Peluang Usaha Online di Tahun 2021

6 Peluang Usaha Online di Tahun 2021, Modal Minim Keuntungan Sangat Besar!

Diposting pada 697 views

Peluang usaha online di tahun 2021 tentunya semakin menarik untuk dibahas. Selain berpengaruh negatif, pandemi Covid-19 juga ada pengaruh positifnya. Diantaranya dalam memberikan inspirasi usaha, terutama secara online.

Hampir semua orang merasakan dampak buruk dari adanya pandemi ini, terutama dari segi penghasilan. Tak sedikit yang akhirnya di PHK, karena perusahaan tempatnya bekerja sudah tak mampu lagi membiayai operasional perusahaan.

Menjalankan usaha secara offline selain membutuhkan biaya tak sedikit, disaat adanya pandemi proses transaski jual beli pun tidak sebebas biasanya. Hal ini tentu berdampak terhadap omset penjualan.

Blogger Peluang Usaha Online di Tahun 2021

Ada banyak peluang usaha di setiap tahunnya, namun saya melihat peluang yang sangat menjanjikan adalah menjadi blogger. Dengan memiliki blog atau website, berbagai sumber penghasilan online bisa kita dapatkan.

Hampir semua orang mengakses internet setiap harinya, mulai dari mencarai informasi, hiburan hingga berbelanja. Tak heran jika kemudian, banyak pengusaha offline yang mulai tertarik untuk membuat sebuah situs untuk usahanya.

Beberapa kali, saya pun telah membuatkan situs untuk beberapa pengusaha offline. Mereka mulai tertarik dengan penjualan secara online, sebab banyak masyarakat yang mulai merubah cara berbelanjanya dari secara langsung menjadi online.

Tulisan ini bukan hanya teori semata, sebab saya telah membuktikannya sendiri. Agar bisa lebih memberi gambaran nyata, simak keseluruhan dari postingan ini.

Membuat Blog Atau Website Itu Mudah

Banyak orang beranggapan membuat blog atau website itu susah. Padahal, menurut saya sangat mudah. Jika sebelumnya kamu pernah membuat akun Facebook, kurang lebih seperti itulah prosesnya.

Bahkan jika kamu tidak ingin repot bisa meminta bantuan penyedia layanan. Misalnya saja di Exabytes Indonesia, tenaga profesional siap membantu kesulitan kamu kapan pun dibutuhkan. Berbagai informasi menarik yang menguntungkan juga senantiasa kamu dapatkan.

Kamu juga bisa mendapatkan banyak program kerja sama, diantaranya mengikuti Program Afiliasi Terbaik, Program Blogger Plus, Program Grow, Program Partnership, dan lainnya. Tentunya sangat menguntungkan untuk memperbanyak sumber penghasilan blog.

keuntungan usaha online

Di era digital, semuanya memang serba dimudahkan. Termasuk bertemu dengan orang-orang ahli dalam berbagai bidang, sehingga kita menjadi semakin mudah meraih kesuksesan.

Sumber Penghasilan Blog dan Strategi Mendapatkannya

Sangat menguntungkan memiliki sebuah blog atau website. Selain dapat meningkatkan penjualan usaha offline, juga mendatangkan penghasilan baru. Dengan memiliki blog, setidaknya kamu akan mendapatkan 6 peluang usaha online di tahun 2021 ini.

Ada banyak sumber penghasilan blog yang telah saya bahas pada artikel sebelumnya. Pada kesempatan kali ini, saya akan membahas berdasarkan apa yang telah dilalui sendiri selama ini. Berikut ulasan lengkapnya:

1. Penghasilan dari Iklan

Penghasilan dari iklan merupakan dambaan bagi banyak blogger. Apalagi jika ada yang meminta langsung untuk bekerja sama. Misalnya saja, ada sebuah perusahaan yang menghubungi langsung untuk memasang banner iklan di blog kamu. Tentu bayarannya bisa lebih besar, sebab tanpa melalui pihak ketiga.

Untuk mendapatkan jenis iklan seperti ini, kamu harus memberi tahu pembaca bahwa blog kamu menerima pemasangan iklan. Bisa juga dengan menyediakan tempat banner khusus, seperti yang kita lihat di jalan raya. Dengan memiliki blog, kita bisa turut merasakan bagaimana rasanya mendapatkan uang dari jasa seperti itu.

Saya sendiri belum mencobanya langsung, sebab masih berfokus pada iklan tak langsung yang melalui pihak ketiga. Iklan jenisini pun tentu ada banyak pilihannya. Ada pun beberapa jaringan periklanan yang sudah bekerja sama dengan blog yang saya kelola, adalah sebagai berikut:

Google Adsense

Peluang Usaha Online di Tahun 2021

Google Adsense adalah salah satu sumber penghasilan yang sangat diminati para blogger. Tak sedikit yang menjadikannya sebagai penghasilan utama, dan terbukti bisa sukses.

Namun bagi saya, jika satu blog bisa mendatangkan banyak sumber penghasilan kenapa kita harus berfokus hanya pada satu sumber saja.

Mendaftar Google Adsense melalui blog terbilang sangat mudah, apalagi jika disandingkan dengan YouTube. Bahkan blog yang baru dibangun beberapa bulan pun sudah bisa diterima, selama memenuhi syarat.

Jika kamu ingin mengetahui apa saja syaratnya, saya sudah pernah membahas pada postingan sebelumnya, “Cara Supaya Blog Diterima Adsense Hanya dengan Sekali Daftar!

Dengan blog bekerja sama dengan Adsense maka kita berpeluang mendapatkan penghasilan bulanan. Biasanya pembayaran dilakukan antara tanggal 20-25 melalui transfer bank setiap bulannya, dengan catatan saldo yang terkumpul sudah ada minimal Rp 1.300.000.

MGID

Kunci utama penghasilan blogger adalah di traffik. Semakin banyak jumlah pengunjung maka semakin banyak juga penghasilan yang bisa didapatkan. Mungkin atas dasar itulah, MGID menggunakan traffik blog sebagai syarat utama blogger dapat diterima dengan jaringan periklanan ini.

Bagi kamu yang blognya sudah memiliki jumlah pengunjung minimal 3000/ hari, segera saja daftar MGID, biasanya langsung diterima. Menariknya, MGID aman disandingkan dengan Adsense sehingga blog kamu semakin bisa mendatangkan banyak sumber penghasilan.

Jumlah penarikan minimal adalah $80, saat saldo penghasilan sudah mencapai itu maka kamu bisa melakukan request pembayaran. Saat artikel ini ditulis, nilai 1$ adalah Rp 14.515, artinya dalam satu kali pembayaran kamu bisa mendapatkan minimal Rp 1.161.200. Sangat menarik bukan jadi blogger itu?

Involve Asia

Peluang Usaha Online di Tahun 2021

Menjadi blogger memang sangat menyenangkan, apalagi jika blog yang dibangun sudah cukup berkembang. Tak perlu mencari sumber penghasilan, justru berbagai sumber penghasilan akan datang dengan sendirinya. Terpenting, jangan lupa cantumkan kontak di blog kamu ya, agar siapa pun mudah untuk menghubungi.

Nah salah satu yang menghubungi saya melalui email adalah dari Involve Asia. Ini juga merupakan peluang usaha online di tahun 2021 yang sangat menjanjikan, terutama karena banyak sekali masyarakat yang saat ini senang berbelanja online.

Dengan bekerja sama dengan Involve Asia, secara otomatis kamu juga bisa bekerja sama dengan berbagai perusahaan maupun situs belanja dalam dan luar negeri. Pembayaran yang kamu terima bukan hanya dari komisi transaksi penjualan, tapi beberapa juga bisa dari perklik unik.

Kamu bisa memasang banner iklan, atau mereview untuk mendapatkan penghasilan. Informasi lebih jelas bisa disimak pada postingan saya sebelumnya “Panduan Lengkap Involve Asia, Sumber Penghasilan Blog yang Menjanjikan!

ProPS Ads

Peluang Usaha Online di Tahun 2021

Peluang penghasilan online 2021 ini juga saya dapatkan melalui e-mail. Sebenarnya cara kerjanya mirip dengan Google Adsense. Jika Adsense penghasilan bisa didapatkan dari jumlah klik dan perseribu tayang, di ProPS Ads ini kamu hanya mendapatkan penghasilan perseribu tayang.

Menariknya, setelah salah satu blog kamu bekerja sama maka blog kamu yang lain pun bisa didaftarkan. Tentu sangat menguntungkan jika kamu memiliki banyak blog.

Pasang saja kode iklan yang diberikan dari ProPS Ads di setiap blog kamu, maka mendapatkan ribuan hingga ratusan ribu tayang iklan itu semakin mudah. Saldo penghasilan kamu akan otomatis bertambah jika iklan yang dipasang telah tampil 1000 kali.

Jika traffik blog kamu 10.000 / hari maka iklan yang dipasang juga tentu telah dilihat sebanyak 10.000 kali.

2. Content Placement

Peluang Usaha Online di Tahun 2021

Jujur dari sekian banyak sumber penghasilan online melalui blog, content placement adalah yang paling saya sukai. Betapa tidak, konten terbaik dibuatkan dan kita tinggal mepublikasikannya, setelah itu mendapat bayaran pula.

Pembayarannya pun lumayan besar, tergantung perusahaannya. Bisa ratusan ribu bahkan jutaan loh.

Untuk mendapatkan penghasilan ini, sebaiknya kamu buat postingan atau halaman yang menjelasakan bahwa blog kamu menerima content placement. Meski memang jika blog sudah banyak pengunjung, tawaran seperti ini akan muncul dengan sendirinya. Namun setidaknya ini adalah bagian iklan dari usaha yang kita jalankan ^_^.

3. Backlink

Backlink memang sangat dibutuhkan untuk menaikan performa sebuah situs di mesin pencari. Situs duniaelektronik.net saja, sering mendapat tawaran backlink baik dari situs dalam maupun luar negeri.

Pembayarannya pun cukup besar, minimal Rp 200.000 untuk satu backlink doffolow. Untuk mendapatkan banyak tawaran job, kamu bisa mendaftarkan situs kamu ke situs penyedia jasa backlink. Misalnya saja seperti Raja Backlink dan Vira.id.

Melalui situs tersebut biasanya para pemilik web mencari jasa backlink. Jika situs kita terpilih, maka kita akan diberitahu oleh situs penyedia tersebut. Setelah dikerjakan maka kita akan mendapatkan komisi yang sudah dipotong sebagian, untuk komisi kerja sama.

4. Lomba Blog

Bagi kamu yang memiliki keterampilan menulis di atas rata-rata, peluang usaha online ini sangat menjanjikan loh. Bahkan sampai ada yang menjadikannya sebagai sumber penghasilan utama blog yang dibangunnya.

Memang sangat menarik, sebab hadiah yang ditawarkan tak main-main. Mulai dari uang jutaan rupiah, gadget, motor, bahkan hingga mobil baru.

Jika kamu sudah pernah memenangkan salah satu lomba, saya yakin akan lebih mudah keluar sebagai juara nantinya. Hal ini karena kamu telah menemukan kunci untuk bisa menang.

Sebaiknya asah kemampuanmu dengan rutin mengikuti lomba blog. Semakin banyak pengalaman, peluang menang pun semakin tinggi. Exabytes Indonesia adalah salah satu perusahaan yang rutin mengadakan lomba blog, kamu bisa sering mengecek situsnya agar tidak ketinggalan info.

5. Menjual Produk

Saya merasa sangat rugi, jika tidak menggunakan blog untuk menjual produk sendiri. Apalagi saat ini, masyarakat senang berbelanja online dan setiap mencari informasi mayoritas melalui internet.

Atas dasar itu, saya berupaya maksimal agar pembaca bukan hanya mendapatkan informasi yang dicari melalui blog saya, tapi juga bisa membeli apa yang mereka butuhkan. Ada beberapa produk yang saya jual melalui blog, diantaranya adalah sebagai berikut:

Undangan

Saya sendiri memiliki usaha dibidang percetakan undangan di rumah, namun karena di desa transaksinya terasa minim. Sejak mengiklankan usaha ini melalui blog, customernya pun bisa dari berbagai daerah.

Padahal saya tidak membuat situs khusus, jika dibuatkan hasilnya tentu lebih baik lagi. Saya hanya membuat postingan tentang cetak undangan online, dan pembaca yang menemukan tulisan ini tentu mayoritas memang sedang membutuhkan jasa percetakan.

Karena terbatasnya waktu dan lainnya mereka mencari jasa percetakan melalui internet. Ketika menemukan postingan tersebut, maka mereka berpeluang menjadi customer saya.

Ebook

Keunggulan Bisnis Online

Menjadi seorang blogger tentu hobi menulis, sebab profesi ini memang mengharuskan membuat konten dengan tulisan. Ketika seseorang hobi menulis, sangat sayang rasanya jika tidak membuat buku.

Namun membuat buku tentu membutuhkan modal tak sedikit, dan perlu proses cukup panjang. Saya berfikir rasanya menyenangkan jika membuat e-book atau buku digital, dan kemudian menjualnya melalui blog.

Akhirnya lahirlah ebook “5 Cara Cepat Menulis Artikel Hingga Puluhan Perhari“. Alhamdulillah cukup laku keras, dan direspon dengan positif.

Kamu juga bisa mempraktekannya sendiri. Caranya cukup mudah, yakni pelajari dengan cukup dalam suatu materi tertentu. Setelah mendalami dan mempraktekannya sendiri, maka mulailah menulis.

Saya yakin kamu akan ketagihan, terutama jika E-book yang dijual diterima dengan baik oleh para pembelinya.

Software

Sangat penting memilih niche blog yang benar-benar kita kuasai dan sukai. Blog kamu akan lebih hidup dan cepat berkembang, sebab dikelola oleh orang yang memang paham dibidangnya.

Berupaya maksimal memberikan apa yang dibutuhkan pembaca blog adalah salah satu komitmen saya. Misalnya, karena pembaca banyak yang mengeluh terkait masalah printer yang minta direset, saya pun menyediakan ressetternya.

Tak sedikit pembaca yang membeli resetter tersebut, dan ini tentu berpeluang untuk mendapatkan penghasilan setiap hari. Berbagai software lain pun akan segera menyusul, menyesuaikan kebutuhan pengunjung blog.

Ini tentunya bisa menginspirasi kamu, untuk menjual sesuatu melalui blog terutama yang sesuai dengan niche yang dipilih.

6. Menjual Jasa

Menjual jasa juga merupakan peluang usaha online di tahun 2021 yang sangat menjanjikan. Terasa sangat rugi jika tidak segera membuat website di Exabytes Indonesia, sebab tidak bisa merasakan gurihnya sumber penghasilan ini.

Ada pun beberapa layanan jasa saya melalui website, yang telah terbukti menghasilkan diantaranya adalah sebagai berikut:

Review Produk atau Jasa

Keunggulan Bisnis Online

Setiap perusahaan tentu membutuhkan berbagai strategi jitu untuk menjaring dan meningkatkan kepercayaan calon customer sebanyak-banyaknya, sehingga omset penjualan produknya semakin meningkat. Salah satu cara terbaik yang dilakukan adalah dengan bekerja sama dengan blogger, terutama dalam hal mereview produk.

Jika kamu sudah memiliki sebuah web atau blog, terlebih dengan jumlah pengunjung cukup tinggi mendapatkan penawaran job seperti ini tentu tidaklah sulit. Biasanya tawaran yang diterima disesuaikan dengan niche blog, maka jika kamu baru mau membuat blog pastikan memilih niche yang sesuai.

Niche terbaik adalah yang kamu sukai, sehingga lebih mudah membuat konten berkualitas. Setiap tawaran job, tentunya juga akan melihat kualitas tulisan yang sebelumnya telah dibuat. Atas dasar itu, berusahalah untuk selalu totalitas dalam membuat konten.

Kursus Blog Paket Lengkap

Salah satu contoh jasa yang bisa dijual secara online adalah kursus, misalnya saja kursus blog paket lengkap yang saya sediakan.

Peluang Usaha Online di Tahun 2021

Setiap bulannya saya hanya menerima peserta maksimal 10 orang. Hal ini semata-mata agar peserta bisa maksimal mendaptkan materi, dan lebih mudah dipandu saat praktek langsung. Beberapa materi yang saya ajarkan diantaranya adalah cara membuat dan mengelola blog, cara menulis artikel seo, ilmu backlink, bisnis blogging dan lainnya.

Untuk membuka kursus secara online, kamu bisa mengawalinya dengan mempelajari keahlian tertentu. Fokus pelajari salah satu keterampilan sampai benar-benar menguasai, bahkan ahli. Setelah memperbanyak praktek sendiri, dan sudah banyak yang percaya kamu bisa membuka jasa ini.

Selain melayani kursus blog, saya juga melayani kursus menulis artikel SEO, dan kursus bisnis undangan. Ada pun tarif kursus per peserta antara Rp 300.000 hingga Rp 500.000. Tentu ini merupakan peluang usaha online yang cukup menjanjikan.

8 Keunggulan Bisnis Online

Bagi kamu yang saat ini memiliki usaha, sangat rugi jika tidak membuat website. Tak perlu khawatir tidak mampu membuatnya, apalagi jika memesan domain dan hostingnya di Exabytes Indonesia. Hal ini karena timnya siap membantu kamu kapan pun dibutuhkan.

Selain dapat meningkatkan omset penjualan usaha yang sudah ada, website juga memberikan peluang penambahan sumber penghasilan baru. Misalnya saja seperti yang telah dijelaskan di atas. Terpenting, website tersebut juga bisa membuat kamu bisa menjual produk usaha yang sudah ada secara online.

Ada banyak keunggulan bisnis online di zaman sekarang, diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Tidak Membutuhkan Modal Besar

Tak sedikit yang mengurungkan niatnya berwirausaha karena terbatasnya modal. Misalnya saja modal untuk menyediakan tempat, dan lainnya.

Di sinilah keunggulan bisnis online, untuk menjalankannya tidak perlu modal besar. Bahkan untuk menjalankannya bisa dilakukan meski di tempat tidur sekali pun. Karena modal utama bisnis ini hanyalah gadget, akses internet, dan kemampuan yang mendukung.

2. Mudah Dijalankan

Keunggulan bisnis online berikutnya adalah mudah dalam menjalankannya. Tak heran jika kemudian banyak sekaliĀ  para pemula, yang lebih memilih berbisnis secara online. Selain praktis memang terbilang lebih mudah dibanding bisnis konvensional.

Hal yang terpenting bisnis jenis ini, bisa dilakukan bersamaan dengan aktivitas apa pun. Bahkan mahasiswa dan ibu rumah tangga sekali pun. Selama ada koneksi internet, kamu bisa menjalankan bisnis ini kapan dan dimana pun.

3. Biaya Operasional Lebih Efisien

Selain modal awal usaha, ketika memiliki toko offline biaya operasionalnya juga tentu cukup banyak dan beragam. Misalnya saja seperti sewa tempat, gaji karyawan, biaya listrik dan lain sebagainya yang sangat mempengaruhi proses produksi.

Namun saat menjalankan bisnis online, biaya operasionalnya bisa sangat ditekan. Meski tetap harus mengeluarkan biaya penggunaan listrik, kuota internet, hingga karyawan jika ada. Namun pastinya biayanya tidak sebesar toko offline.

4. Jangkauan Target Pasar Sangat Luas

Saat memiliki toko offline maka customer yang dilayani sangat terbatas, yakni yang dapat menjangkau lokasi toko saja. Berbeda dengan toko online, kamu bisa mendapatkan customer dari mana saja. Selama mereka memiliki akses internet, maka bisa berpeluang menjadi pelanggan Anda.

Inilah keunggulan bisnis online yang sangat menarik. Dengan menjalankannya kamu akan mendapatkan customer dari berbagai kota, provinsi, bahkan lintas negara.

5. Tidak Terikat Waktu

Dalam menjalankan bisnis online, kita sangat leluasa sebab tidak terikat waktu. Selain dapat dijalankan kapan saja sesuai waktu luang yang dimiliki, toko online juga bisa terus beroprasi.

Memilliki toko online di internet, serasa memiliki karywan yang senantiasa siap melayani setiap calon customer yang berkunjung kapan saja. Hal ini karena usaha ini bersifat otomatis, sehingga tanpa mengontrolnya pun akan tetap berjalan sebagaimana biasa.

6. Biaya Pemasaran Jauh Lebih Murah

Bukan rahasia lagi, jika biaya pemasaran bisnis offline sangat besar. Misalnya saja seperti mencetak brosur, memasang iklan, dan lain sebaginya.

Berbeda dengan bisnis online, selain dapat menjangkau secara luas biaya pemasarannya juga sangat murah. Apalagi jika kamu memiliki website, dan akun media sosial yang berkualitas hal ini tentu semakin mendukung.

7. Sistem Pembayaran Mudah

Keunggulan Bisnis Online

Selain dapat menjangkau ke hampir seluruh wilayah di dunia, proses pembayarannya pun terbilang mudah, dan bisa langsung dicek sehingga meminimalisir hal-hal yang tidak diinginkan.

Untuk pembayaran di dalam negeri, selain melalui rekening Bank juga bisa melalui OVO dan DANA. Sementara jika dari luar negeri, bisa juga melalui PayPal.

8. Mendukung Usaha Offline

Keunggulan Bisnis Online

Duniaelektronik.net adalah sebuah situs yang saya buat dengan tujuan untuk aktivitas blogging. Namun tak sedikit yang mengira ini adalah situs milik sebuah toko offline. Akhirnya banyak yang memesan produk elektronik melalui nomor WhatsApp saya.

Ini adalah salah satu bukti kuat, bahwa bisnis online akan sangat mendukung usaha offline yang saat ini dimiliki. Selain dapat menjangkau customer lebih luas lagi, usaha offline yang dimiliki juga semakin memiliki nilai tersendiri di hati customer.

Ada banyak peluang usaha online di tahun 2021 yang terbukti menjanjikan. Semua bisa diraih dengan mudah manakala sebelumnya kamu telah membuat website. Pastikan kamu memesan domain dan hostingnya di penyedia terbaik, misalnya saja seperti Exabytes Indonesia.

Gambar Gravatar
Jasa Rilis dan Backlink ke Berbagai Media Nasional Menerima kursus blog sampai menghasilkan dari berbagai sumber, Jasa pembuatan Blog, Website, maupun Toko Online. Mulai dari 50K s/d 800K. More info klik detatang.com Temukan tulisan saya di Membangun Inspirasi, detatang.com, duniaelektronik.net, klikmania.net dan puluhan blog lainnya. Contact: admin@detatang.com / 0823 2727 7319