pengertian wifi

Penjelasan Lengkap Mengenai Pengertian WiFi, Sejarah, Fungsi, Cara Kerja, dan Kelebihannya

Diposting pada

Pengertian WiFi mungkin bukanlah sesuatu yang asing, sebab alat ini sekarang memang banyak tersebar dimana-mana, mulai dari berbagai tempat fasilitas umum seperti stasiun, rumah sakit, kampus, dan lainnya. Selain itu banyak juga yang menggunakan wifi untuk kepentingan usaha ataupun penggunaan pribadi.

Meskipun pengguna wifi ini sangat banyak, namun penulis yakin tidak sedikit yang belum mengetahui pengertian wifi itu sendiri. Lantas apakah Wifi itu sama dengan hotspot seperti yang selama ini banyak yang menganggapny demikian ? Pada artikel kali ini, kita akan membahas lengkap mengenai berbagai hal tentang wifi, dimulai dari pengertian, fungsi, cara kerja hingga kelebihan dan kekurangannya.

Baca Juga : Cara Mengatasi Koneksi Gagal di Smart TV Menggunakan Sambungan PC

Pengertian Wireless Fidelity (WiFi)

Pada dasarnya Wifi yang sering kita dengar merupakan kependekan dari Wireless Fidelity. Secara umum pengertian Wifi sendiri yaitu suatu teknologi yang memiliki fungsi untuk dapat saling bertukar data secara nirkabel menggunakan gelombang radio, melalui pemanfaatan berbagai peralatan elektronik. Untuk dapat terhubung melalui jaringan komputer dan internet melalui wifi, maka pengguna memerlukan peralatan elektronik pendukung yang sudah terhubung, yaitu seperti laptop, smartphone, game console, hingga smart TV.

Untuk dapat terhubung melalui wifi, semua perlatan elektronik yang digunakan tersebut haruslah berada pada satu titik akses (hotspot) jaringan nirkabel . Di dalam ruangan, suatu titik akses jaringan wifi biasanya memiliki jangkauan mencapai 20 meter, sementara untuk wifi yang berada di luar ruangan tidak sedikit yang memiliki jangkauan lebih dari itu.

Untuk dapat terhubung dengan suatu perangkat elektronik, wifi sendiri pada umumnya memakai frekunsi gelombang radio dengan rentang 2,4GHz atau 5GHz. Dahulu internet ini merupakan kebutuhan tersier, namun seiring berkembangnya zaman sekarang sudah menjadi kebutuhan primer bagi banyak orang.  Tak heran jika kemudian banyak para pelaku usaha, yang menggunakan wifi sebagai fasilitas tambahan untuk menarik para konsumennya.

Pengertian  WiFi Menurut Para Ahli

Ada banyak pengertian wifi menurut para ahli, diantaranya adalah sebagai berikut :

Doni Kurniawan : Wifi adalah sebuah teknologi lama dengan penerapan yang sudah ditemukan pada netbook pentium 3. Dan selanjutnya, penerapan  dari teknologi ini perlu diterapkan atau dihubungkan dengan netbook berpentium 4, dan berbagai generasi setelahnya. Dengan kata lain, jaringan wireless merupakan jaringan teknologi terbaru yang harus ada dalam netbook selanjutnya, dengan tujuan agar teknologi tersebut dapat lebih berkembang dan maju.

Jubile Interprise : Wireless adalah  varian terbaru dari teknologi informasi dan komunikasi yang  kemudian bekerja pada sebuah jaringan dan perangkat Wireless Local Network (WLAN).

Onno W. Purbo : Wirelles adalah standar yang sering dimanfaatkan untuk alat bantu komunikasi jaringan tanpa menggunakan sebuah kabel. Yang mana mendasari dari spesifikasi IEEE. Biasanya, jaringan tanpa kabel tersebut disharing atau digunakan  secara bersama-sama dalam suatu ruangan ataupun komunitas tertentu.

Priyambodo : Wireless adalah standar dari jaringan tanpa kabel atau yang dikenal dengan nama Wireless Networking, yang memiliki fungsi untuk menyempurnakan berbagai komponen pada jaringan internet, sehingga dapat lebih mudah terhubung atau terkoneksikan dengan internet

Yuhezir : Wireless adalah  sebuah perangkat singkatan dari Wireles Fidelity, yaitu  sebuah perangkat standar untuk berkomunikasi secara lokal tanpa harus menggunakan kabel sebagai penghubungnya.

Sejarah WiFi

Setelah mengetahui pengertian wifi menurut para ahli, ada baiknya kita juga memahami bagaimana sejarah wifi itu sendiri, dimana secara singkat bisa dijabarkan ke dalam beberapa poin berikut ini :

a. Tahun 1997 dibentuk sebuah jaringan wireles oleh IEEE (Institute of Electrical and Electronics Engineers) dengan nama 802.11.

b. Tahun 1999 muncul Wireles B yang memiliki kecepatan transfer data 11 Mbps. Namun versi ini masih meiliki kelemahan, dimana frekuensinya yang berada pada angka 2,4 GHz banyak juga digunakan oleh frekuensi peralatan rumah tangga, seperti microwave. Hal ini akhirnya membuat sinyal wireles menjadi mudah terganggu.

c. Tahun 2003 Muncul Wireless G yang memiliki kecepatan transfer data hingga 54 Mbps. Namun demikian wireles jenis ini juga masih menggunakan frekuensi 2,4 GHz sehingga sinyalnya masih rentan mengalami gangguan.

d. Tahun 2009  munculah Wireless N, yang sudah mendukung kecapatn data 300 Mbps (dua antena) atau 450 Mps (tiga antena). Dibandingkan sinyal Wireless G, jangkauan Wireless N ini lebih luas.

e. Tahun 2014 atau tepatnya 5 tahun setelahnya munculah Wireles AC. Wireless in memiliki kecepatan mulai dari 500 mb/s hingga 1GB/s, dan sudah beroprasi pada frekuensi 5GHz.

Berbagai Macam Fungsi Wifi

Fungsi wifi

Setelah membaca berbagai penjelasan di atas, kita tentu sudah ďapat memahami bahwa wifi memiliki fungsi untuk menghubungkan perangkat dalam jaringan lokal atau jaringan internet. Namun apakah hanya itu fungsi dari Wifi? Ternyata masih ada beberapa fungsi Wifi yang lainnya, yang bisa saja tidak Anda sadari, diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Sebagai Penghubung Perangkat ke Dalam Jaringan

Tidak seperti jaringan kabel LAN yang dalak penggunannya sangat terbatas, dengan menggunakan jaringan Wifi kita bisa menautkan jaringan tersebut ke banyak perangkat tanpa harus menggunakan kabel. Dengan hal ini, maka Wifi sangat mudah untuk digunakan oleh banyak pengguna sekaligus untuk dapat terhubung dalam satu jaringan.

2. Dapat Digunakan untuk Berbagi Data

Selain jaringannya dapat digunakan beramai-ramai, Wifi juga memudahkan kita untuk berbagi data dengan berbagai perangkat lain, sehingga kita tidak lagi memerlukan kabel data. Contohnya saja ketika Anda ingin memindahkan data dari PC ke laptop, maka bisa menggunakan jaringan Wifi yang ada sehingga lebih praktis dan efektif.

3. Dapat Digunakan sebagai Modem Smartphone

Dengan adanya fasilitas Wifi, maka pengguna smartphone tidak perlu lagi membeli paket data untuk mengakses internet. Namun bukan iti saja, jika smartphone yang Anda gunakan sudah mendukung perangkat wireless, maka perangkat tersebut juga dapat digunakan untuk perangkat lainnya seperti laptop, PC dan lainnya.

Memang dengan adanya Wifi, sebuah smartphone dapat terhubung dengan internet sehingga pengguna tak perlu lagi menggunakan paket data berbayarnya. Namun tak hanya itu, jika smartphone Anda mendukung perangkat wireless, maka Anda bisa menjadikan smartphone tersebut sebagai modem.

Contohnya saja ketika jaringan Wifi sedang mengalami gangguan, atau Anda sedang berada di suatu tempat yang tidak memiliki fasilitas Wifi. Dalam keadaan ini, maka Anda bisa menggunakan smartphone sebagai modem dengan memfungsikannya sebagai sinyal Wifi, sehingga bisa digunakan sebagai modem laptop dan lainnya.

4. Kecepatan Internet Lebih Pesat

Saat kita menggunakan jaringan seluler, selain perlu membeperhatikan jumlah kuota yang tersisa, biasanya akses internetnya ada kalanya cepat, tapi ada kalanya juga lambat. Namun hal ini tidak dengan Wifi, sebab biasanya kecepatan aksesnya lebih terjamin. Salah satu buktinya Anda bisa mengundung dokumen dengan lebih cepat, streaming video tanpa putus-putus, hingga akses yang tanpa harus membutuhkan loading lama.

Cara Kerja Wifi

Anda juga mungkin penasaran akan bagaimana cara kerja Wifi itu sendiri bukan? Pada dasarnya jaringan ini bekerja dengan memanfaatkan gelombang radio. Berbagai data yang dikirim atau yang diminta pengguna melesat di udara menggunakan gelombang tersebut. Untuk dapat menterjemahkan dokumen atau data yang dikirim melalui gelombang radio tersebut, suatu perangkat komputer harus sudah dilengkapi dengan adaptor wireles, sehingga kemudian dapat terhubung dengan jaringan Wifi.

Setelah itu, gelombang radio yang berupa sinyal tersebut selanjutnya dikirim menuju router yang memiliki fungsi sebagai penerjemah kode (decorder). Selanjutnya dengan memanfaatkan koneksi ethernet, setelah diterjemahkan barulah kemudian data tersebut dikirim ke jaringan internet.

Wifi sendiri merupakan jaringan yang bekerja dengan dua arah. Dimana setiap data yang telah diterimanya melalui internet, dalam waktu yang sama juga akan melawati router untuk kemudian djjadikan olehnya kode di setiap paket data. Setelah itu dikirimkan kembali dengan bentuk sinyal radio oleh adaptor komputer nirkabel.

Kelebihan dan Kekurangan WiFi

Kelebihan wifi

Segala hal yang dibuat oleh manusia tentu tidak ada yang sempurna, semua memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, tak terkecuali dengan jaringan Wifi ini. Adapun kelebihan dan kekurangan Wifi diantaranya adalah sebagai berikut :

Kelebihan WiFi

1. Mudah dan Praktis dalam Hal Instalasi

Dalam hal proses instalasinya, Wifi ini dapat dikatakan mudah dan praktis. Sebab Anda hanya harus memasang hardware seperti Mi-Fi (Mobile WiFi) atau pun Acces Point. Dengan begitu, maka Anda tidak harus membeli berbagai alat dan bahan seperti pada instalasi jaringan yang menggunakan kabel.

Jaringan kabel biasanya memerlukan banyak kabel UTP, yang nantinya akan digunakan sebagai media transefernya. Selain banyak kabel-kabel tersebut cukup panjang, sehingga akan membuat Anda kesulitan untuk menata dan merapikannya.

2. Tidak Ada Batasan Tempat Sehingga dapat Digunakan Dimana Saja

Jika menggunakan jaringan kabel, maka Anda hanya terpaku pada satu tempat saja. Berbeda dengan WiFi, dalam menggunakannya Anda bisa sedikit lebih bebas. Bahkan Anda juga bisa menggunakannya di berbagai tempat umum yang telah dilengkapi jaringan ini, seperti di cafe, hotel, kampus, bahkan hingga bengkel.

3. Jangkauannya Lebih Luas

Sekalipun jangkauannya luas, namun jaringan WiFi tetap memiliki batasan. Hanya saja, selama tempat yang Anda pijak masih tersambung dengan jaringan hotspotnya maka selama itu tidaklah ada masalah.

4. Suport dengan Berbagai jenis Perangkat

Penggunaan Wifi sangatlah luas, jaringan ini bisa digunakan oleh semua jenis perangakat, dengan catatan perangkat tersebut sudah dilengkapi dengan wireles network adapter. Berbagai perangkat tersebut diantaranya adalah PC, laptop, tablet, smartphone, game console, hingga smart TV.

5. Sangat Mudah untuk Dikoneksikan

Bisa dibayangkan betapa repotnya saat Anda menggunakan jaringan kabel. Selain harus mencolokan konektor ke port perangkat, Anda juga diharuskan untuk memasukan setting secara manual. Beda halnya ketika Anda menggunakan jaringan Wifi, cukup hanya dengan satu kali klik pun Anda sudah bisa menikmati jaringan internet.

Kekurangan WiFi

1. Keamanannya Kurang

Jaringan WiFi memang bersifat public sehingga dapat dimasuki siapa saja, tentu ini akan sangat berbahaya jika ada pengguna dengan tujuan negatif. Sekali pun memang Wifi telah diamankan dengan password yang diatur penggunanya, namun di zaman canggih ini bukan hal aneh jika ada yang bisa membobol pasword tersebut. Lain halnya dengan koneksi kabel, jaringannya tentu sangat terlindungi dengan adanya koneksi kabel tersebut.

2. Kurang Cocok Digunakan untuk Mentrasfer Data Besar

Dalam hal transfer data berukuran besar, Wifi tidaklah cocok untuk digunakan. Ini bertolak belakang dengan jaringan kabel, dimana ia sangat suport terhadap transfer data besar, serta memiliki kecepatan transfer yang cepat pula.

3. Kekuatan Sinyal Sangat Ditentukan Cuaca

Kualitas jaringan WiFi sangat ditentukan dengan kondisi cuaca di sekitarnga. Hal ini karena jaringan ini, memanfaatkan udara yang digunakan sebagai penghantarnya. Sehingga jika cuaca sedang buruk, maka hal tersebut dapat mengganggu prosws transmoso data pada jaringan WiFi yang ada, seperti sinyal tidak stabil, proses loading lama, hingga sinyal Wifi memiliki tanda seru alias kehilangan jaringan.

Demikian pengertian Wifi dan pembahasan penting lainnya mengenai jaringan nirkabel ini. Semoga selain bisa menambah wawasan, informasi ini juga bermanfaat untuk kita semua.

Gambar Gravatar
Founder Membangun Inspirasi, Editor duniaelektronik.net, Kontributor klikmania.net, Teacher, Entrepreneurship, University student life. Berusaha menebarkan ilmu, inspirasi, dan kemanfaatan melalui tulisan. Jika bermanfaat silahkan share.