11 Perbedaan Microwave dan Oven yang Harus Kamu Tahu

Diposting pada

Tulisan ini akan membahas secara lengkap tentang perbedaan microwave dan oven. Setidaknya ada 11 perbedaan yang harus Anda ketahui, baik sebelum membeli, atau pun berbagai rambu-rambu dalam cara penggunaannya.

Mungkin saja ada beberapa orang yang masih belum memahami apa saja perbedaan microwave dan oven. Sebab keduanya sekilas terlihat cukup mirip. Meski begitu, sebenarnya kedua alat rumah tangga yang satu ini memiliki begitu banyak perbedaan.

Nah, daripada salah memahaminya, ada baiknya jika kamu tahu dulu apa saja perbedaan antara microwave dan juga oven. Yuk check this out!

11 Perbedaan Oven dan Microwave

1. Dari Segi Pengertiannya

Berusaha memberikan pemahaman yang lebih tentang perbedaan oven dan microwave, pada pembahasan kali ini duniaelektonik.net akan membahasnya dengan lengkap. Jika membahas perbedaan rasanya kurang sempurna jika kita tidak membahas pengertian dari kedua poduk ini.

Dilansir dari Wikipedia, pengertian oven sendiri adalah suatu peralatan yang berupa ruang termal terisolasi yang umumnya digunakan untuk memasak, seperti memanaskan, memanggang (baking), hingga mengeringkan suatu bahan makanan.

Sementara Microwave pada dasarnya berasal bahasa Inggris yakni microwave oven, dimana jika diterjemahkan dalam bahasa Indonesia artinya berarti oven mikrogelombang.  Dalam hal ini pengertian microwave yaitu suatu peralatan dapur yang dalam proses kerjanya, yakni memasak dan memanaskan makanan menggunakan gelombang mikro.

2. Dari Jenis dan Ragam Keduanya

oven gas
gb. Oven Gas

Perbedaan microwave dan oven ini yang pertama terletak pada jenis dan juga ragamnya. Karena teknologi berkembang sedemikian cepat, jenis kedua alat tersebut juga mengalami pengembangan dari segi fitur serta fungsinya. Di pasaran terdapat 5 jenis oven yang kerap digunakan oleh masyarakat luas. Jenis tersebut adalah oven kompor (oven manual dan diletakkan di atas kompor), oven gas menggunakan LPG, oven listrik, oven konvensional dan juga oven konveksional (oven yang terdapat kipas di dalamnya agar bisa meratakan panas).

Baca Juga : 15 Merk Oven Terbaik dengan Harga Bersahabat, Cek di Sini!

Sementara itu, semua microwave sumbernya adalah dari listrik dan tanpa menggunakan kompor sama sekali. Umumnya microwave sendiri fungsinya adalah untuk memanaskan makanan dan bukan memasak makanan. Ada juga grill microwave yang fungsinya adalah untuk memanggang. Kemudian yang terakhir ada juga convection microwave yang fungsinya dapat meratakan suhu.

3. Dilihat dari Konsumsi Daya Listrik

Untuk membuat matang suatu bahan makanan, oven memerlukan energi listrik yang lebih besar dibanding microwave. Hal ini karena alat ini memerlukan waktu hingga panas dapat menyebar ke seluruh bagian sudutnya. Jadi meski daya yang dibutuhkan lebih kecil dari microwave, namun karena memerlukan waktu lebih lama agar panas menyebar, maka daya listrik yang digunakan pun menjadi lebih besar

Waktu yang diperlukan untuk proses pematangan microwave memang lebih cepat, namun dalam hal menghasilkan gelombang mikro alat ini juga memerlukan konsumsi listrik yang cukup tinggi. Jadi jika ditanya mana yang lebih hemat listrik antara oven dan microwave, jawabannya tentu tergantung dari intensitas pemakaian masing-masing alat tersebut.

4. Perbandingan Harga Keduanya

Perbedaan Microwave dan Oven

Membahas perbedaan oven dan microwave rasanya kurang lengkap jika tidak membahas perbandingan harga dari kedunya. Sebab tidak dapat dipungkiri saat membeli suatu produk harga adalah salah satu hal yang kita pertimbangkan.

Untuk harga oven sendiri didasarkan pada jenisnya.  Untuk harga yang lebih murah maka bias memilih oven gas, namun dalam penggunaannya tentu biaya yang dikeluarkan akan lebih banyak dari pada menggunakan oven listrik.

Untuk harga oven listrik dengan microwave sebenarnya tidak jauh beda, namun tetap saja oven memiliki harga yang relative lebih murah jika dibanding microwave.

5. Berdasarkan Nilai Ekonomisnya

Dilihat dari faktor ekonomisnya penggunaan microwave dapat dikatakan sangat eknomis, hal ini karena ia hanya akan mengkonsumsi daya listrik jika hanya sedang beroprasi dalam hal memanaskan makanan.

Sementara untuk oven keekonomisannya tergantung dari tipenya. Jika digunakan dalam jangka panjang, penggunaan oven gas terbilang lebih ekonomis, sementara jika menggunakan oven listrik maka dapat membuat tagihan listrik menjadi lebih tinggi.

6. Bahan Wadah yang Boleh Digunakan

perbedaan Microwave dan oven

Perbedaan oven dan microwave berikutnya dapat dilihat dari bahan yang boleh dan tidak boleh digunakan. Tidak semua wadah bisa masuk pada kedua peralatan tersebut, belum tentu bahan wadah yang aman digunakan di dalam oven cocok digunakan untuk microwave, begitu juga sebaliknya.

Adapun wadah yang cocok digunakan untuk dimasukan pada microwave pada suhu yang tidak terlalu tinggi adalah bahan-bahan keramik atau kaca. Penggunaan wadah plastik pada alat ini juga diperbolehkan, dengan catatan dalam wadah tersebut tersemat label microwave safe. Sebisa mungin hindari memasukan makanan yang telah dibungkus oleh alumunium foil, sebab memiliki potensi terbakar.

Untuk oven tidak boleh memasukan wadah berbahan plastik, sekali pun ada label microwave safe. Dalam hal ini Anda bisa menggunakan loyang, alumunium foil, dan juga pinggan keramik.

7. Ketentuan Penggunaan Masing-Masing Alat

Dari segi penggunaannya kedua alat ini juga memiliki perbedaan, untuk cara menggunakan oven kita bisa menentukan suhu dan waktu untuk memasak terlebih dahulu pada fitur yang telah disediakan. Dalam menggunakan oven juga berbeda-beda, ditentukan pada ukuran dan jenis oven yang dipakai.

Lain halnya dengan cara menggunakan microwave, yang tentu lebih simpel dan mudah. Anda hanya tingggal mengatur waktu pemanasan, kemudian alat ini akan bekerja sesuai lama waktu yang telah ditentukan tersebut.

8. Dari Segi Hasil Masakan

gambar Microwave

Perbedaan microwave dan oven yang selanjutnya adalah pada hasil masakan itu sendiri. Dalam artian, karena berfungsi untuk pematangan, maka makanan akan lebih baik jika dimasukkan ke dalam oven. Teksturnya tentu saja akan lebih renyah dan matang secara merata.

Sementara itu, microwave sendiri hanya bisa digunakan dengan optimal untuk memanaskan makanan dan hasilnya cenderung kering. Sebab, cara kerja dari alat satu ini memang mengurangi kadar air dan menghilangkan kelembaban yang ada pada makanan itu sendiri. Sebenarnya saat ini telah ada lagi istilah baru yakni microwave oven yang memiliki fungsi ganda yaitu untuk memanaskan sekaligus mematangkan. Tapi hasil yang diberikan tentunya berbeda jika kita menggunakan oven biasa.

9. Dari Segi Waktu Pematangan dan Pemanasan

gambar oven

Adapun perbedaan microwave dan oven yang lainnya adalah dari segi waktu pematangan dan juga pemanasan makanan. Untuk panas, microwave justru memiliki suhu yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan oven. Perbedaannya bisa mencapai 50 derajat Celcius, lho. Oleh karena itulah, waktu pemanasan alat yang satu ini cenderung lebih cepat daripada semua jenis oven sekalipun. Sementara itu untuk kecepatan pematangan pada oven memiliki perbedaan tergantung pada jenisnya. Contohnya saja yang ada pada oven listrik yang mana waktu panasnya malah lebih lama dibandingkan dengan oven gas.

10. Dari Segi Ukuran dan Juga Volume

Dalam hal ini terlihat jelas perbedaan microwave dan juga oven. Microwave justru memiliki ukuran yang lebih kecil dengan maksimalnya 30 liter. Tentu saja hal ini menyesuaikan dengan fungsi dari alat tersebut yang gunanya hanya untuk memanaskan makanan saja. Sementara itu pada oven, ukurannya lebih bervariasi. Mulai dari ukuran kecil hingga yang paling besar dengan daya tampung yang lebih banyak. Pada umumnya, oven konvensional memiliki ukuran yang besar dan lebih mahal.

11. Kelebihan Oven dan Microwave

perbedaan microwave dan oven

Perbedaan oven dan microwave juga dapat kita lihat dari kelebihan masing-masing peralatan tersebut.

Terkait kelebihan oven juga bergantung pada jenis yang digunakan. Kelebihan oven listrik biasanya lebih mudah dipasang dan dibersihkan, sementara untuk oven gas kelebihannya lebih cepat panas, dan lebih hemat jika digunakan untuk jangka panjang.

Kelebihan microwave lebih simpel dan efektif saat digunakan. Selain itu alat ini juga lebih hemat energi dan tidak memerlukan pengaturan professional dalam menggunkannya.

Referensi Kami : Harus Tahu, Ini 5 Alat Masak Cangih yang Kekinian yang Membuat Memasak Makin Praktis

Nah, itulah perbedaan microwave dan oven yang harus kamu ketahui. Setelah mengetahui perbedaan keduanya, kamu tentu lebih bisa memilih mana yang sesuai dan harus kamu gunakan di rumah. Semoga penjelasan di atas bermanfaat!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *