Merk Humidifier Terbaik
ilustrasi via istockphoto

8 Merk Humidifier Terbaik untuk Melembabkan Ruangan, Pilih yang Mana?

Diposting pada 653 views

Merk humidifier terbaik sangat penting diketahui kamu yang ingin membeli produk ini. Udara ruangan yang sehat tentu semakin mudah didapatkan.

Jika setiap harinya kita lebih sering menghabiskan waktu di dalam ruangan, memang bijaksana jika menggunakan humidifier. Hal ini karena kelembaban udara yang ada di suatu ruangan, memiliki pengaruh cukup kuat bagi kesehatan penghuninya.

Sebagai informasi, tingkat kelembaban udara yang sehat sendiri yakni antara 40% sampai 60%. Jika kelembaban udara yang kamu tempati, berada di luar rentang tersebut tentu itu berbahaya.

Atas dasar itu, perlu upaya untuk mengatasinya. Salah satu cara menjaga kelembaban udara agar senantiasa sesuai untuk kesehatan, adalah dengan menempatkan humidifier di dalam ruangan.

Perbedaan Humidifier dan Diffuser

Sebelum membeli humidifier sebaiknya kamu harus memahami lebih dulu perbedaan antara humidifier dan diffuser, sehingga semakin yakin dengan pilihan yang diambil.

Meski secara fisik terlihat sama, namun keduanya memiliki perbedaan.

Dilihat dari fungsinya saja, sangat jelas perbedaannya. Humidifier berfungsi untuk mengatur kelembaban udara. Sedangkan difusser merupakan alat yang digunakan untuk membersihkan ruangan, serta menyemprotkan minyak essensial dari unit tersebut.

Dengan kemampuannya menyemprotkan minyak esensial, difusser dikenal mampu membantu pernafasan agar semakin baik. Sementara humidifier, lebih pada membantu menyembuhkan kulit kering, radang tenggorokan, batuk kering hingga sinusitis.

Kedua alat ini juga memiliki ukuran yang berbeda. Untuk ukuran diffuser lebih besar dari humidifier. Fungsinya yang digunakan untuk melembabkan ruangan, membuat kebutuhan air humidifier lebih besar.

Rata-rata kebutuhan air untuk diffuser hanya 300 -500 ml, sementara humidifier bisa mencapai 3 liter.

8 Merk Humidifier Terbaik Udara Lembab Ruangan pun Makin Cantik

Setelah mengetahui perbedaan humidifier dan diffuser, sebelum pergi belanja alangkah baiknya kenali dulu berbagai merk humidifier yang bagus. Dimana bukan hanya menjalankan fungsinya untuk melembabkan udara, lebih dari itu tampilannya juga membuat ruangam kamu makin terlihat cantik.

1. Crane Humidifier

Merk Humidifier Terbaik

Bagi kamu yang mencari humidifier berdesain cantuk, sehingga bisa sekaligus dijadikan dekorasi dalam ruanga bisa membeli merk Crane. Selain kemampuannya yang baik dalam melembabkan udara, vendor ini dikenal memproduksi produk dengan desain menawan.

Crane Humidifier dilengkapi tombol yang berfungsi untuk mengatur kuantitas uap, sehingga lebih mudah mencapai tingkat kelembaban udara yang kamu inginkan.

Produk ini juga bisa digunakan bebarengan dengan merk ac terbaik. Kemampuannya dalam menghadirkan gelombang ultrasonuk, akan membuat uap air kemudian mencegah kulit kering. Ada pun kapasitas tangki air yang dimilikinya sendiri yakni 2,5 liter.

Cek Harganya di:

Shopee
Lazada
Bukalapak

2. Humidifier Duux

Merk Humidifier Terbaik

Sangat nyaman tentunya jika kamar tidur kamu dilengkapi humidifier. Selain menjadikan udara lebih lembab, tentunya juga semakin sejuk.

Jika kamu ingi mencari humidifier premium untuk kebutuhan tersebut, bisa memilih merk Duuk. Salah satu merk humidifier terbaik ini, bukan hanya melembabkan udara tapi juga sudah dilengkapi lampu tidur sehingga kualitas tidur kamu semakin baik.

Bayangkan saja, saat hendak tidur malam suana kamar remang dengan udara yang sejuk dan lembab, tentu kamu semakin terasa nyaman. Tangki Duux Humidifier ini juga cukup besar, sehingga kamu tidak harus bolak-balik untuk mengisi airnya.

Cek Harganya di:

Shopee
Lazada
Bukalapak

3. Fujisan Volcano Humidifier

Merk Humidifier Terbaik

Inspirasi dapat datang dimana saja, kapan saja, dan dari mana saja. Termasuk dalam hal menciptakan bentuk suatu produk.

Misalnya saja, Fujisan Volcano yang merupakan salah satu merk humidifier terbaik. Pihaknya menciptakan bentuk produk humidifier setelah terinspirasi dengan gunung vulkanik yang mengeluarkan uap.

Hal yang menarik, produk ini juga dilengkapi lampu LED dengan 12 warna berbeda. Kamu bisa menambahkan minyak aromaterapi sehingga udara ruangan jadi wangi. Kamu juga bisa menempatkannya di tempat tidur, dan menyalalan lampunya. Tentu kualitas tidur akan semakin meningkat karenanya. Produk ini dapat digunakan selama 2 jam.

Cek Harganya di:

Shopee
Lazada
Bukalapak

4. Humidifier Kris

Humidifier Kris

Kris adalah salah satu brand yang mengeluarkan banyak produk kebutuhan rumah tangga. Mulai dari lemari, sprei, handuk, jemuran, wastafel, kran air, toilet, alat elektronik, dan termasuk humidifier.

Humidifier dari Kris ini memiliki ultrasonic atomizing. Dengan teknologi ini, maka produknya dapat menghasilkan udara bersih yang sekaligus menyegarkan.

Tampungan airnya yang besar, membuat kamu tak perlu bolak-balik untuk mengisinya. Begitu pun dengan ukurannya yang tidak terlalu besar, membuatnya senantiasa cantik untuk diletakan di kamar tidur maupun ruang keluarga.

Cek Harganya di:

Shopee
Lazada
Bukalapak

5. Humidifier Minisoo

Humidifier Minisoo

Merk humidifier terbaik berikutnya yang kami rekomendasikan adalah Minisoo.

Seperti kita tahu, Minisoo merupakan salah satu toko serba ada yang banyak digandrungi para kaula muda. Jika diperhatikan, Minisoo juga memiliki aneka kebutuhan rumah tangga lengkap. Mulai dari alat tulis kantor, peralatan memasak, peralatan makan, hingga keperluan rumah tangga seperti humidifier.

Khusus untuk humidifier produknya ini telah dilengkapi teknologi ultrasonic yang mengagumkan, sehingga mampu menghasilkan udara bersih. Kerennya lagi, Humidifier Minisoo juga telah dilengkapi timer untuk mengatur penggunaan, auto disconnet yang bermanfaat untuk mencegah korsleting listrik maupun kebakaran.

Dengan menyalalan lampu LED dan aromaterapi di dalamnya, suasana syahdu dan udara segar bisa langsung kamu dapatkan. Tentu membuat rasa lelah kamu setelah seharian bekerja, bisa menjadi cepat siran karenanya.

Cek Harganya di:

Shopee
Lazada
Bukalapak

6. Smart Frog Aquarius II Humidifier

Smart Frog Aquarius II Humidifier

Salah satu merk humidifier ini memiliki keunikannya tersendiri. Yaitu dengan digunakannya botol air mineral 600 ml sebagai ganti tangki airnua. Dengan demikian, kamu bisa membawanya kemana pun dengan mudah.

Hal ini juga didukung dengan desainnya yang begitu sederhana, dengan satu tombol saja. Jika sedang tidak ada listrik, kamu juga bisa mengantinya dengan baterai AAA.

Kamu juga bisa mengatur waktu penggunaan Smart Frog Aquarius II Humidifier ini. Mulai dari 2, 4, 6, atau 8 jam penggunaan. Sayangnya, kamu tidak bisa menambahkan minyak aromaterapi kedalamnya.

Cek Harganya di:

Shopee
Lazada
Bukalapak

7. Humidifier Taffware

Humidifier Taffware

Taffware adalah salah satu merk humidifier yang bagus, dan memiliki beragam jenis pilihan dengan keunggulannya masing-masing. Desainnya yang menawan, juga bisa digunakan untuk mempercantik ruangan.

Misalnya saja Ultrasonic Aroma Humidifier, yang berbentuk bulat, dengan ukuran tidak terlalu besar, dan dilapisi kayu. Kamu dapat dengan mudah menaruhnya dimana pun. Penggunannya pun sangat mudah, bahkan bisa dengan menyambungkannya pada komputer atau laptop menggunakan kabel USB.

Ada lagi produk yang lebih canggih, yakni Ultrasonic Aroma Diffuser and Air Humidifier. Produk ini dapat dikontrol penggunannya dari jarak jauh, sebab dilengkapi dengan remote.

Dengan remote tersebut, kamu tak perlu berpindah saat sedang nyaman-nyamannya duduk atau berbaring di sofa. Berbagai aktivitas mulai dari menghidupkan atau mematioan alat, mengatur banyaknya uap yang keluar, dan lainnya dapat diperintah melalui remote.

Sementara jika membutuhkan produk dengan tangki cukup besar, sehingga tidak harus bolak balik ngisi air, kamu bisa memilih Classic Drop 6in1 Air Humidifier Aroma Therapy. Bukan hanya itu, uap airnya juga bisa diatur dengan mudah sehingga bisa menyesuaikan keinginan kamu.

Cek Harganya di:

Shopee
Lazada
Bukalapak

8. Humidifier Xiaomi

Humidifier Xiaomi

Bagi kamu yang mencari humidifier yang bisa dibawa selama perjalanan, produk dari Xiaomi pilihannya. Ukurannya yang kecil sangat memudahkan dibawa kemana pun, dan diletakannya dimana saja. Meski kecil, pengaruhnya terhadap kualitas udara tentunya tetap besar.

Produk dari Xiaomi ini dilengkapi lampu LED, sehingga suasana tidur jadi lebih syahdu karenanya. Hal yang terpenting, ia juga memiliki kemampuan mengubah ion positif menjadi ion negatif, segingga kualitas tidur di malam hari menjadi makin baik.

Cek Harganya di:

Shopee
Lazada
Bukalapak

Tips Membersihkan Humidifier

Selain mengetahui merk humidifier yang bagus, kamu juga harus tahu tips dalam membersihkannya. Dengan demikian, selain kinerjanya senantiasa optimal, produk yang dibeli juga akan awet tahan lama.

1. Bersihkan setiap 3 hari sekali

Guna menghambat pertumbuhan jamur dan bakteri, sangat dianjurkan membersihkan tangki humidifier secara rutin setiap 3 hari sekali. Bersihkan tangki tersebut dari endapan mineral, menggunakan larutan hidrogen peroksida.

2. Jangan lupa bilas tangki setelah dibersihkan

Guna menghindari bahan kimia berbahaya masuk ke dalam tangki, pastikan senantiasa membilasnya dengan air bersih setiap usai dibersihkan.

3. Ganti air humidifier secara rutin

Jika hendak mengganti air pada humidifier, sebaiknya kosongkan terlebih dahulu tangkinya. Selanjutnya keringkan, baru setelah itu isi kembali dengan air bersih. Disarankan mengganti air tersebut setiap hari.

4. Gunakan air sulingan (demineralisasi)

Dalam mengganti air humidifier, sebaiknya menggunakan air sulingan atau demineralisasi. Tujuannya adalah untuk mengurangi debu mineral yang ikut dilepaskan ke udara. Lebih dari itu, penggunaan air sulingan ini juga memiliki manfaat, untuk mengurangi endapan mineral yang dapat memicu pertumbuhan bakteri.

Penting untuk diketahui. Penggunaan humidifier pada ruangan dengan tingkat kelembanan rendah memang sangat bermanfaat. Namun, jika kamu memiliki riwayat penyakit pernafasan seperti asma, sebaiknya melakukan konsultasi ke dokter lebih dulu sebelum memutuskan menggunakan alat ini.

Demikian pembahasan mengenai rekomendasi merk humidifier terbaik dan tips membersihkannya. Diantara merk di atas, manakah yang menjadi pilihanmu? Jangan lupa ceritakan pesan dan kesannya di kolom komentar ya!

Gambar Gravatar
Menulis adalah salah satu cara mengaktualisasikan diri, memberi informasi bermanfaat, dan sebagai upaya menjadi pribadi yang berguna untuk orang banyak. Silhakan share jika bermanfaat.