Memahami Kinerja Pemanas Air Gas Sambil Menghemat Pengeluaran

  • Whatsapp
pemanas air gas

Segala peralatan rumah tangga saat ini, tidak lepas dari embel-embel “efisien”. Artinya semua alat yang digunakan untuk rutinitas dalam sebuah rumah tangga haruslah hemat, baik itu dari segi waktu maupun biaya. Karenanya, semua perusahaan yang memproduksi peralatan rumah tangga sekarang sedang berlomba-lomba memanfaatkan teknologi yang ada untuk menciptakan peralatan paling canggih namun efisien. Salah satu dari penemuan yang bertujuan untuk efisiensi adalah pemanas air gas.

Pemanas air bertenaga gas diciptakan untuk memberi kemudahan dalam kebutuhan rumah tangga secara mendasar, dalam skala lebih besar adalah rumah komersil untuk usaha. Pemanas air gas sendiri merupakan jenis pemanas air yang mengandalkan sumber energi gas yang berasal dari tabung elpiji. Tentunya, kehadiran tabung elpiji sudah tidak asing lagi bagi para ibu rumah tangga maupun pelaku bisnis sehingga pemakaiannya pun sudah tidak asing lagi. Yang perlu diperhatikan sebenarnya adalah sistem dan pemakaian dari pemanas air gas agar terhindar dari resiko apapun.

Cara pemakaian dari pemanas air bertenaga gas ini sebenarnya cukup mudah untuk dipahami. Yang terutama tentunya adalah memastikan bahwa pemanas air telah terpasang dengan baik dan sempurna. Berikutnya adalah dengan mengaktifkan api kecil yang berada pada area pemanasan. Api kecil ini dikondisikan untuk selalu menyala, bentuknya mirip seperti api pada lilin. Tahap selanjutnya tentu dengan menyalakan kran air pada posisi panas. Dalam kondisi ini, ketika air panas keluar, air dingin otomatis akan masuk ke dalam mesin pemanas air.

Air dingin yang masuk dan mengalir ke dalam mesin akan terdeteksi oleh sensor yang bernama Flow Sensor. Sensor ini terhubung pada panel sirkuit yang merupakan panel rangkai alat listrik yang dirancang khusus untuk otomatisasi penyetelan sistem pembakaran pada area pemanasan. Api akan membesar dengan otomatis saat air dingin masuk dan kembali mengecil saat air dingin tidak lagi masuk dan mengalir ke dalam mesin pemanas air.

Ketika api membesar dalam mesin pemanas air, api akan memanaskan pipa air panas yang terletak pada bagian yang disebut dengan Heat Exchanger atau alat pengubah panas. Dengan cara ini, seluruh air dingin yang berada pada pipa pemanasan akan otomatis dipanaskan. Air panas inilah yang nantinya menjadi output atau keluaran dari mesin pemanas air yang dapat langsung kita manfaatkan untuk keperluan mandi menggunakan shower maupun bathtub. Masuknya air dingin ke dalam mesin pemanas air akan otomatis terhenti ketika kita menutup kran air panas. Dengan demikian api besar akan otomatis mengecil dan berubah pada posisi api kecil, begitu seterusnya.

Pilih Pemanas Air Gas yang Sesuai dengan Kebutuhan Anda

Dengan memahami sistem kerja dari pemanas air gas, para ibu rumah tangga sekalipun tak perlu takut lagi untuk mengoperasikannya karena sistem pada alat pemanas air jenis ini sudah terbukti keamanannya, selama pengguna tidak lalai. Secara umum, pemanas air bertenaga gas juga dapat dibagi menjadi beberapa jenis seperti:

  1. pemanas air dalam ruangan tanpa tangki,
  2. pemanas air luar ruangan tanpa tangki,
  3. pemanas air bertenaga gas yang menggunakan tangki penyimpanan air.

Pemanas air gas dalam ruangan tanpa tangki merupakan jenis yang paling banyak digunakan karena pengoperasiannya sederhana dan tidak perlu menggunakan tangki penyimpan air. Kelebihan jenis ini adalah penggunaannya yang sangat hemat bahan bakar karena hanya digunakan saat dibutuhkan.

Pemanas air bertenaga gas lainnya adalah pemanas air yang serupa dengan jenis pertama, hanya saja penempatannya yang berada di luar ruangan, tidak seperti pada jenis pertama yang berada di dalam ruangan kamar mandi. Meski serupa, namun dari segi keamanan jenis ini lebih unggul karena tidak perlu takut akan kebocoran gas. Pemanas air gas jenis terakhir adalah pemanas air yang fungsinya sama seperti kedua jenis yang sebelumnya hanya saja terdapat tangki penyimpanan sehingga air panas akan selalu siap digunakan kapan saja, tentunya dengan efek pemakaian bahan bakar yang lebih boros dibanding kedua jenis sebelumnya.

Untuk Anda yang ingin berhemat dalam kehidupan sehari-hari, pemanas air bertenaga gas merupakan sebuah pilihan yang sesuai. Pemanas air ini cocok untuk digunakan pada rumah tangga atau bangunan komersil karena ketersediaan bahan bakar gas yang mudah ditemukan dan harganya yang masih terjangkau, ditambah lagi dengan sistem kerja dari pemanas air itu sendiri yang mampu menghemat energi yang digunakan sesuai dengan tipenya.

Di masa sekarang pun sudah banyak perusahaan terkemuka yang menciptakan pemanas air canggih, seperti misalnya pemanas air gas Ariston. Sebagai produsen pemanas air terkemuka, Ariston memiliki beragam tipe pemanas air bertenaga gas yang dapat Anda sesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan.

Yang perlu diperhatikan dalam menggunakan pemanas air gas adalah memberikan ventilasi ruangan yang cukup guna menghindari uap yang bertumpuk, hingga akhirnya mengendap dalam kamar mandi. Tentunya, setiap kamar mandi sudah memiliki standar ventilasi masing-masing, hanya saja fakta ini juga perlu kita ketahui untuk menghindari gaya hidup hemat yang mengabaikan kenyamanan dan keselamatan penggunanya.

Atas kepedulian dengan situasi seperti inilah, Ariston mengeluarkan sederet pilihan tipe-tipe pemanas air yang dapat Anda pilih dan memasangnya di rumah dengan jaminan kualitas dan keselamatan. Karena hidup hemat tidak berarti kita harus mengabaikan faktor lainnya, bukan? Untuk itu, pastikan Anda mempercayakan urusan pemanas air pada perusahaan yang memang sudah dikenal akan sepak terjang dan kualitas produknya dalam dunia pemanas air guna menghindari resiko-resiko yang sebenarnya tidak perlu terjadi.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *