Printer Canon Lambat Mencetak

Printer Canon Lambat Mencetak? Coba Atasi dengan Cara Berikut

Diposting pada

Anda memiliki Printer Canon lambat mencetak saat digunakan ? Temukan solusi pemecahannya di sini. Berbicara tentang printer memang tidak akan ada habisnya mengingat fungsinya yang sangat penting untuk kebutuhan sekarang ini. Di zaman yang serba canggih, semua pekerjaan dituntut untuk lebih cepat agar lebih efisien dalam hal pemakaian waktu dan juga tenaga.

Printer merupakan salah satu alat pencetak dokumen atau gambar yang sudah sangat populer di era modern seperti saat ini. Saking populernya peralatan cetak ini, tidak heran jika banyak dijumpai mesin printer dari berbagai merek yang menawarkan keunggulan yang berbeda-beda. Namun perlu diketahui meski mesin ini sangat populer bukan berarti terbebas dari masalah yang ditimbulkannya.

Baca Juga : Punya Rencana Membeli Printer ? Ini 6 Rekomendasi Printer Canon Terbaik

Cara Mengatasi Printer Canon yang Lambat dalam Mencetak

Penyebab Printer Lambat Mencetak

Sebelum membahas cara mengatasi printer yang lambat, ada baiknya Anda mengetahui terlebih dahulu penyebabnya. Mengapa demikian? Hal tersebut untuk mengantisipasi kejadian-kejadian yang tidak diinginkan seperti salah dalam penanganan. Sebenarnya mengatasi masalah printer yang satu ini sangatlah mudah, apalagi jika sejak awal Anda sudah paham betul penyebab utamanya.

Umumnya salah satu penyebab mengapa printer lambat digunakan untuk mencetak yaitu karena adanya ketidaknormalan pada notebook ataupun komputer. Bisa jadi karena memori atau RAM komputer yang penuh sehingga membuatnya bekerja lebih lambat dibandingkan saat kondisi normal.

Selain masalah memori atau RAM yang penuh, ada alasan lain mengapa printer Canon mencetak lambat yaitu terjadi kesalahan sistem operasi komputer yang tidak cocok dengan spesifikasi printer. Perlu diketahui beberapa printer membutuhkan komputer dengan spesifikasi tertentu agar sistem operasi dapat berjalan secara optimal. Karena ketidakcocokan itulah yang menyebabkan kelambatan proses.

Baca Juga : Printer Canon Macet ? Kenali Kode Eror dan Cara Mengatasinya

Tips Mengatasi Masalah Printer Canon yang Lambat

Seperti yang sudah sedikit dijelaskan di atas bahwa untuk mengatasi masalah printer lambat dalam mencetak sebenarnya sangatlah mudah. Umumnya kelambatan yang terjadi pada printer disebabkan kesalahan dalam konfigurasi printer. Jika Anda menjumpai hal tersebut pada printer, pastikan untuk mencoba beberapa langkah berikut ini:

Nyalakan Printer

Hal pertama yang perlu Anda lakukan ketika mengalami masalah ini yaitu nyalakan printer untuk mendapatkan tindakan lebih lanjut. Namun jika printer sudah menyala maka Anda perlu me-restart printer kemudian menyalakannya kembali. Pastikan Anda langsung mengecek apakah kondisinya sudah kembali normal. Jika belum maka Anda bisa melakukan langkah selanjutnya.

Setting Printer

Hal selanjutnya yang perlu dilakukan apabila printer masih lambat mencetak yaitu mengatur setting printer pada komputer. Caranya sangatlah mudah, Anda hanya perlu memilih atau klik komponen pokok kanan bawah printer. klik kanan > klik menu setting printer > pilih printer properties.

Jika sudah pilih menu alternatif Maintenance dan klik pada menu alternatif custom setting. Selanjutnya Anda akan menjumpai beberapa menu pilihan dan pilih alternatif setting ink drying wait time. Setelah itu Anda hanya perlu menggeser ke arah kiri untuk proses lebih cepat dan menggeser ke sebelah kanan untuk proses yang sedikit lambat.

Tentukan waktu mencetak

Tahukah Anda bahwa salah satu penyebab utama mesin printer Canon lambat dalam mencetak yaitu karena kesalahan dalam mengatur waktu mencetak. Seandainya Anda ingin setting default ataupun standar dalam mencetak maka Anda bisa mengarahkan kursor di komponen tengah-tengahnya. Jadi pastikan jangan sampai salah dalam mengatur waktu ini.

Setelah Anda yakin telah mengatur waktu mencetak dengan tepat maka Anda bisa klik Ok. Selanjutnya cek kembali printer apakah sudah bisa mencetak dengan normal atau seperti sediakala. Namun jika Anda merasa printer tidak ada perubahan, segera bawa ke tukang service printer terdekat agar segera dilakukan penanganan dengan cepat dan tepat.

Referensi Kami : Solusi Jitu Mengatasi Printer Canon yang Mati Total

Setelah mengetahui penyebab dan cara mengatasi masalah printer Canon lambat mencetak, kini Anda tidak perlu khawatir karena setelah mengetahui beberapa tips di atas Anda bisa menerapkannya di rumah. Itulah sedikit informasi tentang bagaimana cara mengatasi printer yang lambat dalam mencetak. Semoga informasi di atas bermanfaat dan membantu ke depannya. Selamat mencoba!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *