Cara Merawat Smartphone Tetap Awet

9 Cara Merawat Smartphone Tetap Awet dan Senantiasa Prima

Diposting pada

Cara merawat smartphone tetap awet adalah informasi yang sangat penting. Seperti kita tahu, smartphone telah menjadi alat elektronik yang wajib dimiliki oleh setiap orang. smartphone telah dipakai berbagai kalangan dan usia. Hal ini karena smartphone memiliki banyak manfaat, untuk memudahkan kehidupan manusia.

Smartphone termasuk barang yang penting sehingga perlu merawat smartphone agar tetap awet. Namun sayangnya, tidak semua orang tahu cara merawat smartphone dengan tepat. Berikut solusinya!

Tips Merawat Smartphone Tetap Awet

Baca Juga : 8 Cara Mudah Memperbaiki Smartphone Mati Total

Membersihkan Secara Berkala

Salah satu hal yang perlu dilakukan untuk menjaga smartphone tetap awet, yaitu menjaga kebersihan smartphone secara berkala. Gunakanlah pembersih yang kering. Jika membersihkan smartphone menggunakan air atau tisu basah, hanya akan membuat smartphone menjadi lembab dan bisa menyebabkan smartphone menjadi rusak.

Mengisi Daya Sesuai Kebutuhan

Pengisian daya harus diperhatikan, jangan sampai baterai mengalami overheating. Sebaiknya isi baterai sesuai kebutuhan saja, jangan sampai melebihi kapasitas. Hindarilah pengisian baterai dalam waktu semalaman.

Melindungi Smartphone Menggunakan Screen Protector

Beberapa orang menyepelekan penggunaan screen protector untuk melindungi layar smartphone. Padahal screen protector ini sangat penting untuk melindungi layar, agar tidak mudah retak saat jatuh maupun tertindih. Selain itu, layar juga akan terlindungi dari kuku yang tajam, maupun tangan yang kasar.

Menggunakan Case Smartphone

Cara merawat smartphone tetap awet

Tips selanjutnya untuk merawat smartphone tetap awet, yaitu dengan melindunginya menggunakan case samartphone. Hal ini bermanfaat agar smartphone terhindar dari keretakan saat jatuh, terinjak, ataupun tertindih oleh barang lain. Saat ini tersedia berbagai macam case smartphone, dan Anda bisa memilihnya sesuai keinginan.

Jangan Bermain Game Saat Smartphone Sedang Diisi Daya

Saat smartphone dalam kondisi pengisian daya, biasanya beberapa orang gemas dan tetap ingin memainkan smartphone. Kebiasaan tersebut berpengaruh terhadap ketahanan baterai. Jika hal tesebut masih berlanjut, maka bisa menyebabkan smartphone mudah rusak. Hal ini disebabkan karena lempengan baterai bocor, atau menggelembung akibat saat pengisian dan menjalankan aplikasi berat.

Baca : Tips Mengamankan Smartphone Saat Bermain Game Agar Senantiasa Awet Prima

Aplikasi berat tersebut seperti bermain game. Kenapa bermain game dilarang saat pengisian daya? Jawabannya karena game rata-rata memiliki sumber daya besar, yang dapat menghabiskan RAM dan CPU dengan cepat.

Menghapus Widget yang Tidak Penting

Merawat smartphone tetap awet selanjutnya, yaitu dengan memperhatikan software. Berbeda dengan hardware, untuk perawatan software perhatikan tentang widget. Widget yang terdapat pada smartphone namun bertebaran tidak teratur, bisa berakibat buruk pada smartphone, terutama membuat pengoperasian smartphone menjadi berat.

Hal ini karena widget kadang masih aktif diluar pengetahuan pemilik smartphone. Sehingga berakibat pada pengoperasian smartphone dan membuat smartphone cepat panas. Jadi, sebaiknya hapus widget di dalam smartphone yang dirasa tidak penting.

Menghapus Aplikasi yang Membuat Smartphone Lambat

Sebagian besar orang pernah mengalami lamanya membuka aplikasi, atau bahkan gagal membuka aplikasi di dalam smartphone. Untuk itu disarankan menghapus aplikasi, yang memakan CPU dan RAM berat. Ini sebagai salah satu cara merawat smartphone tetap awet. Gagalnya membuka aplikasi ini, sering disebabkan karena spesifikasi ponsel yang dimiliki kurang tepat dengan aplikasi yang diinstal.

Selalu Update Aplikasi dengan Versi Terbaru

Beberapa orang mungkin menyepelekan, tentang peringatan update aplikasi dengan versi terbaru. Padahal, update aplikasi ini sangat penting untuk menunjang performa ponsel, serta untuk perlindungan keamanan. Hal ini juga menjadi cara untuk merawat smartphone tetap awet. Aplikasi smartphone ini biasanya, juga melindungi dari serangan virus yang telah menyerang smartphone.

Instal Aplikasi All in One Toolbox untuk Meningkatkan Performa

Dalam smartphone, sebenarnya ada 2 perawatan yaitu perawatan hardware dan software. Perawatan hardware bisa dilakukan dengan berbagai cara, asal dilakukan dengan hati-hati. Sedangkan untuk perawatan softwarenya, bisa dibilang susah-susah gampang. Susah jika belum menemukan aplikasi pembersih yang tepat, mudah jika telah menemukan aplikasi yang tepat.

Demikian beberapa tips yang bisa Anda lakukan, untuk merawat smartphone tetap awet dengan tepat. Dari sekian rekomendasi cara perawatan smartphone, yang paling penting yaitu kehati-hatian dalam menggunakan smartphone. Untuk hardware, sebaiknya selalu letakkan smartphone di tempat yang aman. Sedangkan untuk software, selalu bersihkan sampah atau chance, serta jangan instal aplikasi sembarangan.

Gambar Gravatar
Menulis adalah salah satu cara mengaktualisasikan diri, memberi informasi bermanfaat, dan sebagai upaya menjadi pribadi yang berguna untuk orang banyak. Silhakan share jika bermanfaat.