Mic Clip On Wireless Terbaik

Macam-Macam Mic Clip On Wireless Terbaik untuk Vlog dan Keperluan Lainnya, Harga Terjangkau !!

Diposting pada

Macam-macam mic clip on wireless terbaik untuk Vlog , saat ini sangat diperlukan oleh banyak orang. Hal ini dikarenakan selain aktivitas YouTube, mereka juga banyak melakukan rekaman video untuk diunggah ke berbagai situs lainnya selain YouTube.

Baca Juga : Guru Bisa Jadi YouTuber Sukses, Ini Buktinya !

Pengertian mic clip on wireless sendiri adalah semua mic yang tanpa menggunakan kabel, dimana dalam melakukan suatu hubungan telekomunikasinya, menggunakan elektromagnetik sebagai pengganti kabel tersebut.

Jadi dengan menggunakan mic ini, sahabat tidak perlu ribet lagi memikirkan jangkauan kabel yang mungkin jaraknya sangat panjang. Selain praktis, mic ini juga sangat mudah untuk dibawa kemanapun, dan dalam situasi apapun. Bentuknya yang simpel, membuat penggunaannya pun sangat mudah. Sehingga dalam pembuatan video, mic clip on wireless terbaik ini tidak akan mengganggu keindahan dari video tersebut.

Mic clip on wireless terbaik untuk vlog ini, memiliki ukuran yang kecil dan termasuk tipe mic condensor. Dalam penggunaannya, biasanya dijepitkan pada kancing baju di bagian atas kerah baju. Selain itu tidak sedikit juga yang menyempitkannya pada telinga, dengan penambahan mic yang mengarah pada mulut kita.m

Macam-macam mic clip on wireless terbaik untuk vlog, juga dapat digunakan untuk berbagai keperluan lainnya, seperti ceramah, imam masjid, pidato, presentasi, dan lain sebagainya. Menariknya lagi, jenis mic ini sangat cocok untuk konser musik atau pun dijepitkan pada peralatan musik, seperti gitar dan biola.

Karena dalam penggunaannya microphone wireless ini tidak menggunakan kabel. Maka untuk kebutuhan dayanya sendiri, microphone wireless ini menggunakan baterai.

Macam-Macam Mic Clip On Wireless Terbaik

Mic Clip On Wireless Terbaik

Pada kesempatan kali ini kita akan membahas macam-macam mic clip on wireless terbaik untuk vlog. Selain disesuaikan dengan kebutuhan, dalam memilihnya sebaiknya juga sobat sesuaikan dengan budget yang dimiliki.

Berikut beberapa jenis mic clip on wireless terbaik, yang dapat sobat gunakan untuk berbagai keperluan.

1. Aiwa NA-801 VHF

Mic clip on wireless terbaik yang akan kita bahas adalah Aiwa NA-801 VHF. Selain memiliki kualitas yang terbaik, harga yang ditawarkannya pun sangat terjangkau.

Dengan menggunakan mic clip on wireless Aiwa ini, maka sobat akan semakin mudah menghasilkan suara yang jernih, serta meminimalisir suara-suara berisik yang mengganggu. Produkn ini juga dilengkapi dengan baterai yang lebuu awet, bahkan juga dapat digunaka untuk dua set unit secara bersamaan.

Menariknya lagi, dengan menambahkan jek kontra 3,5 mm, sahabat juga bisa menggunakan mic clip on wireless terbaik ini untuk kamera DSLR.

2. Fujikaya FK 3399

Mic clip on wireless terbaik berikutnya adalah Fujikaya FK 3399. Perangkat ini dapat digunakan dalam jarak mencapai 40 meter. Layaknya artis profesional, suara yang dihasilkan perangkat ini sangat lembut, bagus, jernih, dan juga bersih.

Meskipun suara yang dihasilkan sangat enak didengar, namun soal urusan harga sobat tidak usah khawatir. Hal ini dikarenakan perangkat ini dijual dengan harga yang masih terjangkau.

3. Krezt Wireless Microphone Clip On K-2380

Krezt wireless microphone clip on K-2380 adalah sebuah perangkat yang selain untuk vlog, juga sangat cocok bagi penggunanya yang aktif seperti, imam masjid, para pengajar, dan lainnya.

Dengan memiliki model receiver yang relatif kecil, membuat sobat mudah membawa mic ini kemanapun. Kerennya lagi, suara yang dihasilkannya pun sangat jernih dengan mic yang sensitif.

4. Lavaliere

Jika sobat sering mmemperhatikan pasti tahu, bahwa Lavaliere merupakan salah satu peralatan sering digunakan oleh pembawa acara televisi. Selain untuk keperluan pengeras suara, mic clip on ini juga daaapat digunakan untuk merekam suara dengan sangat bersih dan jernih.

Mic clip on ini sangat berkualitas saat digunakan, baik saat di dalam maupun di luar ruangan, sehingga tak heran jika ia merupakan salah satu mic clip on wireless terbaik untuk ngevlog. Ukurannya yang kecil membuat penggunaannya sangat praktis, dan ketika digunakan pun tidak terlihat mencolok. Menariknya lagi, mic ini juga mampu meredam suara berisik yang ada di sekitarnya, sehingga tentu saja hasil suara rekamannya pun akan cukup bagus.

5. Samson AirLine Micro Camera Wireless System

Samson AirLine Micro Camera Wireless System, adalah suatu produk yang merupakan kombinasi antara teknologi baterai ion lithium dan komponen RF.

Salah satu mic clip on wireless terbaik ini, juga telah disuport oleh microphone lavailer, penerima AR2, dan juga pemancar AL2. Dengan baterai lion lithium yang dimilikinya, sangat memungkinkan untuk perangkat ini bertahan hingga 6 jam.

6. Sennheiser SKM 7000

Sennheiser SKM 7000 merupakan mic clip on wireless yang dapat menghasilkan suara yang jernih, bersih, dan empuk. Selain telah dilengkapi dengan penjepit atau mic clip on, produk ini juga telah dilengkapi dengan mic headsetfreq UHF, mic handle receiver, transmitter LED, dan juga baterai AA.

7. Mic Clip On Wireless Shure PGX 14/93

Bagi sobat yang ingin memiliki mic clip on wireless dengan jangkauan yang lebih panjang, Shure PGX 14/93 adalah salah satu pilihan yang sangat tepat. Hal ini dikarenakan produk ini memiliki jangkuan hingga 35 meter.

Selain tangkapan micnya yang sangat sensitif, suara yang dihasilkannya pun sangat empuk, bersih, dan juga jernih. Pokoknya sangat cocok buat sahabat YouTuber yang memiliki mobilitas tinggi.

8. SONY SN 570

Sony SN 570 adalah produk mic clip on wireless terbaik dari Sony yang telah dilengkapi dengan banyak keunggulan. Beberapa keunggulan tersebut antara lain adalah memiliki jangkauan yang jauh, suara yang dihasilkan jernih, minim dari gangguan kebisingan, serta dilengkapi baterai yang awet.

Baca Juga : Kisah sukses Pendiri Sony Corporation Akio Morita

Menariknya lagi, mic clip ini juga dapat digunakan pada kamera serta aplikasi shooting, sehingga sangat cocok untuk sahabat YouTuber. Meskipun memiliki banyak keunggulan, namun Sony SN 570 ini masih dapat dibeli dengan harga yang masih terjangkau.

Cara Setting Mic Clip On Wireless

Cara settng mic clip on wireless adalah suatu hal yang wajib sahabat ketahui. Sebab sekalipun menggunakan mic clip on wireless terbaik, namun jika menyetingnya kurang pas, maka tentu akan berpengaruh pada kualitas hasilnya nanti.

Cara kerja mic clip on wireless yaitu dengan memanfaatkan media perantara udara, yang kemudian di didukung dengan transmisi penghantar getaran suara. Seperti dibahas sebelumnya, bahwa selain dipasang dikerah baju, perangkat ini juga sering digunakan pada telinga dengan bagian tangkai diarahkan ke dekat mulut. Penggunaan melalui telinga ini, biasanya lebih mudah disetting dari pada yang di pasang pada kerah baju.

Cara menyeting mic clip on yang dipasang pada kerah baju umumnya lebih susah. Hal ini dikarenakan berhubungan erat dengan kekuatan dan kepekaan suara. Biasanya mic clip on memang memiliki kepekaan yang tinggi, terlebih pada beberapa jenis mic clip on tertentu. Jika jarak microfon dan speaker terlalu dekat, biasanya akan menyebabkan feed back. Namun demikian, berbagai kesulitan tersebut tentu masih bisa diatasi selama kita bisa menyettingnya dengan baik.

Adapun cara setting mic clip on wireless terbaik, agar senantiasa menghasilkan suara berkualitas tersebut, adalah sebagai berikut :

  • Pertama silahkan setting pada bagian mic dan juga receiver, setelah itu pilihlah channel yang tepat.
  • Sebaiknya volume tidak dinaikan terlebih dahulu
  • Cek kualitas suara yang dihasilkan dengan berbicara di depan mic. Dalam aktivitas ini, sobat bisa sembari mengatur gain sensitive yang ada pada mixer.
  • Silahkan tekan tombol switch PFL pada saluran yang digunakan untuk posisi microphone tersebut.
  • Lihat indikator LED display, Perhatikan berapa desibel kekuatan input yang digunakan untuk microphone. Untuk lebih mudahnya, bisa dengan melakuoan pada posisi gain hinyga mendapatkan batas maksimal 3 dB.
  • Naikan volume channel disaluran mic, kerah dinaikan yaitu jika sinyal sudah berhasil masuk pada saluran penginputan, serta sudah diperoleh kunci tingkat kekuatan antara 0 hingga 3 dB.
  • Lepaskan PFL.
  • Silahkan cek kualitas suara dengan memperhatikan indikator lampu sinyal, dan dengan mendengarjannya melalui loudspeker. Jangan lupa cek kekuatan suara saar dalam kondisi mixing.
  • Ubah setelan nada jika diperlukan. Sobat juga bisa membuat flat terlebih dahulu, sebelum akhirnya merubah frekuensi suara. Silahkan coba terus berbagai setelannya, sampai akhirnya dapat menemukan suara yang sesuai.
  • Cek dan pastikan tidak ada feedback saat sobat berbicara di area yang berdekatan dengan speaker monitor. Jika ada, segera turunkan level mixer pada saluran mic, atau kurangi sinyal yang mengarah ke speaker monitor hingga feedback tersebut hilang.

Demikian macam-macam mic clip on wireless terbaik untuk ngevlog. Alat ini juga tentu akan sangat mendukung anda, yang memiliki banyak aktivitas lain di luar ruangan. Jangan lupa pilih produk yang terbaik yang sesuai kebutuhan dan budget.

Gambar Gravatar
Founder Membangun Inspirasi, Editor duniaelektronik.net, Kontributor klikmania.net, Teacher, Entrepreneurship, University student life. Berusaha menebarkan ilmu, inspirasi, dan kemanfaatan melalui tulisan. Jika bermanfaat silahkan share.