Peluang Sukses Guru Honorer dengan Menjadi Blogger, Terbukti Menghasilkan!

  • Whatsapp
peluang sukses guru honorer

Peluang sukses guru honorer adalah suatu perkara yang harus kita bahas, sebab kesuksesan adalah hak setiap individu tanpa terkecuali guru honorer. Seperti kita tahu, kesejahtraan guru honorer memang merupakan sebuah dilema besar. Atas dasar itulah perlu solusi jitu untuk mengatasinya, terutama dengan tidak terlalu berharap pada pemerintah.

Kebutuhan yang tinggi, disertai tanggung jawab terhadap keluarga adalah sebuah dilema besar bagi seorang guru honoer. Akhirnya antara cinta keluaarga dan siswa menjadi dua hal yang terkadang sangat berat untuk disandingkan. Di sisi lain, diri dan keluarga memiliki kebutuhan yang harus dipenuhi dengan finansial. Di lain sisi pula, mengabaikan tanggung jawab berarti juga mempertaruhkaan masa depan peserta didik.

Sangat perlu bagi setiap guru mengetahui peluang sukses guru honorer. Dengan hal ini, diharapkan guru tetap bisa mengajar dengan baik tanpa mengabaikan kesejahtraan diri dan keluarganya. Sebab memanag waktu produktif seorang guru honorer mayoritas ada di sekolah, tanpa solusi jitu maka satu diantara keduanya dapat menjadi korban.

Peluang Sukses Guru Honorer dengan Bloging

Sejujurnya penulis berani menuliskan postingan ini dikarenakan telah mengalaminya sendiri. Sebuah pengalaman tentu merupakan guru terbaik, sebab benar-benar telah teruji kebenarannya.

Sejarah Mengenal Duni Blog

peluang sukses guru honorer

Awal penulis menganal dunia blog sendiri adalah sekitar dua tahun setelah lulus SMK, yaitu pada tahun 2010. Sayangnya pada saat itu, penulis belum mengetahui jika dunia blog bisa menghasilkan pundi-pundi rupiah. Bayangkan saja, jika sejak saat itu penulis mengetahuinya tentu blog yang dibangun sudah besar.

Namun penulis tidaklah menyesali akan hal itu, sebab selalu yakin setiap apapun adalah takdir dari Tuhan Semesta Alam. Mungkin jika sudah mengenal dunia blogging menghasilkan uang saat itu, penulis tidak memiliki semangat baja untuk kuliah. Penulis pun tidak tahu, apa yang akan terjadi jika di masa muda memiliki banyak uang. Penulis yakin, segala amanat rezeki dan lainnya dari Tuhan, selalu disesuaikan dengan kemampuan kita, terutama kemampuan iman dan hati kita.

Dalam hal dunia tulis menulis, sejak di bangku sekolah dasar memang penulis sangat menyukainya. Sejak diadakannya majalah dinding di bangku SMP, alhamdulillah tulisan penulis sering di pajang di sana.

Semangat menulis pun semakin tinggi, ketika bergabung menjadi junalis warga Kabupaten Brebes. Saat dibuatnya celotehlarangan.com, banyak berita yang dapat penulis tulis di sana. Bahkan sering juga merasakan nikmatnya bayaran tulisan, terutama ketika Dinkes Brebes memiliki program dalam rangka Hardiknas.

Pengalaman dan motivasi menulis pun semakin tinggi, mana kala mendapat bimbingan langsung dari berbagai wartawan senior yang ada di Brebes, terutama dalam pelatihan jurnalis warga yang diselenggarakan oleh Bappeda Brebes, dan juga UNICEP pada tahun 2015 dan 2016.

Tersadar Ada Peluang Sukses dalam Dunia Blogging

Kala itu seorang teman di kampus berbicara kepada penulis, jika suka menulis kenapa tidak membuat blog dan mendaftarkannya ke Adsense. Adsense itu apa penulis pun belum memahaminya, hingga akhirnya setelah teman tersebut menjelaskan penulis mencari tahu lebih dalam di internet.

Belum terlalu tertarik untuk mendaftar, hingga akhirnya browsing di internet mencari situs yang membayar penulis. Alhasil bertemulah penulis dengan klikmania.net milik mas Ghani Sebastian. Akhirnya memulai menulis, dan betapa senangnya ketika saat itu setiap tulisan dibayar bisa mencapai Rp. 50 ribu lebih. Saat itu selain kualitas tulisan klikmania juga memberlakukan jumlah kata, jadi setiap tulisan penulis yang lebih dari 2000 kata pasti dibayar lebih mahal.

Beberapa saat menjadi kontributor klikmania.net, akhirnya penulis semakin percaya akan kelebihan Adsense. Kayakinan ini semakin kuat, manakala mas Ghani pernah mengatakan bahwa pembayaran penulis baru bisa dari iklan. Baru dari iklan saja sudah bisa membayar banyak penulis, apalagi jika sudah memiliki sumber penghasilan lain. Itu yang ada dalam benak penulis kala itu.

Baca Juga : 17+ Sumber Penghasilan Blogger yang Bisa Membuatmu Cepat Kaya

Akhirnya semakin termotivasi membuktikan, dibuatlah blog Membangun Inspirasi. Setelah berhasil diterima Adense, penghasilan yang sangat minim hampir sering membuat putus asa. Namun berkat keyakinan bahwa semua proses itu tidak ada yang enak, dan sukses itu tidaklah instant  akhirnya penulis kuat. Niat berbagi kemanfaatan, ditambah semangat dari banyak orang yang telah membuktikan Alhamdulillah membuat penulis sampai pada titik itu.

Suatu masa dimana penulis bisa merasakan transferan dari Google Adsense. Senang sekali rasanya merasakan uang dari hasil jerih payah sendiri, yang penulis dapatkan dari blog sendiri.

Google Adsense Terbukti Membayar

Penulis sangat yakin blog adalah salah satu peluang sukses guru honorer, sebab dari Adsense saja penghasilannya jauh lebih banyak dari upah guru honorer. Lebih dari itu sumber penghasilan blog juga memang sangat banyak, salah satunya ketika penulis mereview produk atau memuat content placement, dimana dari satu postingan saja dibayar paling sedikit Rp. 150 ribu.

Pertama kali menerima pembayaran Adsense sekitar Rp. 1,4 juta, kemudian naik perlahan menjadi Rp. 1,5 juta. Ada pasang surut dalam penghasilan Adsense, namun selama kita rajin membuat postingan berkualitas bukan hal yang mustahil jika penghasilan kita setiap harinya bisa menanjak.

Satu hal yang pasti, Google Adsense terbukti membayar setiap konten kreatornya. Selama blog yang kita buat tidak melanggar setiap ketentuan yang diberlakukan Adsense, maka selama itu pula kita bisa bermitra dengannya.

Baca Juga : Rahasia Mudah Blog Langsung Diterima Adsense Hanya dengan Sekali Daftar

Motivasi Ngeblog Semakin Luas

Membahas peluang sukses guru honorer akhirnya penulis jadi teringat motivasi ngeblog penulis yang senantiasa berkembang. Salah satu motivasi terbesar penulis adalah bisa menginspirasi semua guru honorer di Indonesia.

Sedih mereka juga penulis rasakan, tak sedikit yang mengabdi puluhan tahun namun tak bisa diangkat PNS. Memang menjadi guru bukan hanya untuk mengejar materi, tapi sekali lagi kita pun membutuhkan materi untuk mencukupi kebutuhan hidup.

Dengan mengetahui peluang sukses guru honorer di dunia blogging, penulis berharap tidak ada lagi guru honorer yang terhimpit masalah ekonomi. Bahkan ada yang sampai rumah tangganya berakhir karena alasan ini.

Mengajar anak didik memang tanggung jawab, tapi berjuang memberikan masa depan terbaik untuk anak dan keluarga kita sendiri pun tidak boleh disepelekan. Pada akhirnya tidak sedikit yang terlalu berharap pada pengangkatan PNS, namun mengorbankan masa depannya sendiri. Oleh karena itu, memutuskan menjadi guru honorer, berarti harus bisa pula mencari sumber penghasilan lain yang bisa membuat perekonomian keluarga tetap sehat.

Mudahnya bagi Seorang Guru Membangun Blog Besar

peluang sukses guru honorer

Bagi seorang guru menulis adalah kegiatan sehari-hari, bahkan saat ini setiap guru dituntut untuk memiliki kemampuan dalam menulis. Lebih dari itu, seorang guru sebenarnya memiliki bekal yang sangat banyak dalam menulis postingan blog, terutama dari segi keilmuan yang ia miliki, baik berdasarkan bekal pendidikan, atau pun pengalamannya.

Contohnya saja bagi guru kesenian bisa membahas seputar kesenian, guru TKJ bisa membahas seputar komputer dan jaringannya, guru bahasa indonesia bisa membahas seputar bahasa Indonesia dan lainnya. Selain itu, ilmu ini sangat luas sehingga melalui blog semua orang bisa membahas apapun sesuai minat dan bakatnya. Jadi sobat setuju bukan jika menjadi blogger adalah salah satu peluang sukses guru honorer ?

Penutup

Alhamdulillah berkat aktivitas blogging penulis tidak perlu pusing lagi memikirkan uang untuk membeli kebutuhan anak dan isteri, dan lainnya. Bahkan melalui aktifitas blogging pula lah, penulis bisa membelikan istri kalung dan gelang emas.

Materi memang bisa kita dapatkan dari kegiatan blogging, namun itu tidak ada artinya jika dibandingkan manfaatnya. Sebagai seorang guru penulis tentu memiliki semangat mengajar, dan melalui blog penulis merasa bisa mengajar dengan lebih luas lagi. Bahkan selain tak mengenal ruang dan waktu, insya Allah setiap yang penulis tulis akan tetap bisa memberikan manfaat sekalipun raga ini sudah tidak ada lagi di dunia.

Sebelum memutuskan menggeluti dunia blogging, benahilah niat terlebih dahulu. Sebab jika hanya materi tujuannya, niscaya sobat akan mudah menyerah. Buatlah postingan yang memberikan banyak manfaat untuk orang lain, rasakan betapa nikmatnya ketika banyak yang komentar bahwa postingan yang sobat buat memiliki manfaat yang besar untuk mereka. Semoga tulisan peluang sukses guru honorer ini bermanfaat, dan bisa mendatangkan kebaikan dunia dan akhirat untuk penulis dan pembacanya, insya Allah… aaamiin.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *