Penjelasan Lengkap tentang Pemanas Air Tenaga Matahari atau Solar Water Heater

  • Whatsapp
pemanas air tenaga matahari

Artikel ini akan membahas pemanas air tenaga matahari (surya) dengan lengkap, mulai dari pengertian, komponen, cara kerja, manfaat, cara memelihara, hingga kelebihan dan kelemahan pemanas air tenaga surya tersebut.

Demi alasan penghematan, orang-orang pun sekarang mulai beralih memilih barang yang ramah energi. Kalau dulu orang akan cenderung memilih pemanas air dengan listrik atau gas, maka sekarang mereka mempertimbangkan untuk memasangkan panel surya di atap rumah mereka. Lantas apa itu pemanas air tenaga surya itu?

Pengertian Pemanas Air Tenaga Surya dan Komponennya

Sebelum membahas lebih jauh tentang cara kerja pemanas air tenaga surya, ada baiknya kita pahami terlebih dahulu pengertian sistem pemanas ini.

Sesuai namanya pemanas air tenaga surya (Solar water heater) adalah sebuah alat yang berfungsi untuk memanaskan air dengan memanfaatkan energi matahari.

Komponen Pemanas Air Tenaga Surya

Untuk dapat menjalankan fungsinya dengan baik, setiap alat tentu dilengkapi dengan berbagai komponen yang saling mendukung satu sama lain. Adapun komponen utama alat ini ada dua macam, yaitu sebagai berikut:

  1. Kolekteor penyerap panas : Adalah suatu area khusus yang digunakan sebagai media untuk menyerap energi matahari. Komponen ini harus memiliki sensitifitas yang tinggi dalam menyerap panas, dan juga terisolasi dengan sangat baik, sehingga dapat senantiasa lebih efektif dan efisien dalam menjalankan tugasnya.
  2. Tangki penyimpanan : Adalah tempat yang digunakan untuk menampung air yang sudah dipanaskan oleh kolektor penyerap panas.  Seperti halnya pada termos yang kita gunakan untuk menyimpan air panas, agar panas tidak mudah hilang maka komponen ini harus dilapisi dengan lapisan isolasi terbaik.

Mengenal Cara Kerja Pemanas Air Tenaga Matahari

pemanas air tenaga matahari

Secara singkat cara kerja pemanas air tenaga surya ini adalah menangkap panas matahari untuk dipakai memanaskan air dalam tabung vacum. Unit pemanasnya terdiri dari dua bagian, yaitu tabung penyimpan air panas, dan panel konektor. Jika tabung penyimpanan layaknya termos, maka panel adalah kompornya.

Air dingin yang masuk ke pemanas air tenaga matahari akan melewati lempengan. Ketika tiba di tabung, suhunya akan berkisar 60o C. Terdorong kembali oleh air dingin dari bawah, maka si air panas akan keluar melalu kran saluran air di bagian atasnya.

Pemanas air jenis ini akan efektif di tempat yang punya kemiringan sekian derajat menghadap matahari. Karena ada dukungan kemiringan atap, maka ada metode sirkulasi yang digunakan pada pemanas air ini, yang disebut Metode Thermosiphon. Air panas yang berada di bawah akan bergerak ke atas, karena massa jenis air panas jauh lebih kecil dari air dingin. Air dingin yang berada di masuk dari bawah bergiliran dipanaskan. Begitu seterusnya sehingga air akan jauh lebih cepat panas secara merata.

Tangki anti karat digunakan untuk menampung air pada pemanas air tenaga matahari. Tabung dengan standar terbaik sehingga aman dan bersih. Bagian luar tangki menggunakan stainless steel.

Manfaat Pemanas Air Tenaga Matahari

Setelah membahas cara kerja pemanas air tenaga surya, maka kita juga harus mengetahui manfaatnya. Pemanas air berbahan panas matahari ini sudah digunakan luas. Yang paling sederhana digunakan untuk fasilitas air panas di rumah. Misalnya untuk air mandi, air cuci pakaian dan air cuci piring yang akan lebih mudah apabila digunakan untuk menghilangkan noda berlemak.

Selain untuk memenuhi kebutuhan air panas di keluarga, sekarang keperluan air panas dapat terpenuhi juga dengan memasang pemanas air tenaga matahari di beberapa tempat. Misalnya di tempat usaha, seperti fitness centre, kolam renang, atau perkantoran.

Baca Juga : Cara Aman dan Benar Memasang Genset ke Instalasi PLN Rumah

Cara Memelihara Pemanas Air Matahari

kelemahan pemanas air tenaga surya

Namanya juga barang dipasang di luar rumah non-stop, terkena panas dan hujan, lalu harganya pun bukan murah, maka sudah selayaknya harus diperhatikan pemeliharaannya. Pada prinsipnya barang elektornik yang diperiksa secara berkala akan lebih awet. Biasanya agen tempat Anda membeli pemanas ini akan mengadakan pemeriksaan rutin sesuai dengan persetujuan Anda.

Satu sampai dua bulan sekali pastikan teknisi memeriksa apakah ada kerusakan fisik, dan debu pada unit pemanas air tenaga matahari. Periksa pula koneksi pipa kalau-kalau ada kebocoran. Ada yang namanya Air Vent, yaitu ventilasi sebagai tempat keluarnya uap panas jika suhu di dalam tangki berlebih.

Enam bulan sampai setahun sekali periksalah pompa air untuk memastikan air keluar lancar. Periksa juga instalasi pipa untuk menindak karat dan lainnya. Unit pemanas water heater pun harus dikuras supaya tak akan tersumbar oleh kotoran yang mengendap. Periksa-periksa tekanan dan aliran air di dalam tangki apakah masih berfungsi baik.

Pada prinsipnya pemanas air tenaga matahari akan berfungsi lama dan prima ketika pemakaian dan pemeliharaannya benar. Dengan demikian Anda pun bisa mendapat manfaat lebih dari cahaya matahari yang sangat melimpah ini, seperti hemat listrik, dan hemat tenaga menjauhkan masak air di kompor.

Kelebihan dan Kelemahan Pemanas Air Tenaga Surya

cara kerja pemanas air tenaga surya

Kesempurnaan hanya milik Tuhan, semua yang dibuat manusia tentu memiliki kelebihan dan kekurangannya. Lantas apakah kelebihan dan kelamahan pemanas air tenaga surya ini?

Kelebihan Pemanas Air Tenaga Surya

1. Hemat Energi Listrik

Seperti kita tahu, harga per kwh sering mengalami kenaikan sering berjalannya waktu. Jika setiap alat yang kita miliki menggunakan listrik maka tagihan bulanan tentu akan meningkat, terlebih ketika harus digunakan pada alat yang merubah energi listrik menjadi panas, energi yang dibutuhkan tentu akan sangat besar.

Di sinilah salah satu kelebihan pemanas air tenaga matahari yang zero listrik, sehingga setelah menggunakannya tidak akan berpengaruh terhadap tagihan listrik sedikit pun.

2. Memilliki Daya Tampung Banyak

Kelebihan pemanas air tenaga surya berikutnya adalah kapasitas tampungnya yang mayoritas banyak, yaitu mulai dari 100 liter sehingga awet ketika digunakan untuk keperluan mandi. Sangat disarankan agar Anda membeli pemanas yang daya tampungnya sesuai dengan jumlah anggota keluarga. Dengan hal ini maka setiap kali mandi, semua anggota keluarga bisa mandi dengan air hangat.

3. Ramah Lingkungan

Sebagai alat pemanas yang mengandalkan alam tentu pemanas air ini sangat ramah lingkungan. Dengan menggunakannya sangat kecil kemungkinannya jika alat ini akan mencemari lingkungan.

4 . Bergaransi Panjang

Rata-rata produk pemanas air tenaga surya dilindungi dengan klaim garansi yang lama, yaitu antara 5, 7, hingga 10 tahun atau lebih. Dengan hal ini para pengguna akan nyaman dan tenang dalam penggunaanya.

Kelemahan Pemanas Air Tenaga Surya

Berikutnya kita bahas kekurangan atau kelemahan pemanas air tenaga surya, yaitu sebagai berikut:

  1. Memiliki dimensi yang besar sehingga untuk pemasangannya membutuhkan tempat yang cukup luas.
  2. Penempatan harus sesuai yaitu pada lokasi yang dapat terkena sinar matahari secara penuh, sehingga kolektor bisa bekerja maksimal untuk memanaskan air.
  3. Pemasangan alat ini tidak bisa dilakukan sembarang orang, perlu keahlian khusus untuk melakukannya.

Baca Juga : 9 Kelebihan dan Kekurangan Mobil Listrik yang Harus Kamu Tahu, Minat Beli?

Penutup

Demikian pembahasn lengkap mengenai pemanas air tenaga matahari. Setelah membaca semua isi artikel ini, apakah masih ada hal yang ingin Anda ketahui atau tanyakan? Seperti cara kerja pemanas air tenaga surya, kelemahan pemanas air tenaga surya atau yang lainnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *