Solusi TV Mati Total yang Simpel Namun Jarang Diketahui

Diposting pada

Cara mengatasi TV mati total karena hal ini, silahkan sobat colokan kabel power pada stop kontak, dan posisikan power dalam keadaan on. Tegangan yang sudah masuk atau belum, biasanya ditandai dengan adanya sedikit percikan di stop kontak. Jika tidak, kemungkinan besar karena sedang mati lampu 😃 .

Jika ternyata arus listrik menyala, namun ternyata tegangan belum bisa masuk ke power. Besar kemungkinannya karena kabel power ada yang putus, saklarnya rusak, atau pun karena adanya jalur atau solderan yang retak, bahkan terbakar.

Referensi Kami : Jangan Asal, Ini Cara Membersihkan Layar LED TV

Silahkan cek pada bagian-bagian tersebut, segera ganti jika ada komponen yang rusak. Jika ada jalur atau solderan yang retak atau terbakar, atasilah dengan menyolder ulang serta jumper/sambung bagian yang rusak tersebut.

Cek bagian-bagian tersebut dan ganti bila ada komponen-komponen tersebut rusak, Solder ulang dan smbung/jumper apabila ada solderan atau jalur yang retak atau terbakar.

2. Sikring atau Fuse Terputus

Belum masuknya arus listrik pada power, juga bisa disebabkan karena putusnya sikring atau fuse. Jadi setelah melakukan langkah diatas namun arus belum masuk, besar kemungkinannya karena disebabkan ini.

Namun demikian, jika hal ini terjadi sebaiknya sobat jangan terburu-buru untuk menyalakan TV, sebab putusnya sikring tersebut biasanya karena juga adanya kerusakan komponen lain.

Silahkan sobat bisa periksa komponen pada bagian power, transistor/STR/FET Tr kecil, I dioda-dioda atau pun zd pada bagian power. Selain itu, jangan lupa periksa berbagai komponen utama lainnya, seperti transistor horisontal dan transistor lainnya, serta berbagai dioda utama yang lainnya.

Setelah sobat selesai mengecek semua komponen tersebut, gantilah jika ada yang rusak. Jika sudah yakin semua pengukuran komponen utama dalam keadaan normal, selanjutnya sobat bisa mengetesnya dengan menyalakan TV.

3. TV Mati Total Padahal Elco Menyimpan Tegangan

Penyebab TV mati total padahal Elco Power menyimpan tegangan, bisa dikarenakan berbagai hal. Sehingga solusi TV mati total karena hal ini juga, ada beberapa hal. Namun demikian, biasanya hal ini juga disebabkan juga karena pada bagian powernya.

Hal yang harus selalu diingat ketika pertama kali akan mengecek bagian power, sobat harus memastikan bahwa sudah menetralkan tegangan elco besar 400 volt. Sebab jika ini tidak dilakukan, bisa jadi nanti sobat tersengat tegangan 400 volt dari elco tersebut.

Selain itu, jika hal ini tidak dilakukan dikhawatirkan justru dapat merusak komponen lainnya, yang masih normal, atau setidaknya menyebabkan konsleting dikarenakan tegangan dari elco besar pada power yang masih menyimpan tegangan.

Untuk menetralkan tegangan yang tersisa, silahkan sobat jamper kaki positif dan negative pada elco tersebut. Pastikan saat menjemper tidak langsung menjemper menggunakan obeng maupun tang, sebab hal itu justru bisa menyebabkan terjadinya suara ledakan.

Salah satu solusi dalam menangani hal ini, adalah dengan menggunakan jac solder. Dengan hal ini maka sisa tegangan yang ada akan dialirkan keelemen solder, sehinggga tidak terjadi ledakan karena tidak terjadi konselting listrik.

Jika tegangan dalam elco power sudah netral, selanjutnya sobat visa memeriksa berbagai hal (komponen) yang ada pada bagian power. Kerusakan semacam ini, biasanya disebabkan karena putusnya resistor kilo besar, yang umumnya dari kaki positif elco power ada resistor sekian kilo ohm untuk mensuplay vcc pembangit power. Solusi TV mati total karena ini, tentu dengan mengganti resistornya jika rusak atau putus.

Jangan lupa periksa resistor-resistor lainnya, serta dioda dan zd pendukung yang letaknya ada pada bagian power. Gantilah berbagai komponen tersebut, jika setelah dicek ternyata mengalami kerusakan.

Jika setelah dicek ternyata komponen-tersebut semuanya dalam keadaan baik, namun TV belum juga hidup. Silahkan sobat bisa melalukan solusi lain, salah satunya dengan mengganti ic power, terutama apabila pembangkit power tersebut menggunakan ic dengan ic yang sama.

Dalam beberapa kasus mati totalnya elco power menyimpan tegangan, juga bisa disebabkan oleh rusalnya travo playback, atau juga bisa disebabkan karena kerusakan monitor.

Demikian penjelasan mengenai penyebab dan solusi TV mati total. Semoga bermanfaat, jika ada pertanyaan silahkan bisa menggunakan kolom komentar di bawah ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *