Power On Off TV

Cara Cepat Perbaiki Power On Off TV Pintar yang Eror

Diposting pada

Power On Off TV adalah salah dari fitur dalam TV yang digunakan untuk menghidupkan dan mematikan Smart TV. Selain tombol ini menghidupkan dan mematikan Smart TV juga bisa dengan menggunakan remote control.

Meski ada alternatifnya, tombol power TV tetap akan dibutuhkan jadi akan sangat merepotkan jika tidak berfungsi. Misalnya saja TV yang mati tiba-tiba karena mati listrik, maka menghidupkannya tidak bisa kecuali dengan tombol power. Nah berikut ini akan diulas beberapa masalah pada tombol power Smart TV dan bagaimana cara memperbaikinya.

Cara Cepat Memperbaiki Power On Off TV Pintar yang Eror

Masalah yang timbul pada power Smart TV biasanya adalah TV yang sesekali hidup dan sesekali mati. Jika masalah ini terjadi maka harus ditinjau ulang pengaturan waktunya.

Namun jika Smart TV tersebut biasa dilepas kabel untuk menghubungkan ke sumber listrik maka harus diperikasi terlebih dahulu. Apakah kabel power tersebut sudah terpasang dengan benar ke port yang ada di bagian belakang Smart TV.

Baca Juga : Cara Atasi Potensi Masalah Sambungan Bluetooth Speaker Smart TV

Kemudian periksa juga apakah kabel power TV sudah terpasang dengan benar ke stopkontak/sumber listrik. Karena jika belum, tentu Smart TV tidak akan bisa dinyalakan.

Berbicara tentang masalah pengaturan waktu atau timer pada Smart TV, tentu hal ini sangat mempengaruhi hidup dan mati Smart TV secara otomatis. Nah untuk memeriksa apakah timer/pengaturan waktu diaktifkan maka mudah saja caranya.

Caranya adalah dengan memencet tombol Smart yang ada pada remote control Smart TV. Setelah itu pilih Setting (Pengaturan)>Waktu kemudian tekan Wheel atau Enter. Di menu waktu ada pilihan Off Time, On Time dan Sleep Time.

Off Time artinya pengaturan untuk mematikan TV secara otomatis pada jam-jam tertentu setiap harinya. On Time artinya TV akan mati secara otomatis untuk menghemat daya setelah 2 jam sejak ditetapkan dan kondisi TV tidak aktif. Sedangkan Sleep Timer artinya mematikan TV sesuai waktu yang telah ditentukan.

Nah jika berbagai cara di atas sudah dilakukan namun Power TV masih saja bermasalah maka bisa memulai ulang Smart TV. Jangan lupa kabel power yang menghubungkan TV ke stopkontak juga dihapus. Tunggu kurang lebih selama 30 detik sebelum memasang kabel power kembali.

Jika sudah, maka bisa mencoba untuk menyalakan Smart TV. Namun jika Smart TV masih saja hidup dan mati secara otomatis, tidak ada salahnya untuk menghubungi pusat layanan. Pengguna bisa mengandalkan mereka untuk mendapatkan solusi terbaik. Memanggil tukang service Smart TV yang terpercaya juga bukan opsi yang buruk.

Cara Mengatasi Power On Off TV yang Tidak Stabil

Masalah selanjutnya terkait dengan power Smart TV adalah TV yang tidak stabil atau mati. Hal ini bisa karena kurang idealnya ventilasi yang diterima oleh TV. Jadi pastikan ruangan Smart TV mencukupi asupan udaranya. Selain itu juga bisa karena kabel daya TV yang longgar.

Power yang tidak stabil juga bisa karena pengguna baru saja melakukan update software. Hal ini memang kadang membuat Smart TV restart secara otomatis. Jika masalah ini terjadi maka bisa langsung menelepon pusat layanan untuk mendapatkan pemecahan terbaik.

Cara Mengatasi Indikator Power On Off TV tidak Menyala

Lampu indikator di bagian depan merupakan tanda paling utama apakah TV aktif dan menerima daya. Namun karena suatu sebab lampu indikator tersebut terkadang tida befungsi alias tidak menyala.

Jika anda mengalami masalah tersebut maka bisa dicoba langkah-langkah ini untuk mengatasinya. Pertama harus pastikan apakah listrik sudah tersalurkan dengan benar. Masalah kadang berada pada kabel power yang longgar atau tidak menancap sempurna.

Jika sudah periksa juga kondisi tombol power Smart TV, apakah di posisi on atau off. Jika tombol power masih dalam posisi off maka tekan untuk membuatnya dalam posisi on. Nah jika kedua cara tersebut sudah dilakukan namun lampu indikator tidak menyala juga maka bisa menghubungi pusat layanan.

Baca Juga : 13 Aplikasi Remote TV Terbaik untuk Smartphone Android

Demikianlah pembahasan tentang cara memperbaiki power on off TV yang eror.Banyak hal yang bisa menjadi peyebabnya namun jangan khawatir, banyak juga solusi untuk mengatasinya. Semua bisa anda lakukan dengan mandiri karena memang mudah dan simple. Namun jika masih menemui kendala juga maka akan sangat disarankan segera menghubungi jasa servis kompeten untuk mengatasinya.

Gambar Gravatar
Founder Membangun Inspirasi, Editor duniaelektronik.net, Kontributor klikmania.net, Teacher, Entrepreneurship, University student life. Berusaha menebarkan ilmu, inspirasi, dan kemanfaatan melalui tulisan. Jika bermanfaat silahkan share.