Ruang penyimpanan perangkat tidak mencukupi

Cara Mengatasi Ruang Penyimpanan Perangkat Tidak Mencukupi pada Smartphone Android

Diposting pada

Ruang penyimpanan perangkat tidak mencukupi, tentu sering dialami oleh para pengguna smartphone Android, khususnya yang bermemori kecil. Hal ini akan membuat kita merasa sedikit terganggu, karena terkadang tidak bisa membuka foto di galeri sekalipun.

Masalah ruang penyimpanan perangkat tidak mencukupi ini, juga sering di alami ketika kita sedang mendownload aplikasi di Google Play Store. Padahal saat itu biasanya memori internal masih cukup banyak.

Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas cara mengatasi ruang penyimpanan perangkat tidak mencukupi, baik itu saat membuka ataupun mendownload aplikasi. Cara ini tentu berlaku untuk semua merk smartphone, seperti Nokia, Samsung, Oppo, Vivo, Sony, Xiaomi, dan lain sebagainya.

Baca Juga : 4 Cara Mengatasi Memori C Penuh yang Terbukti Ampuh

Penyebab Kesalahan Tidak Cukup Ruang pada Smartphone Android

  • Terlalu Banyak Aplikasi

Kesalahan tidak cukup ruang pada smartphone Android, biasanya sering dialami bagi sobat yang terlalu sering menginstal aplikasi. Baik itu berupa aplikasi maupun game dari Play Store. Terlalu banyak aplikasi tentu akan mengurangi banyak memori, sehingga kemudian mengakibatkan ruang penyimpan penyimpanan perangkat tidak mencukupi.

  • Menumpuknya Cache File

Kesalahan tidak cukup ruang pada smartphone Android, umumnya juga dikarenakan cache file yang sudah menumpuk. Pengertian cache sendiri yaitu file sementara yang bertugas untuk membantu system dalam pembuatan file sementara dengan singkat, misalnya seperti foto pada gallery, penggunaan media sosial seperti Facebook, Twitter, Instagram, WhatsApp, dan lain sebagainya.

Rusaknya berbagai file cache akan menyebabkan banyak terjadinya kesalahan, atau eror. Selain itu, hal ini juga akan menyebabkan banyak memori internal smartphone yang terpakai karenanya. Kedua hal tersebut, adalah penyebab utama yang menyebabkan penyimpanan perangkat tidak mencukupi.

Cara Mengatasi Kesalahan Tidak Cukup Ruang pada Smartphone Android

Ruang penyimpanan perangkat tidak mencukupi

Setelah membahas penyebab kesalahan tidak cukup ruang pada smartphone Android, tibalah saatnya kita membahas solusinya. Dengan mengetahui hal ini, diharapkan sahabat yang mengalaminya bisa segera mengatasinya.

Baca Juga : Cara Flash Smartphone Android Semua Merk dan Tife

Cara mengatasi ruang penyimpanan perangkat tidak mencukupi ini, sebenarnya sangat mudah. Namun ketika tidak mengetahuinya, maka kita akan dibuat bingung. Hal ini pernah terjadi pada teman penulis, dimana penyebab utamanya karena menumpuknya file cache.

Berdasarkan berbagai penyebab yang telah dijelaskan di atas, berikut solusi ruang penyimpanan smartphone tidak cukup tersebut.

  • Pindahkan Berbagai file ke Memori Eksternal

Solusi terbaik mengatasi ruang penyimpanan perangkat tidak mencukupi, tentu adalah dengan meluaskan kembali memori internal. Salah satu langkah tepat dalam hal ini, yaitu dengan memindahkan berbagai file dan data yang ada pada memori internal, dipindahkan ke memori eksternal (microSD).

Adapun cara memindahkan file dan aplikasi dari memori smartphone ke memori eksternal, adalah dengan masuk ke menu Setting (pengaturan), kemudian pilih Storage (penyimpanan) yang berada di tab general (umum).

Selanjutnya silahkan scroll layar ke bawah, untuk memilih lokasi pemasangan yang dikehendaki (Preffered Install Location), setelah itu pilihlah SD card (Kartu SD).

Jika sudah, silahkan kembali lagi pada menu pengaturan, lalu pilih menu Manage Application (kelola aplikasi). Selanjutnya silahkan pilih file atau aplikasi yang akan dipindahkan, kemudian klik Move to SD Card (pindah ke SD).

  • Hapus Aplikasi yang Tidak Perlu

Banyaknya aplikasi yang ada di Play Store, sering membuat kita penasaran untuk mencobanya. Hal ini akhirnya membuat banyak aplikasi menumpuk, dan jarang kita cek apalagi membukanya. Akibatnya, selain boros kuota untuk mngunduhnya, hal ini juga akan memakan banyak sekali memori internal.

Jadi sangat disarankan, agar sobat segera menghapus berbagai aplikasi yang sebenarnya sobat tidak perlukan itu. Apalagi game 3D yang memang memerlukan banyak sekali memori internal smartphone.

Untuk mencopot berbagai aplikasi yang tidak penting, silahkan sobat masuk kembali ke menu Setting (pengaturan), setelah itu pilihlah Manage Application ( kelola aplikasi). Cari dan klik nama aplikasi yang akan dicopot tersebut, setelah itu klik uninstall (copot pemasangan).

  • Bersihkan Cache Aplikasi

Kita sering tidak menyadari, bahwa cache dari berbagai aplikasi telah memakan banyak sekali ruang memori smartphone. Menyikapi hal ini, tidak ada salahnya jika kita senantiasa membersihkannya dalam jangka waktu tertentu. Beberapa aplikasi yang banyak memakai Cache diantaranya yaitu Google Chrome, Opera Mini, YouTube, media sosial, dan lain sebagainya.

Untuk menghapus cache, silahkan sobat masuk ke menu Setting (pengaturan), seperti biasa selanjutnya silahkan pilih Manage Application (kelola aplikasi). Pada tab Downloaded (Diinstall), silahkan sobat pilih aplikasi yang ingin dihapus cachenya, selanjutnya tinggal klik Clear Cache (Hapus Cache).

Untuk informasi lain terkait masalah memori smartphone cepat penuh, beserta penjelasan solusinya silahkan bisa klik di sini.

Demikian penyebab dan cara mengatasi ruang penyimpanan perangkat tidak mencukupi. Semoga bermanfaat dan bisa segera memberi solusi bagi sobat yang sedang mengalaminya.

Gambar Gravatar
Founder Membangun Inspirasi, Editor duniaelektronik.net, Kontributor klikmania.net, Teacher, Entrepreneurship, University student life. Berusaha menebarkan ilmu, inspirasi, dan kemanfaatan melalui tulisan. Jika bermanfaat silahkan share.