Solusi printer sering macet

Printer Sering Macet ? Inilah Solusi yang Mudah Dilakukan

Diposting pada

Printer sering macet rasanya sudah pernah dialami semua orang yang menggunakannya. Yang paling menyebalkan adalah hal tersebut seringkali terjadi tanpa penyebab yang jelas. Sering juga awalnya baik-baik saja dan lancar digunakan untuk mencetak data, tiba-tiba macet tidak bisa digunakan.

Bayangkan jika hal tersebut terjadi di saat kita sedang berpacu dengan waktu, harus segera menyelesaikan sebuah tugas atau pekerjaan pasti akan membuat panik. Tanpa mengetahui solusi printer sering macet, masalah ini tentu akan membuat pekerjaan sering terganggu, bahkan dalam waktu cukup lama.

Sebenarnya faktor apa yang bisa menyebabkan printer sering mengalami masalah tersebut, apakah dipengaruhi oleh merk atau tipe tertentu atau tidak. Apakah hanya disebabkan oleh catridge saja atau ada faktor yang lainnya. Lalu bagaimanakah solusi yang bisa dilakukan jika terjadi masalah seperti itu pada printer, apakah harus dibawa ke tempat servis ataukah bisa diperbaiki sendiri. Karena memang jaman sekarang ini rasanya hampir semua orang membutuhkan dan menggunakan printer.

Untuk menjawab semua pertanyaan di atas silahkan untuk menyimak beberapa penjelasan di bawah ini.

Masalah dan Solusi Mengatasi Printer Sering Macet

Lubang Tinta Catridge Tersumbat

Solusi printer sering macet

Printer sering macet bisa jadi terjadi yang disebabkan oleh tersumbatnya lubang penyemprotan pada catridge. Jika hal seperti ini terjadi solusi yang bisa dilakukan adalah sebagai berikut.

▪ Ambil tisu yang bersih dan kering.

▪ Basahi tisu tersebut dengan mengunakan air hangat sedikit saja.

▪ Lepaskan catridge dari printer.

▪ Tekan atau usapkan tisu yang basah tersebut tepat pada bagian head, atau lubang penyemprot tinta di catridge.

▪ Lepas tisu dari head kemudian lihat pada permukaan tisu apakah terdapat noda tinta atau tidak. Jika pada tisu ada bekas tinta itu artinya sumbatan pada lubang sudah hilang atau sudah cair.

▪ Pasang kembali catridge dan cobalah untuk melakukan pencetakan.

Membersihkan Lubang Penyemprot Tinta Dengan Tisu Kering

Selain memakai tisu yang dibasahi dengan air hangat, masalah printer sering macet juga bisa diatasi dengan menggunakan tisu kering biasa. Caranya adalah sebagai berikut.

▪Lakukan hal yang sama dengan saat akan membersihkan head catridge dengan tisu yang dibasahi hanya saja kali ini gunakan tisu yang kering.

▪ Isi ulang tinta dan pasang kembali pada printer lalu cobalah mencetak.

▪ Jika hasilnya sudah bagus berarti proses pengisian ulang dan pembersihkan lubang penyemprotan telah sukses dilakukan.

▪ Jika hasil dari cetakan masih belum bagus silahkan ulangi cara pembersihan seperti sebelumnya.

▪ Ulangi dengan cara yang sama, jika hingga 5 atau 6 kali hasilnya masih jelek kemungkinan besar catridge mengalami penyumbatan yang cukup berat dan harus dilakukan pembersihan dengan cara yang berbeda.

Penyumbatan Berat pada Lubang Penyemprot Tinta

Seperti dikatakan sebelumnya jika sudah melakukan usaha pembersihan head catridge namun hasilnya masih belum normal indikasinya adalah lubang tinta tersumbat dengan level berat. Printer sering macet bisa saja disebabkan oleh hal ini jadi memang harus segera dibersihkan dengan cara yang tepat. Bagaimana cara untuk membersihkannya? Cek dibawah ini.

▪ Siapkan air hangat yang bersuhu sekitar 60 hingga 70 derajat Celcius.

▪ Tuangkanlah air hangat tersebut ke dalam wadah seperti mangkok atau yang sejenisnya sehingga bisa memiliki kedalaman sekitar ½ cm.

▪ Lepaskan catridge dari mesin printer.

▪ Letakkan catridge ke dalam wadah yang berisi air tadi dengan posisi lubang penyemprotan terendam di dalam air.

▪ Biarkan sekitar 10 hingga 15 menit agar sumbatan tinta kering mencair dan bisa hilang.

▪ Setelah itu angkatlah catridge dari dalam air kemudian keringkan head atau lubang penyemprot dengan menggunakan tisu yang kering.

▪ Pasanglah kembali catridge dan cobalah gunakan untuk mencetak.

Hal yang Perlu Diperhatikan

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat mengatasi masalah printer sering macet yaitu :

▪ Jangan panik jika setelah dibersihkan hasil pencetakan masih belum begitu bagus karena saat direndam dalam air bisa ikut terserap ke dalam catridge dengan proses osmosis.

▪ Jika setelah dilakukan langkah seperti di atas hasilnya belum memuaskan cobalah rendam catridge dalam waktu yang lebih lama sekitar satu malam agar tinta kering yang menyumbat lubang bisa benar-benar mencair dan hilang.

Demikian solusi printer sering macet, semoga bermanfaat dan selamat mencoba. Jika anda memiliki permasalahan lain seputar printer, dan ingin menemukan solusinya silahkan bisa tanyakan di kolom komentar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *