7 Peluang Bisnis Ternak Burung, Usaha Ternak yang Menjanjikan di Masa Depan

  • Whatsapp
Peluang Bisnis Ternak Burung

Peluang bisnis ternak burung menjanjikan merupakan informasi menarik, terutama bagi Anda yang sangat hobi dengan burung. Dengan menggeluti sesuatu yang menjadi hobi, pekerjaan apa pun tentu akan senantiasa menyenangkan. Ternak burung sendiri merupakan salah satu usaha ternak yang menjanjikan di masa depan.

Memelihara burung hias dan burung kicau merupakan hobi yang tidak pernah ketinggalan zaman. Selain sebagai sarana penghilang stress dan kebanggaan pribadi, hobi ini juga bisa dijadikan peluang bisnis ternak.

Bacaan Lainnya

Referensi Kami : Panduan Menjadi Agen BRILink Lengkap dengan Penghasilan Berlimpah Setiap Hari

Bagi Anda yang sedang mencari celah bisnis yang memiliki peluang besar, usaha ternak yang menjanjikan di masa depan, tidak lekang dimakan waktu, sekaligus menghasilkan laba yang menjanjikan, bisnis ternak burung sangat patut untuk dicoba.

Hal Penting dalam Bisnis Ternak Burung

Peluang Bisnis Ternak Burung

Sebelum memutuskan untuk terjun di dunia bisnis ternak burung, sebaiknya Anda mempersiapkan diri dengan pengetahuan dasar tentang bidang ini. Bagaimanapun, selayaknya jenis usaha lainnya, bisnis ini juga memiliki peluang, resiko, dan tantangan tersendiri. Namun percayalah ini merupakan salah satu usaha ternak yang menjanjikan di masa depan.

Paling tidak Anda harus memahami jenis-jenis burung yang akan dijual, bagaimana perawatannya, dan celah pasar yang mana yang akan Anda masuki. Berikut penjelasannya.

1. Memilih Jenis Burung Kicau

Setiap burung memiliki kicauan yang khas dan unik. Namun dari ratusan jenis burung kicau di Indonesia, ada sebagian yang merupakan primadona. Selain karena kicauannya yang unik, gacor dan merdu, juga karena harganya yang tinggi. Beberapa di antaranya bahkan juga memiliki bulu yang menawan selain suara yang bagus. Berikut sepuluh jenis burung kicau yang terkenal akan keindahan suaranya.

2. Target Pasar

Anda harus menentukan target pasar Anda sejak awal memulai bisnis ini. Para penggemar burung kicau dan burung hias tersebar di berbagai tingkatan ekonomi. Namun semua memiliki kesamaan yaitu loyalitas pada hobinya. Mengingat banyaknya peminat burung, tentu ini adalah sasaran pasar yang luas. Anda juga bisa memperluas jangkauan pemasaran Anda dengan bergabung di komunitas pecinta burung.

3. Mempelajari Perawatan Burung

Sebagai pebisnis burung, tentu Anda harus mempelajari dengan cermat cara merawat burung. Pada dasarnya kebanyakan burung kicau tidak sulit dipelihara dan dirawat, namun jika Anda benar-benar pemula, sebaiknya pilih yang relative mudah ditangkarkan dan cepat jinak seperti Kenari, Pipit, dan Robin.

Baca Juga : 5 Penyebab Utama yang Membuat Seseorang Susah untuk Sukses, Pahami dan Hindarilah!

7 Macam Peluang Bisnis Ternak Burung

Peluang Bisnis Ternak Burung

Peluang bisnis ternak burung bisa dikatakan cukup besar. Selain karena banyak peminatnya, bisnis ini juga merupakan niche market yang menggiurkan mengingat tidak terlalu banyak pelaku usaha yang terjun ke dalamnya secara profesional, tak ayal jika ini merupakan salah satu usaha ternak yang menjanjikan di masa depan.

Hal lain yang menguntungkan adalah, banyaknya jenis burung kicau yang dapat Anda budidayakan dan pasarkan. Indonesia memiliki ratusan jenis burung hias dan burung kicau, yang beberapa di antaranya bahkan bisa berharga hingga jutaan rupiah.

Berikut adalah tujuh macam peluang bisnis ternak burung yang dapat Anda geluti.

1. Burung Murai Batu

Peluang Bisnis Ternak Burung

Murai Batu adalah salah satu burung kicau paling populer dan paling banyak penggemarnya. Siulannya yang nyaring dank has menjadikan burung ini banyak diincar para penggemar burung kicau dan burung hias.

Tentu saja peluang bisnisnya sangat besar, mengingat banyaknya penggemar burung ini. Murai Batu juga tidak sulit ditangkarkan, dan harganya lumayan tinggi. Seekor Murai Batu yang sudah gacor bisa dihargai hingga Rp700.000 bahkan jutaan, tentu ini merupakan salah satu faktor pendukung bagi usaha ternak yang menjanjikan di masa depan.

2. Burung Lovebird

usaha ternak yang menjanjikan di masa depan

Warnanya yang indah dan cerah serta suaranya yang indah menjadikan Love Bird sebagai salah satu burung kicau paling mahal. Sepasang Love Bird bisa dihargai hingga Rp500.000. Jika sudah gacor dan jinak bisa lebih mahal lagi.

Peluang bisnis lovebird menjadi salah satu bisnis menggiurkan jika dikembangkan secara tepat. Untuk menghasilkan lovebird yang memiliki suara kicau menarik dan bulu yang cantik, tentu ada vitamin lovebird khusus yang menunjang kesuksesan ternak lovebird.

3. Burung Kenari

usaha ternak yang menjanjikan di masa depan

Usaha ternak yang menjanjikan di masa depan berikutnya adalah dengan beternak burung kenari. Burung ini merupakan hewan asli kepulauan Canary. Selain suaranya yang merdu, Kenari juga relatif mudah ditangkarkan.

Burung Kenari sangat mudah ditangkarkan, dan tidak rewel dalam perawatannya. Burung ini juga termasuk jenis yang cukup mahal. Seekor Kenari bisa dihargai Rp200.000-Rp350.000

4. Burung Jalak

usaha ternak yang menjanjikan di masa depan

Jalak adalah salah satu burung kicau dengan varian jenis yang sangat beragam. kita mengenal beberapa yang populer di antaranya, seperti Jalak Sureng, Jalak Nias, Jalak Hitam, dan Jalak Bali

Jalak, selain banyak jenisnya, banyak peminatnya, tinggi pula harga jualnya. Seekor Jalak Sureng bisa dihargai hingga Rp700.000. Jalak Bali lebih tinggi lagi harganya. Jika Anda berhasil menangkarkan burung ini, apalagi hingga siulannya gacor dan merdu, dijamin laba yang Anda dapatkan akan sangat menggiurkan.

5. Burung Pipit

usaha ternak yang menjanjikan di masa depan

Burung Pipit mungkin tidak semahal Jalak atau Murai Batu, tapi jenis ini sangat mudah dipelihara. Pipit tidak rewel dalam memilih makanan, tidak memerlukan perawatan khusus yang njlimet, dan yang pasti suaranya indah. Maka jenis ini banyak juga peminatnya, terutama mereka yang cenderung awam dalam urusan memelihara burung kicau.

6. Burung Gelatik

usaha ternak yang menjanjikan di masa depan

Beternak burung gelatik adalah salah usaha ternak yang menjanjikan di masa depan. Si kecil Gelatik merupakan burung kicau dengan suara melengking tinggi yang indah. Posturnya yang kecil dan lincah menjadikan dia populer karena terkesan riang. Warna burung ini monokrom, perpaduan putih dan hitam. Namun peminatnya cukup banyak.

Burung ini banyak dipakai untuk kombinasi suara burung lainnya, karena suara Gelatik tinggi melengking. Harganya tidak terlalu tinggi, sekitar Rp75-200 ribu saja. tapi melihat perannya yang cukup penting, sepertinya Gelatik punya pangs pasar yang menjanjikan.

7. Burung Ciblek

usaha ternak yang menjanjikan di masa depan

Nama lain Ciblek adalah Prenjak. Asalnya dari Sumatera, Bali, dan Jawa. Suara siulannya unik sekali. Ciblek mulai naik daun di kalangan kolektor burung belakangan ini. Burung endemic Sumatera  ini cukup mahal karena penangkarnya belum sebanyak Pipit atau Gelatik.

Keuntungan Bisnis Ternak Burung

Peluang Bisnis Ternak Burung

Beberapa keuntungan yang bisa anda dapatkan saat memilih beternak burung secara konsisten. Paling tidak, Anda akan mendapatkan lima keuntungan jika mencoba peluang bisnis ternak burung usaha ternak yang menjanjikan di masa depan ini. Adapun beberapa keuntungan bisnis ternak burung tersebut adalah seperti berikut ini,

  1. Menjadi salah satu hobi yang dibayar dan memberikan perasaan Bahagia tersendiri bagi para pelakunya. Tentunya jika Anda juga merupakan penggemar burung kicau dan burung hias, berbisnis ini seperti menjalankan hobi saja.
  2. Pangsa pasar yang besar dan luas tentu menjadi peluang yang tidak bisa dianggap remeh. Hampir semua daerah di Indonesia masyarakatnya memiliki budaya memelihara burung kicau dan hias. Tentu ini adalah sasaran pasar yang luas, bukan?
  3. Bisnis ini modalnya fleksibel dan bisa dijadikan usaha sampingan tanpa mengganggu usaha utama Anda.
  4. Konsistensi dalam merawat burung favorit tentu akan memiliki konsekuensi burung tersebut memiliki bulu bagus atau memiliki keturunan yang banyak. Dengan begitu harga jual burung jauh lebih mahal daripada modal awalnya.
  5. Konsumennya kebanyakan membeli karena hobi, jadi lebih royal dalam urusan harga.

Penutup

Bagaimana, tertarik mencicipi peluang bisnis ternak burung? Salah satu hobi yang bisa mendatangkan keuntungan berlipat serta memiliki peluang yang cukup luas. Dengan begitu anda bisa menjadikan hobi merawat burung yang mendatangkan pundi-pundi rupiah dan menjadi salah satu usaha ternak yang menjanjikan di masa depan. Semoga pembahasan mengenai peluang bisnis ternak burung ini bermanfaat untuk sahabat setia duniaelektronik.net.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *