Berbagai Perbedaan MosFET dan JFET yang Sangat Penting untuk Diketahui

  • Whatsapp
Perbedaan MosFET dan JFET

Perbedaan MosFET dan JFET – Mungkin saja kedua benda ini masih sering menjadi hal yang sedikit sulit untuk dipahami. Transistor yang merupakan salah satu komponen elektronik aktif memang merupakan awal dari kehadiran kedua benda ini. Sebuah mesin membutuhkan rangkaian ini agar dapat bekerja dengan baik.

Nah, kedua benda ini merupakan jenis dari Transistor FET yang cenderung paling banyak didengar. Transistor yang satu ini disukai oleh banyak orang karena mampu memberikan impedansi input yang ukurannya super besar. Selain hal itu, ini disebabkan karena resistansi serta daya yang diperlukan juga jauh lebih kecil dibanding yang lain.

Perbedaan MosFET dan JFET

Perbedaan mosfet dan jfet adalah hal yang cukup penting. Meskipun mempunyai sedikit kemiripan dalam hal cara kerja. Ada hal besar yang membedakan dalam setiap struktur serta karakteristiknya yang ada. Bahkan, definisi serta kegunaannya juga berbeda pula.

Dimulai dari Jfet sendiri. Jenis yang satu ini mempunyai kepanjangan junction field efect transistor. Pada jenis berikut, kita mengenal yang namanya terminal source dan juga terminal drain.

Memang cukup rumit untuk memahami perbedaan mosfet dan jfet. Sebab itu, kami bahas satu per satu terlebih dahulu. Pada jenis yang satu ini kita juga mengenal gate selain istilah drain dan juga source. Untuk jenis ini gate sendiri tidak terisolasi atau terhalang oleh bahan apapun. Berbeda dengan mosfet.

Source sendiri merupakan sebutan untuk ujung bagian bawah dari struktur jfet dan drain untuk bagian ujung atas. Lalu, setiap kedua sisi bagian kanan dan kiri nya juga mempunyai implant semikonduktor. Namun implant kedua sisi ini mempunyai perbedaan dalam tipe nya.

Seperti yang kita ketahui, bahwa perbedaan mosfet dan jfet ada pada strukturnya. Untuk jenis jfet sendiri, mereka membuatnya dengan bahan semikonduktor sesuai dengan kanal nya. Ada kanal n dan juga kanal p. Pada kanal n, ada daerah source dan juga drain yang dibuat menggunakan semikonduktor tipe n.

Selain itu, gate nya terbuat dari tipe p. Sementara itu untuk mosfet sendiri. Mereka membuatnya dengan menggunakan bahan yang berbau metal atau biasanya memakai aluminum. Ini juga yang jadi alasan mengapa mosfet disebut juga sebagai metal.

Nah, perbedaan mosfet dan jfet adalah pada bagian-bagian nya sendiri seperti yang kita ketahui. Pada gate mosfet ada pembatasan yang mengisolasi gate sedemikian rupa. Isolasi ini diketahui disebabkan sebuah bahan oksida.

Maka, karena ini juga tidak heran jika banyak orang yang mengenal gate pada jenis ini yang terisolasi dengan sebutan IFGET juga. Ini merupakan nama lain yang mungkin familiar bagi sebagian orang.

Selain itu, perbedaan mosfet dan jfet juga terletak pada rangkaiannya. Ada bentuk rangkaian yang jelas berbeda antara kedua jenis ini. Namun,  tidak diragukan lagi, bahwa setiap rangkaian dari setiap bagian kanal nya mempunyai kepentingannya masing-masing. Sama hal nya dengan jfet, ada dua kanal pula, yaitu kanal n dan juga kanal p.

Bahkan, kedua jenis ini juga berbeda dalam hal simbol. Pada transistor mosfet sendiri ada garis putus-putus yang merupakan tanda dari struktur dan terdiri atas beberapa terminal lengkap dengan gate isolasi nya. Lalu ada arah panah juga sebagai tanda yang menunjukkan tipe lapisan dan juga kanal dari transistor ini sendiri.

Perbedaan mosfet dan jfet adalah pada harga pula. Mosfet sendiri jauh lebih mahal karena menjadi komponen utama yang penting dalam serangkaian ratusan dari gerbang logika. Namun, benda ini juga cepat rusak tergantung pada tegangan yang ada. Ini merupakan hal yang penting untuk mengetahui perbedaan mosfet dan jfet.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *