Printer Canon Mati Total ? Coba Atasi Dengan Cara Berikut

Diposting pada

Printer Canon mati total, sepertinya merupakan informasi menarik. Sebab Canon merupakan salah satu merk printer yang sudah sangat terkenal dan banyak digunakan di Indonesia. Selain karena harganya yang lebih terjangkau, ada banyak sekali keunggulan yang dimiliki oleh printer merk ini yang mana tidak dijumpai pada printer lainnya.

Seperti yang diketahui ada banyak sekali jenis printer merk Canon di pasaran, salah satu yang paling terkenal ada Canon IP2770. Membahas printer Canon IP2770 mati total, atau tife yang lainnya tentu sangat menarik. Sebab jika printer Canon mati total, inikita alami tentu akan menghambat banyak pekerjaan.

Berbicara soal printer memang tidak terlepas dari masalah-masalah yang muncul seperti tinta printer yang tidak mau keluar, macet, dan lain sebagainya. Salah satu masalah yang seringkali dialami oleh printer tipe Canon IP277 adalah tidak menyala atau mati total. Jika printer yang Anda miliki mengalami masalah tersebut, tidak perlu bingung karena ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengatasinya.

Berikut Cara Mengatasi Printer Canon IP2770 yang Mati Total

Canon IP2770 Mati Total Karena Gagal Reset

Perlu diketahui masalah printer yang tidak menyala atau mati total biasanya di sebabkan oleh banyak faktor. Bisa karena sambungan listrik yang masuk tidak stabil sehingga bagian power supply printer mati atau karena mainboard-nya error. Jadi sebelum melakukan perbaiki cek terlebih dahulu letak permasalah pada printer Anda.

Tahukah Anda bahwa salah satu penyebab mengapa printer Canon mati total, yaitu karena terjadi kegagalan saat melakukan reset software. Jika printer mengalami kasus yang seperti ini, maka ada beberapa cara yang bisa Anda coba untuk mengatasi masalah printer yang matu total tersebut, seperti:

  1. Lepas cartridge dan kabel-kabel yang terpasang langsung pada printer.
  2. Diamkan printer sejenak kurang lebih sekitar 5 menit.
  3. Setelah itu pasang kembali kabel USB dan juga kabel power printer
  4. Nyalakan printer tanpa cartridge. pada beberapa kasus, cara ini berhasil mengatasi masalah printer Canon yang mati total akibat gagal reset.

Canon IP2770 Mati Total Karena Kerusakan Hardware

Seperti yang sudah sedikit dijelaskan di atas bahwa faktor lainnya yang menyebabkan printer Canon mati total yaitu karena terjadi kerusakan pada kabel power, mainboard ataupun pada bagian power supply printer. Lalu bagaimana cara mengatasinya? Tidak perlu khawatir karena ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi hal tersebut, diantaranya:

  1. Untuk mencari dimana letak kesalahan atau kerusakan printer, maka Anda bisa mencoba menggunakan kabel power printer lain yang masih dalam kondisi normal. Hal tersebut perlu dilakukan untuk menguji apakah kerusakan terjadi pada kabel power atau tidak.
  2. Jika setelah menggunakan kabel normal ternyata tidak terjadi perubahan, maka coba lakukan pengecekan pada bagian power supply atau adaptor dari printer.
  3. Lepaskan power supply printer yang mana letaknya berada di sebelah bagian kiri. Cara membongkarnya sangatlah mudah, Anda hanya perlu menekan pengaitnya lalu tarik power supply-nya keluar. Setelah itu ganti power supply yang masih normal dan cek apakah printer sudah bisa menyala atau belum.
  4. Jika Anda sudah mengganti power supply namun tetap tidak mengalami perubahan maka perlu dilakukan pengecekan pada bagian motherboard printer.
  5. Apabila Anda menjumpai motherboard yang mengalami kerusakan, maka sebaiknya untuk mengganti dengan motherboard printer menggunakan type yang sama.
  6. biasanya dengan mengganti motherboard printer tersebut, permasalahan mati total pada printer dapat teratasi dengan baik. Karena secara umum masalah yang sering membuat printer Canon mati total yaitu kerusakan pada bagian motherboard-nya.

Lalu bagaimana cara untuk menghindari masalah printer yang mati total tersebut? Sebenarnya untuk menghindari masalah tersebut sangatlah mudah, Anda hanya  perlu melakukan pengecekan secara rutin pada printer. Mulai dari bagian power supply, cartridge hingga bagian lainnya. Jika Anda melakukan hal tersebut, maka sudah mengantisipasi terjadinya kerusakan yang semakin parah pada printer.

Oleh karena itu pastikan untuk melakukan pengecekan dan perawatan secara berkala dan apabila dijumpai masalah dapat diatasi dengan secepatnya.

Nah itulah sedikit ulasan tentang bagaimana cara mengatasi masalah printer Canon IP2770 yang tidak mau menyala, atau printer Canon mati total. Semoga informasi di atas bermanfaat dan membantu mengatasi masalah printer yang Anda miliki.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *