Pengertian blog hosted dan self hosted

Pengertian blog hosted dan self hosted bagi blogger pemula terkadang membuat bingung, dan membuat mereka bertanya-tanya akan istilah keduanya. Hal ini pun pernah penulis alami, bahkan baru memahaminya setelah memiliki kedua jenis blog tersebut.

Dalam pembuatannya, blog yang mayoritas digunakan ada dua jenis yakni WordPress dan Blogspot atau Blogger. Pengertian blog hosted. Kedua platform ini masing-masing memiliki pengguna yang sangat banyak, namun bagi yang masih pemula dalam dunia blogging, sangat disarankan menggunakan Blogger.com.

Selain milik Google, Blogger juga terbilang sangat mudah dalam penggunaannya. Lebih dari itu, untuk memodifikasi tampilannya pun sangat praktis, bahkan bisa anda gunakan sebagai media belajar script dan kode.

Baca : Cara Membuat Website Blogspot Profesional dengan Mudah

Untuk pengertian blog hosted dan self hosted, banyak yang mengira hanya dikhususkan untuk blog WordPress saja, pada hal dalam hal ini Blogspot juga dapat dikategorikan sebagai salah satu dari kedua jenis blog tersebut.

Lantas apakah sebenarnya pengertian blog hosted dan non hosted itu ?

Pengertian Blog Hosted dan Non Hosted

Pengertian blog hosted pada dasarnya adalah suatu blog yang menggunakan hosting pada platform blog itu sendiri, misalnya WordPress atau pun Blogspot. Sementara jika penggunanya melakukan custom domain dan hosting, maka berarti blog tersebut memisahkan diri dari Blogspot atau WordPress dan secara otomatis berarti blog tersebut telah berubah menjadi non hosted.

Macam-Macam Blog Hosted dan Self Hosted

Berhubung  kedua jenis blog tersebut mayoritas digunakan pada blog berplatform WordPress, maka artikel ini hanya akan menjelaskan keduanya. Adapun untuk pembahasan detail mengenai platform Blogspot, Insya Allah akan kita bahas di lain kesempatan.

Blog WordPress Hosted

Pengertian blog hosted WordPress yaitu layanan platform WordPress yang menyediakan layanan hosting langsung bagi para penggunannya. Layanan ini bersifat gratis, dan dalam hal ini pengguna berarti masih numpang dengan Wordpess. Untuk membuat blog jenis ini, anda bisa mendaftar di halaman www.wordpress.com. Setelah mendaftar, maka anda akan mendapatkan alamat blog sesuai dengan platform tersebut, contoh alamatnya adalah www.duniaelektronik.wordpress.com.

Blog WordPress Self Hosted

WordPress Self Hosted adalah layanan platform WordPress yang tidak memberikan pelayanan hosting dan domain. Agar dapat menggunakan layanan ini, maka setiap pengguna diharuskan memiliki domain dan hosting terlebih dahulu, baru kemudian bisa melakukan pemasangan pada situs WordPress.org ke dalam hostingnya sehingga domain yang dimilikinya bisa diakses. Inilah yang kemudian disebut sebagai blog self hosted karena memiliki hosting dan domainnya sendiri, sehingga tidak menumpang.

Referensi Kami : Cara Membuat Website WordPress Profesional yang Menguntungkan

Dalam penggunaannya blog self hosted memang lebih sulit jika dibandingkan dengan yang hosted. Namun selain lebih profesional, penggunaannya pun bebas sesuai keinginan pemiliknya (blogger).

Tak heran jika mayoritas blogger profesional dan internet marketing kemudian menggunakan blog jenis ini. Selain penggunaannya yang bebas, selaku pengguna anda juga bisa memiliki email sendiri untuk menudian mengelolanya, membuat toko online, untuk keperluan bisnis, menyimpan data base pengunjung blog, hingga dapat dilakukan secara otomatis.

Bagi anda yang ingin lebih praktis dalam membuat blog jenis self hosted, sebenarnya banyak penyedia jasa layanan ini. Salah satunya adalah Puskomedia Indonesia, anda bisa memesannya di sana dan akan langsung mendapatkan blog self hosted, dengan tampilan yang profesional. Untuk info lengkapnya, silahkan bisa klik di sini.

Demikian pengertian blog hosted dan self hosted yang dapat anda pahami, sebelum memutuskan untuk membuat sebuah blog atau website.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Cara Membuat Website Self Hosted dengan WordPress.org

Cara membuat website self hosted tentu sangat dibutuhkan, terutama bagi sobat yang ingin m…