5 Penyebab dan Solusi Bunga Es pada Kulkas, Penting untuk Diketahui!

  • Whatsapp
Penyebab dan solusi bunga es

Penyebab dan solusi bunga es pada kulkas harus benar-benar dipahami. Selain mengganggu, juga dapat mengurangi kapasitas dan performanya.

Lantas pernahkah anda menemukan kulkas dirumah dipenuhi dengan bunga es ? Apa yang sebenarnya terjadi dengan keberadaan bunga es ?

Rupanya, bunga es ini adalah salah satu masalah yang kerap terjadi pada kulkas. Masalah sebenarnya akan muncul jika bunga es tersebut terus menerus menebal.

Nah, untuk anda yang masih bertanya-tanya, apakah bunga es di kulkas merupakan pertanda kulkas akan rusak, maka anda bisa simak artikel kali ini ya.

Apapun jenis kulkas anda di rumah, ada hal penting yang harus diperhatikan lebih, yaitu pada bagian freezer atau pembeku pada kulkas. Karena jika anda merawat kulkas dan freezer di dalamnya dengan tepat, maka kulkas tidak akan mudah rusak.

Penyebab dan Solusi Bunga Es

Jika perawatan sudah dirasa tepat namun masih terbentuk bunga es pada freezer, anda perlu mengetahui apa saja penyebab munculnya bunga es tersebut. Serta bagaimana solusinya. Berikut ini uraiannya.

 1. Kerusakan pada Timer

Timer pada kulkas memiliki fungsi otomatis , yang dapat mencegah proses pembentukan bunga es yang terlalu cepat. Namun, apa jadinya jika timer rusak ?

Ya, tentu saja tidak berfungsi dengan normal, sehingga bunga es akan terbentuk lebih cepat. Saat timer kulkas mengalami kerusakan, fungsi kompresor dan defrost heater, akan berjalan tidak seimbang sehingga akan terbentuk bunga es.

2. Fan Blower Rusak

Apa sebenarnya fungsi dari fan blower pada kulkas ? Yaitu bekerja untuk menghisap udara dengan suhu rendah, pada bagian evapora. Yang kemudian udara akan dihembuskan ke dalam freezer.

Sementara jika fan blower ini rusak. Maka yang terjadi adalah temperatur udara pada evaporator menjadi semakin rendah. Sehingga tebentuklah bunga es.

3. Defrost Heater mengalami Kerusakan

Defrost heater adalah bagian penting pada kulkas. Berfungsi untuk menjaga proses pencairan bunga es pada bagian evaporator.

Namun apa yang terjadi jika defrost heater mengalami kerusakan ? Nah, saat bagian penting ini tidak bekerja, maka bunga es akan akan terus menumpuk. Menyebabkan sirkulasi udara pada kulkas terganggu.

4. Defrost Thermostat Terputus

Ketika bagian defrost thermostat terputus, maka heater tidak akan bekerja secara normal. Dengan hal ini, maka proses pembentukan bunga es menjadi sangat cepat.

Sementara itu, pada bagian defrost thermostat juga dapat medeteksi penumpukan bunga es. Jadi, bisa dibayangkan bukan, bunga es akan mudah terbentuk jika bagian ini mengalami kerusakan ?

5. Pintu Kulkas Tidak Menutup Rapat

Proses pertemuan udara panas dan dingin pada kulkas, dapat menyebabkan titik air dari kulkas membeku, sehingga muncullah bunga es. Inilah yang terjadi jika pintu kulkas tidak menutup dengan rapat.

Oleh karena itu, saat karet pada pintu kulkas mengalami kerusakan, dan membuat pintu menjadi tidak rapat, terbentuklah bunga es tersebut.

Nah, itulah dia beberapa penyebab bunga es pada kulkas yang paling sering terjadi. Jadi, jika anda tidak menginginkan hal ini terjadi, maka rawatlah kulkas anda dengan sebaik mungkin, dan menjaga kebersihannya.

Tips Mencegah Bunga Es pada Kulkas

jenis-kulkas

Selain itu, anda juga bisa mengikuti tips berikut ini, untuk solusi mencegah bunga es terjadi pada kulkas.

Mengurangi frekuensi membuka dan menutup pintu kulkas sesering mungkin

Menghindari memasukkan bahan makanan atau minuman, yang masih dalam kondisi hangat atau panas

Namun jika terpaksa, memasukkan makanan hangat atau panas. Sebaiknya bungkus makanan tersebut menggunakan plastik, supaya uap tidak langsung mengenai permukaan kulkas

Demikianlah ulasan singkat tentang penyebab dan solusi bunga es, yang terjadi pada kulkas. Semoga uraian kali ini memberikan sedikit banyak informasi, dan bermanfaat bagi anda ya!

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *