5 Penyebab Kulkas Cepat Rusak Penting untuk Diketahui Pengguna

  • Whatsapp
Penyebab kulka cepat rusak

Penyebab kulkas cepat rusak sangat penting diketahui banyak orang. Jika tidak, maka akan sulit untuk melakukan upaya pencegah maupun perbaikan.

Seperti kita tahu kulkas adalah perabot rumah tangga yang paling ideal, untuk menyimpan berbagai bahan makanan. Tentu saja agar tahan lama dan tidak cepat busuk.

Namun, pernahkah anda membayangkan bagaimana jadinya jika kulkas di rumah mendadak rusak ?

Kulkas anda tiba-tiba mendadak tidak dingin dan sering mati. Wah, bukankah ini menjadi masalah baru di rumah ?

Lantas, bagaimana caranya supaya kulkas tidak mudah rusak ?

Ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan, salah satu diantaranya adalah melakukan perawatan rutin pada kulkas, supaya tidak mendadak rusak.

Jika rusak, tidak terbayang bukan seperti apa jadinya makanan anda nantinya ?

Selain melakukan perawatan rutin pada kulkas, ada baiknya anda perlu ketahui beberapa kebiasaan salah yang dapat menyebabkan kulkas menjadi cepat rusak. Sebab, jika kebiasaan salah tersebut dibiarkan, tentu dapat memengaruhi kualitas bahan makanan yang ada di dalamnya.

5 Penyebab Kulkas Cepat Rusak

Yuk langsung saja ketahui penyebab kulkas cepat rusak di bawah ini!

1. Menyimpan Makanan atau Minuman yang Panas

Coba diingat kembali, apakah anda pernah memasukkan makanan yang masih panas ke dalam kulkas ? Jika ini pernah terjadi, maka sebaiknya dihindari.

Pasalnya, kebiasaan satu ini dapat membuat kulkas bekerja lebih keras karena harus menurunkan suhu makanan dengan cepat. Sehingga, dapat membuat kompresor kulkas menjadi cepat rusak, dan kulkas anda mendadak tidak dingin lagi.

Jadi, untuk meminimalisir kerusakan kulkas, pastikan anda tidak menyimpan makanan yang masih panas ke dalam kulkas ya!

2. Kulkas Jarang Dibersihkan

Penyebab kulka cepat rusak

Membersihkan kulkas adalah salah satu kegiatan, yang memang seringkali membuat orang malas melakukannya.

Namun jika anda malas membersihkannya, kulkas anda lambat laun bisa menajdi rusak. Sebab, jika kulkas bersih, tentu kinerja mesinnya akan semakin mudah.

Jadi, yuk mulai sekarang rutinkan melakukan perawatan kulkas ya. Pastikan Anda mengetahui cara membersihkan kulkas dengan baik dan benar, seperti pada postingan kami sebelumnya.

3. Pintu Kulkas Tidak Ditutup Rapat

Sering mendapati kulkas anda tidak ditutup dengan rapat ? Segera hindari hal ini ya.

Karena jika ada celah sedikit pada pintu, maka udara dingin akan keluar dari ruangan.  Hal ini mengakibatkan mesin harus mengeluarkan tenaga ekstra, untuk mempertahankan suhu dingin di dalam kulkas.

Oleh karean itu, untuk menjadikan kulkas anda awet, pastikan tutup pintu hingga karetnya benar-benar menempel pada kulkas.

4. Setting Suhu Tidak Tepat

Setting suhu yang tidak tepat, rupanya bisa menjadi salah satu penyebab kulkas menjadi cepat rusak.

Sebaiknya, suhu udara harus disetel 1 derajat Celcius lebih rendah daripada suhu yang diinginkan.

Dengan begitu, pengaturan suhu yang tepat akan membantu mempertahankan kualitas bahan makanan, serta memperpanjang umur kulkas.

5. Menyimpan Makanan dalam Kantong Plastik

Apakah anda mempunyai kebiasaan membungkus makanan di dalam plastik kresek langsung ke dalam kulkas ?

Hal ini rupanya bisa menjadi penyebab sayuran, atau buah di dalamnya cepat membusuk.

Selain itu, juga akan membuat kulkas anda menjadi kerja lebih keras menembus plastik , untuk mendinginkan makanan di dalamnya.

Jika hal ini terjadi terus menerus, maka kinerja kulkas tentu akan semakin berkurang. Oleh karena itu, kebiasaan tidak baik yang satu ini harus segera dihindari ya.

Demikianlah beberapa penyebab kulkas menjadi cepat rusak. Nah, setelah menyimak uraian diatas, kebiasaan salah manakah yang ternyata sering anda lakukan ?

Jika dirasa ada salah satu dari ulasan diatas, maka sebaiknya perlu anda perhatikan lagi. Yuk mulai sekarang gunakan kulkas dengan tepat untuk menjaga keawetannya.

Jika kulkas tidak rusak, tentu akan menghemat biaya untuk memperbaikinya bukan ? Semoga pembahasan penyebab kulkas cepat rusak ini bermanfaat.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *