Modifikasi Suara Smart TV

Begini Caranya Modifikasi Suara Smart TV

Diposting pada

Modifikasi suara smart TV bisa dilakukan apabila terjadi masalah pada sistem suara. Pada masalah seperti ini umumnya kondisi gambar masih bagus dan muncul dengan baik sesuai dengan standar TV normal. Jadi, masalah atau problem TV LCD hanya pada sistem suara yang tidak mau muncul. Jika terjadi hal seperti ini, Anda bisa melakukan pengecekan total terlebih dahulu terhadap perangkat kerasnya. Hal ini perlu dilakukan karena biasanya masalah terjadi karena kondisi perangkat keras yang tidak baik, misalnya kabel kendur atau lainnya.

Tetapi jika memang tidak ada masalah pada perangkat keras atau sambungan kabelnya, mungkin ada masalah pada IC besar. Masalah seperti ini biasanya ditandai dengan tidak munculnya suara dari speaker atau pun dari jack audio out. Biasanya, proses perbaikan dengan flash memori mengalami kendala tidak bisa memperoleh firmware. Sedangkan jika ingin mengganti motherboard sangat sulit untuk mendapatkannya, kalaupun ada harganya mahal. Nah, di bawah ini akan dijelaskan solusi yang bisa dilakukan untuk masalah suara TV LCD yang mati.

Baca Juga : 10 Merk Smart TV Terbaik Tahun 2019, Awet dan Berkualitas Tinggi

Belajar CaraModifikasi Suara Smart TV

Masalah atau problem pada TV LCD memang beragam dan banyak sekali jenisnya. Jika pengguna tidak tahu menahu tentang sistem dan cara kerja TV LCD itu sendiri, mungkin memang sulit untuk melakukan perbaikan sendiri di rumah. Problem yang sering terjadi biasanya seperti layar TV blank putih, layar TV garis pelangi atau rainbow screen, layat TV dan suara mati, dan lain sebagainya.

Namun, untuk masalah yang berhubungan dengan sistem sirkit atau motherboard dan sejenisnya akan lebih sulit diperbaiki sendiri. Contohnya saja pada kasus atau kerusakan sistem suara yang mati sedangkan gambar TV masih muncul. Untuk masalah ini, perlu dilakukan modifikasi pada sistem suara TV LCD Anda seperti berikut:

  1. Cari TV Analog Bekas Untuk Diambil Sirkit Sound nya

Solusi untuk modifikasi suara smart TV adalah mencari TV bekas jenis analog atau yang belum pakai sda atau scl. Setelah itu, ambillah bagian sirkit sound IF amplifier nya, bagian inilah yang nantinya akan digunakan dan dimodifikasi. Beberapa langkah selanjutnya yang akan diambil untuk modifikasi adalah:

  • Volume kontrol akan diatur secara manual dengan menggunakan VR atau potensiometer
  • Sumber sinyal suara akan dicangkok dari video out tuner LCD
  • Proses Modifikasi

Selanjutnya, dilakukan langkah-langkah modifikasi seperti berikut ini:

  • Langkah pertama pada modifikasi suara smart TV yaitu carilah data sheet IC IF yang bisa diperoleh, misalnya tipe TDA8213.
  • Kemudian sinyal suara FM pada pin 14 di input ke pin 12 sesaat setelah melalui filter 5.5 Mhz. Filter itu sendiri dapat berupa keramik-filter atau pun coil IF 5.5 Mhz.
  • Setelah melewati proses FM amplifier dan juga FM detector, maka selanjutnya akan diperoleh sinyal suara yang dikeluarkan ke pin 8.
  • Nah, sinyal suara dari pin 8 ini selanjutnya akan dimasukkan ke sirkit audio amplifier.
  • Audio amplifier bisa menggunakan tipe apa saja, biasanya tipe IC TDA2003 banyak di pasaran.
  •  Kemudian sambungan yang dari resistor ke pin 14 ke filter 5.5 diputus terlebih dahulu. Setelah itu resistor nya disambungkan ke output video out tuner LCD, hal ini dilakukan untuk mencangkok sinyal IF TV.
  • Lalu VR volume bisa dipasang di antara pin 9 dengan ground.
  • Tips Modifikasi Sistem Suara TV LCD

Nah, dalam melakukan modifikasi suara smart TVada beberapa tips yang bisa dilakukan, antara lain:

  • Selain IC TDA2003, masih ada beberapa tipe audio amplifier yang tersedia banyak di pasaran seperti merek Panasonic atau national AN5138
  • Selain itu, TV lama atau TV bekas yang bisa dimanfaatkan juga bisa menggunakan TV sistem modul

Sebenarnya, banyak cara atau modifikasi suara smart TV yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut. Dengan berbekal ilmu atau pemahaman tentang sistem suara dan sirkit pada TV LCD, modifikasi bisa diakali dengan banyak cara. Misalnya seperti kerusakan yang terjadi pada bagian audio amplifier, sedangkan dari AV out masih terdengar ada suara yang keluar. Nah, jika terjadi seperti ini, Anda juga bisa melakukan modifikasiatau membuat audio amplifier sendiri. Sedangkan kontrol volumenya bisa menggunakan VR dan diatur secara manual.

Gambar Gravatar
Menulis adalah salah satu cara mengaktualisasikan diri, memberi informasi bermanfaat, dan sebagai upaya menjadi pribadi yang berguna untuk orang banyak. Silhakan share jika bermanfaat.