antivirus pc terbaik 2020

5 Rekomendasi Antivirus PC Terbaik, Pasang Salah Satunya Demi Kesehatan PC Anda

Diposting pada

Rekomendasi antivirus pc terbaik sangat perlu Anda ketahui, agar berbagai hal negatif yang disebabkan virus dapat dihindari. Seiring berjalannya waktu berbagai jenis virus terus mengalami perkembangan, sehingga perlu penangkal yang semakin kuat pula.

Tidak sedikit para pemiliki laptop atau pun pc  yang menggunakan antivirus, namun masih tetap rawan terkena serangan berbagai virus. Penyebab utama dari itu semua adalah karena perangkat yang digunakan tidak memiliki antivirus yang tepat. Atas dasar itulah, pada postingan kali ini duniaelektronik.net, akan membahas 5 rekomendasi antivirus pc terbaik tahun 2020.

Pengertian Virus dan Antivirus

Sebelum membahas lebih jauh tentang antivirus terbaik, ada baiknya kita pahami terlebih dahulu pengertian virus dan antivirus itu sendiri.

Dilansir dari wikipedia.org  virus komputer adalah program yang memiliki kemampuan untuk menyalin atau menggandakan dirinya sendiri. Kemudian salinan dirinya menyebar dan masuk pada dokumen atau pun program komputer yang lainnya.

Dampak dari virus ini bermacam-macam, dimulai dari yang tidak memberikan dampak sedikitpun, membuat pengguna merasa terganggu, hingga dapat merusak data.

Sementara pengertian antivirus itu sendiri, yaitu sebuah perangkat lunak perlindungan virus, yang dapat digunakan untuk mendeteksi, menghapus, dan juga mengamankan virus pada sistem komputer. Dengan menggunakan antivirus, maka pengguna akan dapat dengan mudah mengetahui, apakah komputernya terinfeksi virus atau tidak.

Biasanya antivirus berjalan di latar belakang, serta melakukan pemindaian pada semua berkas yang diakses, baik saat dibuka, diedit, maupun saat disimpan.

Berbagai antivirus saat ini, bukan hanya dapat digunakan untuk mendeteksi virus, namun juga memiliki kemampuan untuk mendeteksi kit-akar, perangkat pengintai, serta perangkat perusak yang lainnya. Menariknya lagi, antivirus sekarang juga telah dilengkapi firewall sehingga dapat melindungi komputer dari serangan peretas. Selain itu dilengkapi pula dengan anti spam yang bermanfaat untuk mencegah virus masuk ke kotak masuk pengguna, serta dapat mencegah masuknya email spam.

Jenis-Jenis Antivirus

jenis-jenis antivirus

Setelah membahas pengertian virus dan antivirus, juga akan kita bahas jenis-jenis anti virus yang ada.

Berdasarkan pengunaannya antivirus dibagi menjadi dua yaitu :

  1. Pengguna rumah ( home user), pada jenis ini antivirus bekerja seperti biasanya.
  2. Pengguna jaringan/perusahaan (network/corporate user), pada pengguna ini antivirus dapat bekerja untuk melakukan pemindaian terhadap berbagai komputer jaringan drive, dan juga yang dimiliki klien.

Baca Juga : Cara Mudah Membersihkan Virus pada Smartphone Android Tanpa Antivirus

Berdasarkan cara memperolehnya, antivirus dibagi menjadi empat yaitu :

  1. Free antivirus (antivirus gratis) yaitu suatu jenis antivirus yang bisa didapatkan secara gratis.
  2. Antivirus trial (trial antivirus) antivirus jenis ini dapat diperoleh secara gratis, namun memiliki batasan waktu sebagai waktu percobaannya.
  3. Donation antivirus (antivirus donasi) yaitu antivirus yang untuk mendapatkannya harus melakukan donasi terlebih dulu.
  4. Paid antivirus (antivirus berbayar) adalah antivirus yang bisa didapatkan hanya jika penggunannya mau membayar atau membeli, sesuai dengan harga yang telah ditentukan pihak penjual atau profaidernya.

Baca Juga : Kenali Sebelum Terlambat, 16 Virus Komputer Paling Berbahaya dan Cara Mengatasinya!

5 Rekomendasi Antivirus PC Terbaik Tahun 2020

Sebenarnya penulis sangat yakin antivirus ini bukan hanya terbaik di tahun 2020, namun karena postingan ini dibuat diakhir tahun 2019 maka penulis berinsiatif menuliskan tahun 2020.

1. AVAST Antivirus Free

antivirus AVAST

Antivirus PC atau laptop terbaik pertama yang kita bahas adalah Avast. Antivirus ini tentu sudah sangat terkenal, sebab memang sangat ampuh untuk menyembuhkan komputer dari berbagai serangan virus, bahkan hingga hacker.

Rekomendasi Kami : Gamer Harus Tahu, Ini Cara Jitu Mengamankan HP saat Gaming

Adapun beberapa fitur yang dimiliki antivirus AVAST diantaranya adalah Cybercapture yang dapat digunakan untuk membersihkan berbagai ancaman yang masuk, Smart Scan memiliki fungsi untuk mendeteksi berbagai ancaman keamanan yang mungkin muncul, Game Mode bermanfaat untuk mengatur pemberitahuan (notifikasi) dan Behaviour untuk mengawasi aplikasi, serta WiFi Inspector yang memiliki fungsi untuk mengamankan jaringan WiFi yang Anda gunakan.

2. AVG Antivirus Free

rekomendasi antivirus pc terbaik

Rekomendasi antivirus pc terbaiknya yaitu AVG, yang merupakan antivirus paling setara dengan Avast. Bahkan beberapa uji laboratorium mengungkapkan jika AVG berada di artas Avast.

Meski memiliki fitur keamanan yang tak jauh beda dengan Avast, namun diantara keduany masih tetap saja ada perbedaan. Salah satu keunggulan yang dimiliki adanya fitur yang mendukung perlindungan terhadap pencurian data, serta file Sherdder. Dimana hal itu tidak bisa Anda dapatkan ketika menggunakan Avast.

Baca juga: Cara Terbaru Mendapatkan Pulsa Gratis dari Telkomsel

Kelebihan lainnya ketika menggunakan AVG Anda juga tidak diharuskan melakukan registrasi, maupun memberikan informasi dalam jenis apa pun. Namun ketika menggunakan Avast Anda diharuskan mengisi kartu kredit pembayaran, yaitu untuk mengaktifkan produk sebelum 30 hari pemakaian.

3. Avira Antivirus

antivirus avira

Avira merupakan salah satu antivirus terbaik berikutnya dalam memberikan perlindungan. Berdiri sejak tahu 1986 silam, tak ayal jika Avira sudah memiliki banyak pengalaman dalam hal menangani malware, phising, ransomware, dan juga spyware. Tak ayal jika antivirus ini pun telah diunduh oleh lebih dari 500 juta pengguna.

Tampilan keseluruhan yang dimiliki Avira juga nampak begitu bersih dan nyaman dipandang mata. Hal ini semakin didukung dengan pengaturan tombol-tombolnya yang tertata rapi dan begitu jelas. Menariknya lagi ada juga opsi penyelesaian, yang sangat berguna ketika menemukan berkas yang dicurigai sebagai virus. Antivirus ini berbeda dengan kebanyakan antivirus lainnya yang memblokir berkas mencurigakan. dengan tanpa meminta persetujuan dari pengguna.

4. Bitdefender Antivirus Free Edition

antivirus bitfender

Bitdefender Antivirus Free Edition merupakan rekomendasi antivirus PC terbaik berikutnya yang akan kita bahas. Antivirus yang dibuat sebuah perusahaan dari Rumania ini juga tidak jauh berbeda dengan Avast, dimana telah dilengkapi dengan serangkaian fitur yang sangat ampuh melindungi laptop maupun pc dari berbagai serangan virus.

Adapun beberapa fitur yang dimiliki Bitfender adalah On-demand virus scanning yang memiliki fungsi untuk memusnahkan segala jenis vius seperti malware, ransomware, trojan, dan lain sebagainya. Anti-phising feature berfungsi untuk melindungi berbagai macam akun online. Ada juga fitur behavioral detection, yang sangat berguna untuk memonitor aplikasi, serta Anti-fraud yang dapat mengawasi berbagai situs yang Anda kunjungi.

5. Panda Free Antivirus

antivirus panda

Anti Virus terbaik terakhir yang kami rekomendasikan adalah Panda Free Antivirus. Dalam hal perlindungannya, antivirus ini mengunakan komputasi awan sehingga pc senantiasa terjaga. Selain itu, juga dapat mengurangi kebutuhan terhadap pembaruan program, dan juga pemindaian terhadap sistem beruntut.

Menurut hasil tes dari AV-Test, dalam hal mendeteksi virus dan ancaman lainnya antivirus ini mendapatkan skor rata-rata. Pemindaian sistem akan langsung dilakukan ketika instalasi, hal ini bertujuan untuk memastikan komputer benar-benar terlindungi.

Dilihat dari garis besarnya, Panda Free Antivirus merupakan antivirus berkualitas. Mulai dari proses instalasi, pemindaian sistem, hingga pembaruan proses yang dilakukannya terbilang cepat. Namun dalam tes lain sangat disayangkan, sebab terhadap kinerja sistem antivirus ini memberikan beban cukup signifikan.

Demikian pembahasan mengenai rekomendasi antivirus pc terbaik tahun 2020, yang dapat Anda andalkan untuk mengamankan laptop atau PC dari berbagai serangan virus yang selalu mengancam. Jangan lupa share agar semakin banyak yang bisa merasakan manfaatnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *