13 Merk Genset Terbaik untuk Kebutuhan Rumahan dan Usaha, Harganya?

  • Whatsapp
merk genset terbaik

Merk genset terbaik saat ini bukan hanya perlu diketahui para pengusaha, namun juga harus diketahui masyarakat luas. Mati lampu yang mendadak tentu akan membuat suasana rumah menjadi sangat sunyi, khususnya saat malam hari. Dengan memiliki genset maka kebutuhan listrik akan tetap terjamin, sehingga lampu, TV, kipas angin, dan peralatan elektronik tetap kita nyalakan.

Bagi para pengusaha, mati lampu selain dapat mengganggu kelancaran usaha juga bisa berpotensi pada terjadinya aksi pencurian. Dengan menggunakan merk genset yang paling bagus, selain membuat usaha lancar kualitas dan keawetannya juga akan senantiasa terjamin, sehingga keuangan lebih terjaga karena tidak harus sering service.

Cara Memilih Genset yang Tepat Sesuai Kebutuhan

merk genset yang paling bagus

Sebelum membahas merk genset terbaik, ada baiknya kita pahami terlebih dahulu cara memilih genset yang tepat sesuai dengan besarnya kapasitas listrik yang dibutuhkan. Untuk itu, hitunglah terlebih dulu berapa KWH yang dimiliki dan jumlah watt yang dibutuhkan. Setelah itu, pilihlah genset yang memiliki output daya yang lebih besar dibanding jumlah listrik yang kamu perlukan tersebut.

Pilih Ganset dengan Bahan Bakar yang Mudah Didapat

Selain memilih merk genset yang paling bagus, kamu juga harus memilih genset yang menggunakan bahan bakar yang mudah didapatkan, sehingga semakin memudahkan kamu dalam menggunakannya. Adapun bahan bakar yang digunakan genset saat ini yaitu solar, bensin, bensin campur, hingga LPG.

Pilih Genset dengan Suara yang Sesuai

Bagi kamu yang menggunakan genset untuk kebutuhan rumahan, tentu sangat disarankan menggunakan genset yang suaranya tidak bising. Selain nyaman, hal ini juga tidak akan menganggu pendengaran baik keluarga, tetangga, hingga para customer.

Suara yang dihasilkan genset sangat ditentukan oleh tipe mesinnya, meski harganya lebih murah genset dengan mesin dua tak mayoritas lebih berisik. Berbeda dengan mesin empat tak yang dikenal sebagai silent genset, suaranya tentu sangat lembut dan nyaris tak terdengar, namun tentu saja harganya relatif lebih mahal.

Setelah memahami genset apa yang kamu butuhkan, selain memilih merk genset yang paling bagus kamu juga harus menyesuaikannya dengan budget yang dimiliki. Tak kalah penting dari itu kamu juga bisa bertanya pada ahlinya dan pastikan juga adanya kemudahan sparepart dan layanan konsumennya.

Baca Juga : 2 Cara Aman Memasang Genset ke Listrik PLN Secara Manual dan Otomatis

13 Merk Genset Terbaik untuk Usaha dan Rumahan

Genset memang bukan barang murah, sehingga membeli merk genset yang paling bagus sangat direkomendasikan. Dengan membeli merk terbaik, maka jaminan kualitas bisa didapatkan. Bagi kamu yang ingin membeli genset untuk kebutuhan rumah, usaha rumahan, bahkan hingga pabrik berikut 13 rekomendasi merk genset terbaik:

1. Aldo

merk genset terbaik

Salah satu merk genset yang paling bagus pertama yang akan kita bahas adalah dari Aldo. Salah satu yang kami rekomendasikan untuk kebutuhan usaha adalah tife Gasoline Generator ET-1200. Genset dengan bahan bakar bensin ini memiliki daya 750 watt, sehingga dapat menjamin kebutuhan listrik tetap aman saat mati lampu.

Kelebihan lain dari merk ini adalah kualitas yang bagus namun harga yang terjangkau. Contohnya saja untuk tife ini, kamu bisa mendapatkannya dengan harga sekitar Rp. 1,4 jutaan. 

2. Damiru

merk genset terbaik

Rekomendasi genset terbaik harga terjangkau berikutnya adalah Dimaru, salah satunya DM 1200  yang memiliki daya 800 Watt. Ukurannya pun terbilang mini, yaitu 380x310x372mm, sehingga tidak memakan banyak tempat saat menaruhnya.

Memiliki berat 21 kg, genset dengan harga Rp. 1 jutaan ini memiliki daya kerja mencapai 7 jam, dengan bahan bakar hanya 0.6L/jam sehingga sangat irit.

3. Elemax

merk genset terbaik

Elemax merupakan suatu brand yang sangat fokus dalam memperoduksi genset asal Jepang. Salah satu merk genset terbaik ini, memiliki produk genset yang sangat variatif sehingga banyak pilihannya.

Bagi kamu yang mencari genset bseukuran kecil, merk genset paling bagus ini memiliki varuan genset berkapasitas 2 kVA sampai dengan 7,6 kVA. Selain itu, tersedia pula genset portabel Elemax yang memiliki kemampuan menyuplai daya 900 watt hingga 1900 watt.

Sementara untuk kebutuhan perusahaan atau pabrik, vendor ini juga memproduksi genset bensin maupun diesel berkemampuan besar. Contohnya saja seperti berkapasitas 6 kVA sampai dengan 10,2 kvA. Sebagai gambaran, genset Elemax yang memiliki kapasitas 2000 watt dibandrol dengan harga sekitar Rp. 8 jutaan.

4. Fujigen

merk genset terbaik

Fujigen adalah merk genset yang mayoritas digunakan untuk menjawab kebutuhan listrik rumahan yang hanya membutuhkan listrik bersekala kecil. Meski kapasitasnya terbatas, kebutuhan listrik di rumah akan bisa dipenuhi. Harganya yang sangat terjangkau juga akan menghemat pengeluaran kamu.

5. General

merk genset terbaik

Satu lagi merk genset terbaik yang banyak digunakan untuk menjawab kebutuhan rumah maupun usaha kecil, yaitu General. Harganya yang cukup terjangkau, adalah salah satu alasan genset ini menjadi pilihan bagi banyak orang.

Sebenarnya ada banyak varian dari genset general ini, mulai dari 600 watt hingga 6000 watt. Harganya juga tentu bervariatif yakni antara Rp. 1 juta hingga belasan juta rupiah.

6. Hargen

merk genset terbaik

Bagi kamu yang sangat mencintai produk lokal, salah satu merk genset yang paling bagus adalah Hargen dan merupakan merk genset buatan Indonesia.

Selain menyediakan genset portabel beekapasitas kecil yaitu 1100 watt, vendor ini juga menyediakan  genset berkapasitas besar yakni 8kVA hingga 2000kVA.

7. Honda

merk genset terbaik

Tentu kamu sudah sangat akrab dengan vendor yang sangat terkenal dengan produk otomotifnya yang sangat berkualitas ini bukan? Selain dibidang otomotif, Honda ternyata juga memiliki berbagai produk genset dengan kualitas terbaik.

Kapasitas genset dari Honda juga sangat bervariatif, mulai dari 700 watt hingga 10.000 watt. Bahan bakar merk genset yang paling bagus ini selain menggunakan bensin juga ada yang menggunakan gas. Harganya juga bervariatif menyesuaiakan kapasitasnya, yaitu antara Rp. 1 jutaan hingga puluhan juta rupiah.

8. Hyundai

merk genset terbaik

Selain Honda, merk genset yang juga sudah dikenal luas dengan produk otomotoifnya adalah Hyundai. Salah satu varian terbaik dari vendor ini adalah Hyundai HDG 1880, gemswr inverter ini memiliki kapasitas 1100 watt.

Menggunakan manual recoil starter genset ini merupakan tipe inverter 4 tak sehingga listrik yang dihasilkannya lebih stabil. Genset seharga Rp. 7 jutaan ini sangat cocok digunakan pada produk elektrinik yang begitu sensitif dengan perubahan tegangan listruk, seperti kulkas, microwave, hingga komputer.

9. Krisbow

merk genset yang paling bagus

Krisbow merupakan salah satu merk genset yang paling bagus yang biasanya digunakan di pabrik-pabrik. Tak heran jika beberapa waktu lalu merk ini cukup menarik perhatian banyak orang.

Meski banyak digunakan dipabrik, banyaknya varian yang dimilikinya juga memungkinkan digunakan di rumah-rumah. Adapun harga genset Krisbow adalah mulai dari Rp. 1 jutaan hingga Rp. 100 jutaan.

10. Lister Petter

merk genset yang paling bagus

Genset Lister Petter adalah salah satu merk genset yang paling bagus yang biasanya juga banyak digunakan di pabrik-pabrik. Produk buatan Inggris ini memang banyak sekali peminatnya.

Selain sudah dikenal di seluruh dunia, kualitas, ketangguhan, dan keawetannya juga telah direkomendasikan oleh banyak penggunanya. Biasanya genset merk ini menggunakan mesin berjenis diesel, untuk kebutuhan pabrik genset Lister memiliki varian genset hingga 30 kVA.

11. Mitsubishi

merk genset yang paling bagus

Tak ketinggalan merk terkenal lain, Mitsubishi juga turut memproduksi genset. Varian genset yang dimilikinya juga cukup beragam, yaitu mulai 10 kVA hingga 2000 kVA. Sama seperti Lister, genset buatan Mitsubishi juga banyak digunakan untuk menjawab kebutuhan industri. 

Vendor ini memiliki dua tipe genset yaitu yang memiliki sifat silent dan open. Sebagai gambaran, harga genset berkapasitas 820 kVA harganya sekitar Rp. 1 hingga 2 Milyar.  Sedangkan untuk yang berkapasitas 20kVA, genset Mitsubishi ini dibandrol dengan harga sekitar Rp. 5 miliyar.

12. Morris

merk genset yang paling bagus

Merk genset yang paling bagus berikutnya adalah Morris. Vendor ini menyediakan genset dengan banyak varian sehingga bisa menjawab berbagai kebutuhan, mulai dari rumahan, UMKM, hingga industri.

Untuk kebutuhan listrik berkapasitas kecil, vendor ini menyediakan genset dengan kapasitas 650 watt hingga 3600 watt. 

Sebagai gambaran untuk genset dengan kapasitas 10 kVA, dibandrol dengan harga sekitar Rp. 50 jutaan.  Sementara untuk output yang mencapai 62,5 kVA dijual dengan harga sekitar Rp 100 jutaan.

13. Yamaha

merk genset yang paling bagus

Merk genset yang paling bagus terakhir kita bahas adalah Yamaha, yang tentu saja kamu sudah sangat familiar dengan nama brand ini. Sama seperti jenis produk lainnya, genset buatan Yamaha juga dikenal sangat awet, bandel, dan berkualitas tinggi.

Untuk menjawab kebutuhan listrik bersekala besar seperti pabrik, genset dari Yamaha hadir dengan kapasitas 2.600 watt hingga 12.000 watt.

Selain mudah dalam pengoprasiannya, sparepart dari genset Yamaha juga mudah untuk ditemukan. Tak heran jika kemudian genset dari Yamaha juga banyak digunakan untuk kebutuhan rumahan.

Kesimpulan

Dari berbagai merk genset yang paling bagus di atas, kita dapat mengetahui bahwa ada berbagai macam jenis genset baik dari segi daya, bahan bakar yang digunakan hingga ukurannya.

Selain memperhatikan rekomendasi merk genset terbaik, pastikan kamu juga memperhatikan tips cara memilih genset yang tepat sesuai kebutuhan seperti penjelasan di atas. Semoga bermanfaat dan jangan lupa dukung kami untuk terus berkarya dengan menshare postingan ini.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *