Penyebab air cooler tidak dingin
Penyebab air cooler tidak dingin

Air Cooler Tidak Dingin ? Ini Sebab dan Cara Mengatasinya

Diposting pada

Penyebab air cooler tidak dingin merupakan informasi penting. Khususnya bagi anda yang sedang mengalaminya, atau pun dalam rangka untuk langkah preventif.

Air cooler sebagai salah satu alat elektronik alternatif untuk menggantikan fungsi AC, terutama dalam mendinginkan ruangan. Selain harganya yang lebih terjangkau, alat ini juga membutuhkan daya konsumsi listrik lebih rendah. Dengan hal ini, tak heran jika kemudian banyak masyarakat yang sangat tertarik menggunakannya untuk menyejukan ruangan.

Tak sedikit para pengguna yang mencari tahu tentang penyebab air cooler tidak dingin, terutama bagi yang merasa air coolernya tidak lagi dingin dan berasa seperti kipas angin biasa.

Referensi Kami: Mau Beli Kipas Angin? Ini 10 Daftar Merk Kipas Angin Terbaik

Tujuan mereka tentu sama, yaitu menemukan solusi untuk memperbaikinya. Memang jika kita sudah mengetahui penyebab air cooler tidak dingin tersebut, maka bukanlah hal yang sulit untuk mengatasinya.

3 Penyebab Utama Air Cooler Tidak Dingin

Sebelum membahas penyebab air cooler tidak dingin, sebaiknya pastikan sobat memiliki air cooler berkualitas. Hal ini dikarenakan suatu produk berkuitas, sangat erat kaitannya dengan kemampuan kinerja yang dihasilkannya.

Baca : 11 Merk Air Cooler Terabik yang Cepat dalam Mengusir Udara panas

Adapaun yang menjadi penyebab air cooler tidak dingin, biasanya dikarenakan 3 hal. Berikut ulasan lengkapnya.

Penempatan Lokasi yang Salah

Penyebab air cooler tidak dingin

Lokasi yang tepat adalah salah satu hal penting, guna membuat kinerja air cooler menjadi lebih mudah dan maksimal. Tepat sekali jika sebuah pepatah mengatakan, bahwa posisi itu menentukan prestasi.

Agar kualitas udara dingin yang dihasilkan air cooler senantiasa maksimal, sebaiknya taruhlah air cooler dekat dengan jendela. Dimana pintu dan jendela tersebut dalam keadaan terbuka, serta memiliki ventilasi udara yang baik.

Dengan hal ini, maka udara akan mengalir dengan leluasa, sehingga lebih cepat mengusir udara panas dan menggantinya dengan udara sejuk. Selain itu, dengan adanya ventilasi ini, maka kebersihan udara dalam ruangan pun akan senantiasa terjaga.

Isi Tangki Air Sedikit Atau Bahkan Habis

Penyebab air cooler tidak dingin

Penyebab air cooler tidak dingin yang sering terjadi berikutnya, adalah karena isi tangki air sedikit. Oleh karenanya, setiap hendak menggunakan air cooler sebaiknya pastikan terlebih dahulu, bahwa isi tangkinya masih banyak.

Hal ini sangat penting, sebab selain dapat menyebabkan udara tidak dingin, juga dapat menyebabkan kerusakan pada air cooler itu sendiri.

Oleh karenanya, jika sobat tidak ingin dibuat repot sebaiknya pilihlah produk yang memiliki tangki berkapasitas besar. Dengan hal ini maka akan memiliki stok, sehingga sobat tidak harus selalu mengisinya saat hendak digunakan.

Selain itu, disarankan sobat memilih produk yang telah dilengkapi dengan fitur kantong es, sehingga udara dingin yang dihasilkan akan semakin berkualitas. Untuk memastikan hembusan angin selalu dapat menyebar dengan merata, pastikan pula bahwa air cooler tersebut telah dilengkapi fitur auto swing dan honeycomb.

Filter Air Cooler Kotor

Penyebab air cooler tidak dingin

Filter adalah suatu komponen yang ada di dalam air cooler, yang memiliki fungsi untuk menyaring udara sehingga udara yang dihasilkan akan senantiasa bersih. Seringnya digunakan membuat air cooler rentan kotor atau tertutup debu, inilah kemudian yang menjadi salah satu penyebab air cooler tidak dingin.

Untuk mengatasi hal ini, sebaiknya segera bersihkan filter yang kotor tersebut menggunakan vacuum cleaner, sehingga kotoran yang menempel pada filter akan tersedot. Jika setelah menggunakan vaccum cleaner masih ada kotoran yang membandel, silahkan lepaskan filter dari dudukannya. Setelah itu rendam filter tersebut menggunakan campuran air dan detergen, selama 10 menit.

Berhati-hatilah dalam merendam, menggosok ataupun menyemprot filter, sehingga akan senantiasa terhindar dari kerusakan. Setelah dirasa cukup, silahkan bilas menggunakan air sampai bersih, kemudian keringkan secara alami didekat pintu atau jendela.

Cara Memeriksa dan Memperbaiki

Terkadang sesuatu yang kecilpun dapat menyebabkan suatu gangguan. Untuk mengecek dan memperbaikinya, silahkan sobat bisa melakukan beberapa langkah di bawah ini.

  • Periksa apakah air cooler sudah menyala, dan kabel daya sudah terpasang dengan baik.
  • Periksa apakah air dalam tangki masih memadai.
  • Periksa apakah masih ada es di dalam tangkinya.
  • Periksa menu setting, pastikan mode cool dalam posisi on.
  • Periksa apakah filter udara masih dalam keadaan bersih, jika kotor segeralah melakukan langkah pembersihan.
  • Periksa apakah saringan air kotor atau tersumbat, jika kotor silahkan sobat bisa membersihkannya sendiri seperti langkah di atas.
  • Periksa apakah water pump yang merupakan alat pompa air berfungsi dengan baik. Jika dirasa tidak bekerja dengan normal, sebaiknya bawalah air cooler sobat ke service center terdekat.
  • Pastikan jika temperatur tidak dalam keadaan sangat tinggi, sebab air cooler tidak mampu mengalahkan iklim yang sangat panas

Demikian penyebab air cooler tidak dingin dan cara mengatasinya, semoga bermanfaat. Jika ada sesuatu yang masih bingung, mari bersama-sama bisa kita bahas di kolom komentar.

Gambar Gravatar
Founder Membangun Inspirasi, Editor duniaelektronik.net, Kontributor klikmania.net, Teacher, Entrepreneurship, University student life. Berusaha menebarkan ilmu, inspirasi, dan kemanfaatan melalui tulisan. Jika bermanfaat silahkan share.