8 Penyebab Suara Speaker Pecah pada Produk Elektronik dan Cara Memperbaikinya!

  • Whatsapp
penyebab suara speaker pecah

Penyebab suara speaker pecah, tentunya sangat ingin diketahui siapa saja yang sedang mengalaminya. Hal tersebut karena dapat mengurangi kualitas, dan kenyamanan saat didengarkan.

Namun demikian, sebaiknya jangan langsung memvonis speaker tersebut menyalami kerusakan. Ada kalanya, suara sember atau kresek tersebut bukan dari speaker tersebut.

8 Penyebab Suara Speaker Pecah

cara mengatasi suara speaker pecah

Ada beberapa hal yang bisa terjadi, ketika pengeras suara atau speaker ini suaranya pecah. Ada pun berbagai penyebab tersebut, adalah sebagai berikut:

1. Driver Speaker

Rusaknya driver speaker adalah salah satu penyebab suara speaker pecah.

Ada beberapa hal yang bisa menyebabkan ini. Misalnya saja karena voice coil atau spul bergesekan dengan magnet, posisi spul miring, hingga daun speaker (spon) sobek.

Cara mengatasinya jika spon sobek maka harus diganti yang baru. Begitu juga jika spul miring atau terjadi gesekan. Selain memperbaiki posisinya, kamu juga bisa menggantinya dengan yang baru.

2. Power Supply

Penyebab suara speaker kresek atau pecah, sering terjadi karena power supply mengalami kerusakan.

Kerusakan tersebut bisa terjadi pada elco, diode, hingga kabelnya.

Cara mudah memastikannya adalah dengan uci coba dengan unit lain, untuk menguji amplifiernya. Jika tidak ada cadangannya, maka bisa membeli yang baru. Terutama pada bagian elconya.

3. Daya Trafo

Penyebab suara speaker pecah, juga bisa disebabkan daya trafo yang terlalu kecil.

Hal tersebut menyebabkan hilangnya kemampuan trafo, dalam menggerakan membran speaker. Akibatnya terjadilah distrosi. Daun speaker sudah berbalik arah, sebelum mencapai titik optimal.

4. Penyebab Suara Speaker Pecah – Amplifier

Suara speaker pecah juga bisa menjadi tanda adanya kerusakan pada amplifier.

Arus DC yang bocor ke dalam speaker, juga bisa menyebabkan speaker berdengung, hingga mengeluarkan suara aneh. Untuk memastikan masalah ini, sebaiknya periksa kembali kerusakan transistor final.

5. Storing

Grouding yang dipasang dengan kurang baik, juga bisa menyebabkan suara dengung. Untuk menghilangkan noise ini, bisa dilakukan dengan pembuatan filter.

6. Kerusakan Potensio

Potensio yang mengalami kerusakan, selain bisa menyebabkan suara kresek, juga bisa membuat bunyi speaker terasa sember.

Kamu bisa memeriksa bagian ini, dengan cara memutarnya saat dalam keadaan hidup, sehingga benar-benar bisa memeriksa suara speaker.

7. Kerusakan Speaker

Suara speaker pecah, juga bisa terjadi kerena kerusakan speaker itu sendiri.

Banyak hal yang bisa menyebabkan speaker rusak. Misalnya saja karena tendangan bass selama digybakan. Bagian conus speaker yang sobek, lem yang menghubungkan daun speker dan spool speaker lepas, hingga karena kabel  penghubung yang menempel pada bagian daun.

Penyebab speaker rusak, juga bisa karena posisi spool mengalami pergeseran. Pergeseran tersebut membuat posisinya tidak center lagi. Untuk mengatasinya, kamu bisa mengatur ulang posisi spool sampai tepat di tengah.

Promo Spesial

Aman dan mudah belanja elektronik secara online di:

Shopee

Bukalapak

Lazada

Tokopedia

Bhineka

Blibli

Cara Memeriksa Kondisi Speaker

penyebab suara speaker pecah

khusus poin nomor 7, kamu bisa memastikannya dengan memeriksanya. Berikut hal-hal yang bisa dilakukan:

Silahkan matikan amplifier. Setelah itu tekan’tekan secara berulang, pada  bagian tengahnya. Sehingga bisa memastikan apakah spool beradu dengan magnet, atau tidak.

Perhatikan dengan seksama suaranya. Jika ada suara gesekan, segera perbaiki sebelum gerakan spool benar-benar terhambat.

Perhatikan juga posisi dudukan spool magenet, serta lem pada daun speaker. Pastikan semuanya menempel dengan baik. Dengan hal tersebut, maka tendangan maksimal dari posisi spool, tidak akan tertarik pada salah satu arah.

8. Daun Speaker Sobek

Daun speaker yang sobek, juga bisa menyebabkan suara speaker pecah. Selain membeli di toko elektronik terbaik, kamu juga bisa membelinya secara online.

Agar bisa mendapatkan produk terbaik dengan harga bersahabat. Jangan lupa membelinya di salah satu, dari 12 toko online terbaik di Indonesia ini.

Demikianlah informasi mengenai penyebab suara speaker pecah dan cara mengatasinya. Semoga bermanfaat. Jangan lupa share ya!

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *