5 Permasalahan Umum Pada Kulkas dan Cara Mudah Mengatasinya

  • Whatsapp
permasalahan umum pada kulkas

Permasalahan umum pada kulkas haruslah dipahami dengan baik. Ini adalah bekal, sehingga bisa meminimalisir berbagai kerugian yang bisa terjadi karena kerusakan kulkas.

Seperti kita tahu, kulkas menjadi salah satu perabot penting di rumah tangga. Barang elektronik ini, banyak memberikan manfaat. Salah satunya adalah untuk menjaga keawetan, dan kesegaran bahan makanan.

Namun, dibalik keunggulan yang dimiliinya, kulkas juga termasuk alat elektronik yang mudah rusak. Terutama jika anda tidak bisa merawatnya dengan baik. Sebaiknya baca postingan sebelumnya tentang 9 cara merawat kulkas, agar senantiasa awet berkualitas.

Pernahkah kulkas di rumah anda seketika menjadi tidak dingin lagi ? Ternyata ini adalah salah satu dari sekian banyak permasalahan umum, yang sering terjadi pada kulkas.

Kerusakan pada kulkas, juga disebabkan oleh beberapa hal yang belum anda ketahui. Atau bisa karena beberapa kesalahan, yang sering anda lakukan.

Setiap orang memiliki kemungkinan pernah, atau mengalami masalah umm pada kulkas yang dimilikinya. Nah, untuk menghindari kerusakan kulkas, ada baiknya anda perlu ketahui beberapa permasalahan umum pada kulkas. Sehingga nantinya anda dapat mengantisipasinya.

Berikut ini telah kami rangkum beberapa permasalahan pada kulkas, yang sering terjadi dan bisa saja anda alami suatu saat nanti. Yuk simak baik-baik ya!

5 Permasalahan Umum pada Kulkas

permasalahan umum pada kulkas

1. Kulkas Mati Total

Permasalahan umum pertama pada kulkas yang sering terjadi, ialah kulkas menjadi mati keseluruhan atau total. Jika ini terjadi pada kulkas anda, jangan langsung panik.

Sebaiknya pastikan terlebih dahulu bahwa kulkas sudah tersambung dengan aliran listrik. Untuk lebih detailnya langsung saja cek meteran listrik di rumah, untuk melakukan test pada kelayakan fusenya.

Namun jika anda masih belum menemukan solusinya, maka sebaiknya langsung konsultasikan pada tukang listrik.

2. Kulkas Tidak Dingin

Pernah mengalami kulkas mendadak tidak dingin lagi? Perlu anda ketahui, rupanya ada beberapa penyebab yang sering terjadi, jika kulkas anda tidak bisa mendinginkan kembali makanan yang ada di kulkas secara normal.

Asumsi untuk hal ini bisa terjadi, kerusakan pada komposer, refigran atau kebocoran pada kapasitor.

Nah, solusi terbaik jika hal ini terjadi pada kulkas anda adalah dengan memanggil jasa service kulkas profesional, untuk menanganinya.

3. Freezer Dingin Tidak Merata

Jika freezer di kulkas anda dinginnya tidak merata, hal ini bisa saja disebabkan oleh beberapa faktor.

Diantaranya seperti kompresor yang rusak, kinerja kondensor yang tidak maksimal, refrigan yang tersumbat atau bahka kurangnya oli pada komponen utama.

Selain itu, kemungkinan lain penyebabnya adalah suhu lingkungan yang terlalu tinggi dan evaporator yang kotor. Bila anda tidak handal untuk menangani masalah ini, maka sebaiknya jasa servis profesional bisa menjadi solusi terbaik untuk mendapatkan penyelesaian terbaik.

4. Chiller Tidak Dingin

Chiller yang tidak dingin seringkali sangat merepotkan. Dan tahukah anda apa penyebab dari masalah ini ?

Ternyata, penyebab utama chiller yang tidak dingin adalah karena heater dan timer yang tidak berfungsi dengan baik.

Jika keduanya tidak berfungsi dengan normal, bisa menyebabkan adanya penumpukan endapan kotoran sisa makanan, hingga bunga es.

Nah, jika hal ini dibiarkan terjadi maka akan menimbulkan penyumbatan yang menyebabkan kulkas menjadi rusak.

5. Pintu Kulkas Tidak Tertutup Rapat

Pintu kulkas yang tidak dapat tertutup dengan rapat, bisa telihat seperti permasalahan yang sepele bukan ? Namun jangan pernah meremehkan hal sekecil ini. Sebab bisa menjadi fatal akibatnya bagi kulkas anda.

Permasalahan ini bisa terjadi karena karet pintu kulkas yang sobek, atau sudah tidak rata. Lalu, bagaimana cara mengatasinya ?

Nah, untuk memperbaikinya tentu saja anda harus mengganti karet pintu kulkas dengan yang baru.

Itulah kelima permasalahan umum yang sering terjadi pada kulkas. Bagaimana ? Sudah paham ya ? Semoga ulasan kali ini sedikit banyak memberi informasi yang bermanfaat ya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *