Panduan soal cpns 2019

Download Buku Panduan Soal CPNS 2019, Gratis Hingga 544 Halaman !!!

Diposting pada

Buku panduan soal CPNS 2019, merupakan informasi penting khususnya menjelang test CPNS 2019 yang sebentar lagi datang. Mempersiapkan dengan sebaik-baiknya, adalah sebuah solusi jitu agar anda bisa lulus tes CPNS di tahun ini.

Jika kita benar-benar ingin lulus tes, buku panduan soal CPNS 2019 ini sangat penting, sebab tanda segera dibukanya kembali tes CPNS semakin jelas.

Berdasarkan Surat Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), No B/617/M.SM.01.00/2019 tentang Pengadaan Aparatur Sipil Negara (ASN) Tahun 2019.  Pemerintah telah mengusulan formasi yang akan dibuka, di Daerah 70% untuk Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK), dan 30% untuk CPNS. Sementara untuk  pemerintah pusat 50% untuk Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK), dan 50% untuk CPNS.

Menyikapi hal tersebut, agar anda semakin siap menghadapi test CPNS yang akan segera datang, kami memberikan sebuah link yang tentu akan sangat berguna. Sebab di dalam link ini, anda bisa mendapatkan buku panduan soal CPNS 2019 lengkap secara gratis.

Di dalam buku panduan soal CPNS 2019 tersebut, anda akan mengetahui soal-soal CAT SKD CPNS 2019, dimana di dalamnya terdiri dari:

  • Soal Wawasan Kebangsaan (TWK)
  • Soal Intelegensia Umum (TIU)
  • Tes Karakteristik Pribadi (TKP).

Seleksi CPNS 2019 Menggunakan Sistem CAT

Seperti tahun lalu, penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun ini pun, sepertinya akan menggunakan sistem CAT (Computer Assisted Test).

Pengertian CAT sendiri yaitu suatu metode seleksi menggunakan alat bantu komputer, yang diggunakan untuk mendapatkan standar minimal kompetensi dasar bagi pelamar CPNS. Standar kompetensi ini sangat penting bagi seorang CPNS. Hal ini bertujuan agar terwujudnya sikap profesionalisme, dari masing-masing Aparatur Sipil Negara (ASN). Melalui Tes Kompetensi Dasar (TKD), sistem CAT ini dipercaya mampu menjamin SKD CPNS dalam test kompetensi dasar (TKD).

Panduan Soal Test CPNS 2019

Berikut ulasan ringkas mengenai macam-macam soal, yang akan anda hadapi dalam test CPNS 2019.

Tes Wawasan Kebangsaan (TWK)

Melalui sekumpulan soal tes wawasan kebangsaan, anda akan dinilai terkait pengetahuan serta kemampuan dalam mengimplementasikan nasionalisme, Pancasila, UUD 1945, integritas, bahasa Indonesia, pilar negara, dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Dalam NKRI ini, mencangkup sejarah perjuangan bangsa, peran bangsa Indonesia dalam tatanan regional dan internasional, dan juga kemampuan berbahasa Indonesia yang baik dan benar.

Tes Intelegensia Umum (TIU)

Test TIU akan digunakan untuk menilai intelegensia dari para peserta seleksi. Dalam test ini, akan dinilai terkait kemampuan verbal, atau kemampuan menyampaikan informasi secara lisan dan tulisan. Selain itu, akan dinilai juga kemampuan numerik, yaitu kemampuan peserta dalam melakukan operasi perhitungan angka, serta kemampuan mereka dalam melihat keterkaitan hubungan, diantara angka-angka tersebut. Setiap jawaban benar akan mendapat skor 5, sementara jika salah maka anda akan mendapat skor 0.

Ada juga test Intelegensia, yang digunakan untuk menilai kemampuan figural anda. Kemampuan figural sendiri yaitu kegesitan mental seseorang dalam menganalisa simbol, gambar, dan juga diagram. Selain itu, ada juga kemampuan berpikir logis yakni penalaran secara runtut dan sistematis. Kemampuan berpikir analisis yakni kemampuan seseorang dalam menguraikan masalah secara sistematik. Setiap soal yang berhasil dijawab dengan benar, anda akan mendapat skor 5 di soal TIU ini, sementara jika salah maka skrornya adalah 0.

Tes Karakteristik Pribadi (TKP)

Tes Karakteristik Pribadi (TKP) adalah kumpulan soal ketiga, yang harus anda hadapi dalam test CPNS 2019 mendatang. Soal-soal ini terdiri dari berbagai macam, yakni integritas diri, semangat berprestasi, jejaring kerja, pelayanan publik, sosial budaya, profesionalisme, teknologi informasi dan komunikasi, kreativitas dan inovasi, orang lain, kemampuan beradaptasi, orientasi pada pelayanan, mengendalikan diri, bekerjasama dalam kelompok, kemampuan mengkoordinir dan menggerakan orang lain, kemampuan beradaptasi, serta bekerja mandiri dan tuntas.

Berbeda dengan jenis soal lainnya, dalam soal TĶP ini anda tidak akan mendapatkan nilai nol (0), sementara nilai untuk kelompok soal ini yang paling besar, yaitu 5.

Demikian, buku panduan soal CPNS 2019. Penting diketahui, contoh soal yang ada di dalam buku tersebut hanyalah sebuah referensi untuk anda belajar. Buku ini hanyalah salah satu sarana, dalam berupaya agar lolos seleksi test CPNS 2019. Semoga bermanfaat. Source file wadahguru.com

Gambar Gravatar
Founder Membangun Inspirasi, Editor duniaelektronik.net, Kontributor klikmania.net, Teacher, Entrepreneurship, University student life. Berusaha menebarkan ilmu, inspirasi, dan kemanfaatan melalui tulisan. Jika bermanfaat silahkan share.