalu klik convert.

Jika sudah, maka akan keluar box hasil scan tulisan sesuai yang tertera pada gambar yang dipilih. Untuk menyalin tulisannya, sobat bisa menggunakan kombinasi tombol Ctrl+C pada keyboard. Selain itu, sobat juga bisa mendownloadnya dengan format .txt. atau Ms. Word.

Untuk mendapatkan hasil terbaik, sebaiknya selalu gunakanlah gambar yang jelas, dan jernih ( tidak blur). Hindari memotret tulisan di tempat minim cahaya, kecuali kamera perangkat yang kita gunakan tetap bekerja maksimal meski di tempat seperti itu.

Demikian cara menyalin tulisan dari kertas ke hp atau PC. Semoga bermanfaat dan pekerjaan sobat menjadi lebih ringan karenanya.

Gambar Gravatar
Menulis adalah salah satu cara mengaktualisasikan diri, memberi informasi bermanfaat, dan sebagai upaya menjadi pribadi yang berguna untuk orang banyak. Silhakan share jika bermanfaat.