12 Merk Air Fryer Terbaik, Makin Hemat dan Sehat dengan Makanan Tanpa Minyak!

  • Whatsapp
Merk Air Fryer Terbaik

Merk air fryer terbaik, informasi menarik untuk kamu yang ingin menghasilkan masakan lebih sehat. Bukan hanya karena tanpa minyak, alat berkualitas tentu akan semakin safety saat digunakan.

Seperti kita tahu, memasak dengan minyak selain merepotkan juga tidak baik jika terlalu sering dikonsumsi. Namun bagaimana jika kamu sangat menyukai gorengan. Artikel kali ini, akan memberikan informasi menarik tentang Air Fryer. Dengan alat ini, maka kamu bisa menggoreng meski tanpa minyak.

Dengan mengurangi makanan berminyak, selain bisa lebih sehat. Bayang-bayang kekhawatiran terhadap kolesterol juga bisa dihilangkan.

Apa Itu Air Fryer

Sebelum membahas tentang merk air fryer terbaik, ada baiknya kita pahami dulu alat ini lebih dalam. Pada dasarnya air fryer adalah alat untuk memasak, yang fungsi utamanya adalah untuk menggoreng makanan tanpa minyak.

Di tanah air, memang alat ini belum banyak penggunanya. Namun mengingat penggunaannya di luar negeri sudah menjadi hal umum, saya percaya alat ini juga akan populer di Indonesia. Terlebih, kesadaran masyarakat akan kesehatan semakin meningkat.

Cara Kerja Air Fryer

SHOPEE

Mungkin kamu penasaran terkait cara kerja air fryer. Bagiamana alat ini bisa menggoreng makanan, meski tanpa menggunakan minyak.

Pada dasarnya cara kerja air fryer adalah dengan menyebarkan udara panas dengan kecepatan tinggi, untuk mengelilingi makanan yang ada di dalamnya. Udara panas tersebut, dihasilkan dari kipas angin mekanik yang ada di dalamnya.

Suhu panas tinggi akhirnya membuat kandungan air dalam makanan menguap. Hal tersebut kemudian bukan hanya membuat makanan matang, namun juga memiliki tekstrur renyah.

Jenis Air Fryer

Setidakny ada 3 jenis air fryer yang beredar di pasaran. Ada pun ketiga jenis air fryer tersebut adalah sebagai berikut:

Basket air fryer

Ini adalah jenis fryer yang paling umum digunakan. Ciri-cirinya memilki bentuk mirip teko, dengan permukaan yang lebih bundar, dan ada banyak tombol pada alatnya.

Cara membukanya sangat unik, yakni dari samping seperti saat kita membuka laci. Bentuk wadahnya sendiri seperti loyang. Dengan demikian, kamu bisa menggunakan basket air fryer untuk menggoreng makanan yang tidak terlalu kering. Menariknya, kamu juga bisa memanggang kue dengan basket air fryer ini.

Paddle air fryer

Paddle air fryer ini bentuknya mirip dengan magic com. Hal tersebut semakin didukung, dilihat dari cara membukanya yang juga dari atas.

Pada bagian tengahnya ada alat menyerupai baling-baling. Alat ini lah yang digunakan untuk menyalurkan udara panas, pada makanan yang disimpan di dalamnya. Kamu yang ingin menggoreng frozeen food, dengan permukaan sangat renyah, sangat cocok menggunakannya.

Oil-free turkey fryer

Oil-free turkey fryer adalah jenis air fryer dengan ukuran, serta kapasitas paling besar diantara ketiganya. Bentuk alat ini mirip panci yang memiliki kaki. Untuk memudahkan saat memegangnya, alat ini juga dilengkapi gagang pada sisi kanan dan kirinya.

Tidak seperti jenis air fryer lainnya. Bagian penutup alat ini juga terpisah. Dengan hal ini, maka kamu bisa lebih leluasa saat memasukan makanan. Kapasitasnya yang besar, jenis air fryer ini sangat cocok digunakan saat memanggang ayam maupun kalkun utuh.

Jenis Masakan yang Bisa Digunakan

Air fryer dapat digunakan untuk menggoreng berbagai jenis makanan. Misalnya saja seperti daging, sea food, frozen food, tahu, tempe, kentang, maupun kerupuk.

Bukan hanya itu, kamu juga bisa menggunakan alat ini untuk memanggang cookies, memanggang steak, maupun membakar roti. Bahkan kamu juga bisa menggunakannya untuk membuat kripik. Sangat menarik bukan?

Dapatkan promo air fryer terbaik harga bersahabat di Shopee dan Lazada!

Kelebihan dan kekurangan Air Fryer

Merk Air Fryer Terbaik
image via istockphoto.com

Terdapat beberapa kelebihan dan kekurangan dari alat masakan modern ini. Diantaranya sebagai berikut

Kelebihan Air Fryer

Praktis

Air fryer bisa diatur suhu dan waktu memasaknya. Dengan demikan, kamu tak perlu takut makanan gosong sekali pun sambil mengerjakan aktivitas lain. Alat ini sangat cocok, untuk kamu yang tidak memiliki waktu banyak di dapur.

Aman

Memasak menggunakan air fryer tentunya lebih aman. Hal ini karena penggunaannya bisa meminimalisr kecelakaan saat memasak. Misalnya saja seperti terkena cipratan minyak panas, maupun tersenggol wajan.

Lebih sehat

Selain tanpa minak, kamu juga bisa memasak pada alat ini dengan minyak seminimal mungkin. Selain tak perlu menyetok banyak minyak goreng, masakan yang dihasilkan tentu lebih menyehatkan.

Hasil gorengan lebih renyah dan krispi

Menggoreng makanan di air fryer, akan membuat hasilnya lebih krispi dan renyah. Hal tersebut, karena saat dimasak kandungan air dalam makanan dapat menguap secara sempurna.

Tidak Mengubah Rasa

Sekali pun tanpa minyak, makanan yang dihasilkan akan tetap enak seperti halnya saat menggoreng dengan minyak. Bedanya hasil gorengannya hanya akan tidak berminyak sama sekali.

Multifungsi

Selain untuk menggoreng, air fryer juga bisa digunakan untuk membakar maupun memanggang. Hal ini karena alat ini, didukung beberapa pilihan bentuk wadah. seperti panci. besi pemanggang, dan lain sebagainya.

Kekurangan Air Fryer

Setiap alat, selain memiliki kelebihan tentu ada kekurangannya. Adapun kekurangan air fryer yakni sebagai berikut:

Mahal

Tidak semua orang bisa dengan mudah memiliki alat ini. Terutama masyarakat ekonomi menengah ke bawah. Fungsinya yang canggih, akhirnya membuat alat ini juga dibandrol dengan harga mahal. Alat ini juga membutuhkan daya listrik tinggi, sehingga bisa meningkatkan biaya bulanan.

Tidak Bisa Mengolah Semua Jenis Masakan

Tentu kamu tidak bisa menggoreng semua jenis makanan dengan air fryer. Hanya makanan dengan tekstur padat dan kental saja, yang bisa di goreng di sini. Jadi kamu tidak bisa menggoreng adonan cair dengan alat ini.

Kapasitas kecil

Sekali pun alat ini cukup memakan tempat, dan terbilang berat. Namun kapasitas masaknya terbilang kecil. Jika ingin memasak dalam jumlah banyak, maka harus bertahap dan dilakukan berkali-kali.

12 Merk Air Fryer Terbaik

Bagi kamu yang akan membeli air fryer, agar tidak salah pilih berikut rekomendasi produk dari merk terbaik.

Dapatkan Diskon Produk Hingga 50% lebih di Sini!

1. Philips

Merk air fryer terbaik

Kualitas produk Philips tentu sudah tak perlu diragukan lagi. Begitu pun untuk produk air fryernya. Air fryer yang diproduksi didukung teknologi rapid air. Dengan hal tersebut, maka makanan bisa matang secara merata. Menariknya, saat digunkan bagian luar alat ini tetap dingin sehingga lebih aman.

Selain mudah dibersihkan, alat ini juga tidak meninggalkan bau. Jadi bukan hanya praktis dalam memasaknya saja, tapi juga proses pembersihannya. Hal ini, tentu sangat disukai para ibu rumah tangga.

Harga produk air fryer Philips mulai Rp 1.8 juta hingga Rp 3 jutaan.
Cek daftar harga air fryer Philips selengkapnya di sini!.

2. Xiaomi

Merk air fryer terbaik

Xiaomi ternyata bukan hanya fokus memproduksi smartphone saja. Perusahaan ini juga turut serta dalam memproduksi perangkat rumah pintar, salah satunya adalah air fryer. Bukan kaleng-kaleng, air fryer dari Xiaomi ini memiliki kualitas bagus.

Temperatur air fryer bisa diatur hingga 200 derajat celcius. Tentu saja dalam pengaturan tersebut, kamu harus menyesuaikannya sesuai kebutuhan. Terdapat fitur timer, sangat bermanfaat untuk yang super sibuk. Sehingga tak perlu takut kelupaan saat memasak. Produknya juga Memiliki kapasitas cukup besar, yakni sekitar 2 liter.

Harga air fryer Xiaomi yakni antara Rp 800 ribu hingga Rp 2 jutaan.
Cek daftar harga air fryer Xiaomi di sini!

3. Oxone

Merk air fryer terbaik

Merk air fryer terbaik selanjutnya, yang kami rekomendasikan adalah Oxone. Air fryer merk ini bisa berputar hingga 36o derajat. Dengan hal tersebut, maka makanan yang dimasak bisa lebih matag dengan sempurna. Wadahnya yang terbuat dari kaca, sangat memudahkan kamu untuk melihat masakan yang sedang dimasak.

Keadaan masakan dapat dicek dengan sangat praktis. Memiliki dimensi 43x43x40, tentu ukuran tersebut cukup besar. Kamu bisa menggunakannya untuk memasak satu ayam utuh.

Produk ini dijual mulai dari Rp 1.1 juta hingga Rp 3.5 jutaan.
Cek daftar harga air fryer Oxone di Sini!

4. Midea

Merk air fryer terbaik

Air fryer dari Midea berbeda dengan lainnya. Salah satu merk air fryer terbaik ini, produknya bukan hanya untuk menggoreng. Namun juga bisa untuk mengukus serta memanggang. Memiliki fitur 3 dimensi udara, sehingga makanan yang dimasak bisa matang secara merata.

Pengaturan suhu masaknya sudah menggunakan layar sentuh, sehingga sangat terkesan modern dan mudah dioprasikan. Pegangannya pun tidak panas, sangat memudahkan saat memasak maupun mengangkat makanan. Kapasitas keranjangnya sendiri mencapai 2,2 liter.

Harga produk ini berkisar antara Rp 1 juta hingga Rp 3 jutaan.
Cek daftar harga air fryer Midea di sini!

5. Maspion

Merk air fryer terbaik

Kamu yang mencari air fryer dengan konsumsi daya listrik lebih hemat, air fryer Maspion jawabannya. Produk ini membutuhkan daya listrik hanya 1000 watt.

Sistem kerja alat ini mengandalkan kombinasi panas dan udara yang cepat dalam ruang.  Selain makanan cepat matang oleh panasnya yang stabil, nutrisi yang terkandung di dalamnya juga tidak akan rusak.

Kapasitasnya yang mencapai 3,2 liter, membuat kamu bisa memasak banyak makanan sekaligus.

Salah satu merk air fryer terbaik ini, dijual mulai Rp 950 ribu hingga Rp 3 jutaan.
Cek daftar harga air fryer Maspion di sini!

6. Severin

Air Fryer Severin

Severin adalah salah satu merk penggorengan tanpa minyak terbaik, dengan keunggulan semua bagian produknya dapat dilepas. Dengan hal tersebut, maka proses pembersihanya bisa dilakukan dengan mudah.

Kapasitasnya yang mencapai 3 liter, juga bisa membuat kamu memasak dalam jumlah banyak sekaligus. Menariknya, selain dilengkapi fitur timer. Produk ini juga memiliki 6 program otomatis untuk menggoreng daging, ayam, ikan, udang, dan lainnya.

Produk ini dijual mulai dari Rp 1.7 juta hingga Rp 3.3 jutaan.
Cek daftar harga air fryer Severin selengkapnya di sini!

7. Air Fryer Kuche

Air Fryer kuche

Penggorengan tanpa minyak terbaik ini, dapat menggoreng secara merata. Alat ini telah dilengkapi digital touchscreen, selain mudah dioprasikan juga terkesan canggih dan modern. Kamu juga bisa menggunakannya untuk mengukus.

Sekalipun berkualitas dan dapat diandalkan, harga jualnya masih cukup bersahabat. Kamu bisa memiliki air fryer Kuche, mulai dari Rp 1.5 juta hingga Rp 3.5 jutaan saja.

Cek daftar harga air fryer Kuche selengkapnya di sini!

8.  Zerofat

Air Fryer Zerofat

Alat penggorengan tanpa minyak terbaik ini, dilengkapi tombol-tombol filihan. Fungsinya diantaranya untuk fryng, turbo fryng, dan lain sebagainya.

Terdapat juga wadah untuk memanggang, mengoreng, dan juga wadah besi. Jadi selain untuk menggoreng makanan, kamu juga bisa menggunakannya untuk memanggang roti maupun kue. Kerennya lagi, kamu juga mefungsikan alat ini sebagai oven listrik.

Harga alat ini muali Rp 3 juta hingga Rp 3.5 jutaan.
Cek daftar harga air fryer Zerofat selengkapnya di sini!

9. Mayaka

Mayaka

Mayaka adalah salah satu merk air fryer terbaik, yang beredar di pasaran. Alat ini membutuhkan daya listrik sekitar 1000 watt. Demi memudahkan penggunaannya, produk ini juga dilengkapi timer dan pengatur suhu.

Dalam proses pembersihannya, produk ini juga terbilang mudah. Perangkat ini dilengkapi dengan resep masakan yang bisa diprosesnya. Sangat membantu kamu yang jarang memasak.

Penggorengan tanpa minyak terbaik ini, dijual mulai dari Ro 1.4 juta hingga Rp 2.1 jutaan.
Cek daftar harga produk air fryer Mayaka selengkapnya di sini!

10. Air Fryer Stylies

Stylies

Alat penggorengan tanpa minyak terbaik ini, memiliki kemampuan mengontrol suhu 80 hingga 200 derajat celcius. Memiliki teflon yang anti lengket, akan sangat memudahkan kamu saat membersihkannya.

Daya listrik yang dibutukan juga terbilang hemat, sehingga tidak melonjakan biaya bulanan. Bagian bawah alat ini dilengkapi bahan non-slip feet. Jadi selama digunakan, ia bisa tetap stay di tempat.

Produk ini dijual mulai dari Rp 900 ribu, hingga Rp 2.5 jutaan.
Cek daftar harga air fryer Stylies selengkapnya di sini!

11. Lock & Lock Eco Air Fryer

Lock & Lock Eco

Lock & Lock umumnya kita kenal sebagai produk botol minuman, maupun kotak makanan berkualitas. Perusahaan ini, ternyata juga turut memproduksi air fryer berkualitas.

Alat penggorengan tanpa minyak terbaik ini, memiliki kapasitas 1,6 liter. Alat ini didukung fitur 360 Hot Air Circulation Heating bersistem aerodinamis. Tentu saja, membuat makanan yang dimasak bisa lebih matang dengan merata.

Alat ini juga dilengkapi LCD Display, yang bermanfaat untuk menampilkan suhu dan waktu melalui angka data digital. Handle anti panasnya juga membuat proses memasak semakin terasa lebih nyaman.

Air fryer ini dijual dengan harga sekitar Rp 800 ribu hingga Rp 2.2 jutaan. Cek harga selengkapnya di sini!

12. HOME & HOME Air Fryer

HOME & HOME

Salah satu merk air fryer terbaik ini, bukan hanya dapat digunakan untuk menggoreng saja. Home & Home Air Fryer, juga memiliki 8 fungsi memasak lainnya. Misalnya saja seperti merebus, menumis, memanggang, membuat kue, hingga mencairkan makanan yang beku.

Bentuknya yang compact dan ringan akan membuat proses memasak semakin mudah dan praktis. Bahkan kamu bisa dengan leluasa membawanya kemana pun. Harga alat ini mulai dari dari Rp 900 ribu hingga Rp 1.5 jutaan.

Cek Harga Air Fryer di:

Shopee

Bukalapak

Lazada

Tokopedia

Bhineka

Blibli

Cara Memasak dengan Air Fryer

Merk Air Fryer Terbaik

Setelah mengetahui merk air fryer terbaik, rasanya kurang lengkap jika tidak membahas cara menggunakannya. Semoga bermanfaat setelah kamu memilikinya. Ada pun cara mengggunakan air fryer adalah sebagai berikut:

  • Siapkan bahan makanan yang akan digoreng.
  • Sebelum digunakan panaskan lebih dulu air fryer pada suhu rendah, kurang lebih selama 1 menit.
  • Masukan bahan makanan, kemudian atur kembali suhunya untuk bisa mematangkan makanan tersebut.
  • Disarankan hanya memasukan satu jenis bahan makanan saja. Jika ada yang lain bisa secara bergantian.
  • Jangan lupa bersihkan air fryer setelah digunakan. Bersihkan juga sisa makanan, yang umumnya menempel pada alat penyaring atau dasar wadah.

Demikian pembahasan mengenai merk air fryer terbaik, dan berbagai informasi penting terkait alat ini. Demi keamanan dan kenyamanan, kamu bisa membeli alat ini di toko online terbaik di Indonesia. Semoga ulasan ini bermanfaat. Jangan lupa share ya!

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *