7 Cara Mengatasi Suara Brisik pada Kulkas, Pahami Penyebabnya!

  • Whatsapp
Cara Mengatasi Suara Brisik pada Kulkas

Suara brisik pada kulkas disebabkan banyak hal, diantaranya karena baut longgar, tegangan listrik tidak stabil, kompresor rusak, ,kipas rusak, pipa berhimpitan dan lain sebagainya.

Masalah ini bukan hanya dialami kulkas yang sudah berumur, namun bisa juga terjadi pada produk baru. Jika hal ini dibiarkan, suara tak bersahabat tersebut tentu akan terasa mengganggu. Terlebih jika terjadi malam hari menjelang istirahat, dan suasana benar-benar sunyi.

Cara mengatasi suara brisik pada kulkas, tidak harus dilakukan oleh teknisi profesional. Jika kerusakannya ringan, anda pun bisa memperbaikinya sendiri.

Bila kulkas berdengung atau suara bising lainnya, terjadi pada unit yang masih garansi. Sangat disarankan untuk menghubungin toko dimana kulkas tersebut dibeli. Disinilah pentingnya, memilih toko elektronik terbaik dan terpercaya.

Jangan menyepelekan masalah yang terjadi pada kuklas Anda. Hal tersebut berpotensi dapat menimbulkan masalah yang lebih berat, sehingga biaya service pun bisa lebih tinggi.

Selain mengetahui cara merawat kulkas agar awet, Anda juga harus mengetahui penyebab kulkas cepat rusak. Kedua pembahasan tersebut, telah kami bahas pada postingan sebelumnya.

Cara Mengatasi Suara Brisik pada Kulkas

Dalam mengatasi suatu permasalahan, maka kita harus mengetahui terlebih dulu akar permasalahannya. Berikut ini, solusi mengatasi suara brisik pada kulkas, sesuai dengan penyebabnya:

1. Baut Longgar

Baut kompresor yang longgar, adalah salah satu penyebab timbunya bunyi berisik pada bagian belakang kulkas.

Cara mengatasi masalah ini terbilang paling mudah. Anda tinggal mengencangkan setiap baut yang longgar, maka suara brisik tersebut akan hilang.

2. Tegangan Listrik Tidak Stabil

Kelistrikan adalah salah satu hal yang sangat penting, dalam kerja suatu sistem elektronika. Salah satu hal yang harus diperhatikan adalah kesetabilan arusnya.

Arus listrik yang tidak stabil, salah satunya dapat menyebabkan kompresor mengeluarkan suara bising secara terus-menerus.

Bila hal itu terjadi, sebaiknya segeralah gunakan stabilizer. Ini adalah alat terbaik untuk menstabilkan arus listrik, sehingga suara bising kulkas pun dapat segera hilang.

3. Kompresor Rusak

kulkas berdengung

Penyebab suara brisik pada kulkas berikutnya, karena kompresor yang tidak berfungsi dengan baik. Jika komponen ini rusak, maka dapat menghasilkan suara beragam pada kulkas. Mulai dari kulkas berdengung, hingga suara keras dan berisik yang sangat menganggu.

Kompresor sendiri merupakan komponen terpenting, dalam proses perubahan energi pada kulkas, dari energi listrik hingga menghasilkan suhu yang dingin.

Tanda kompresor rusak yang mudah diidetifikasi, tentu dengan memeriksa suhu di dalam lemari es. Jika suhunya sudah tidak dingin, atau freezer sudah tidak bsa membekukan air, berarti Anda harus segera memeriksa kompresornya.

Kerusakan kompresor, juga dapat ditandai dengan kulkas berdengung keras, atau munculnya bunyi derit yang berisik. Selain karena tegangan yang tidak stabil, bunyi dengung juga bisa disebabkan tegangan listrik yang terlalu rendah.

Cara mengatasi kulkas berdengung, atau kebisingan lainnya karena masalah kompresor, disarankan untuk terlebih dahulu mengidentifikasi masalah tersebut dengan lebih spesifik.

Jika usianya sudah cukup lama, dan mulai lemah. Contohnya karena ring piston aus, disebabkan kekurangan pelumas. Langkah terbaik, adalah menggantinya dengan yang baru.

Kamu bisa membeli kompresor di toko elektronik terdekat, maupun membelinya secara online.

Harga kompresor kulkas tentu beragam. Contohnya saja untuk kompresor kulkas 2 pintu, harga barunya sekitar Rp 700 ribu sampai Rp800 ribuan. Sementara untuk yang second, sekitar Rp 300 ribu hingga Rp 400 ribuan.

4. Kipas Rusak

Kipas atau fan kulkas yang rusak, juga dapat menimbulkan suara bising pada kulkas. Penyebab hal ini terjadi, umumnya karena  bagian motornya yang mulai aus. Akibatnya perputaran kipas mulai berat, sehingga mengeluarkan suara mencicit.

Untuk mengatasi hal ini, langkah terbaik adalah mengganti kipas tersebut dengan yang baru. Tentu saja, unit ini juga bisa kamu beli secara online maupun offline.

Jika yang rusak hanya baling-balingnya saja, biaya yang Anda keluarkan pun akan lebih terjangkau.

Harga fan atau kipas kulkas juga bermacam-macam. Semua ditentukan oleh merk kipas, type, dan kelengkapan yang dimilikinya. Sebagai gambaran, kipas kulkas dua pintu harganya antara Rp 100 ribu hingga Rp 400 ribuan.

Jika hanya bagian tertentunya saja yang rusak, tentu Anda tidak harus membelinya satu set. Selain bisa membeli baling-balingnya saja, Anda juga bisa membeli motor kipasnya saja. Dengan hal ini, Anda bisa lebih hemat pengeluaran.

Selain karena kerusakan, kipas juga bisa menimbulkan suara keras jika terjadi penumpukan es. Hal ini karena, bunga es dapat menghalangi pergerakan bilah kipas, sehingga baling-balingnya tidak bisa berputar dengan lancar.

Cara mengatasi hal ini sangatlah mudah. Anda tinggal membersihkan bunga es, khususnya yang berada di sekitar kipas.

5. Pipa Berhimpitan dengan Body Kulkas

Meski hal seperti ini jarang sekali terjadi. Namun bisa saja, kulkas di rumah Anda, pipanya dalam keadaan berhimpitan dengan body kulkas.

Jika hal tersebut terjadi, maka kulkas bisa menyebabkan suara berisik. Solusinya, tentu dengan merenggangkan pipa tersebut dengan dinding kabinet.

6. Motor Kipas Evaporator Rusak

Suara berisik pada kulkas, juga bisa disebabkan oleh rusaknya motor kipas evaporator. Ciri hal tersebut, biasanya ditandai dengan dinding belakang freezer yang terasa lebih panas dari biasanya.

Kerusakan kipas evaporator pada kulkas, umumnya dikarenakan usianya yang sudah tua, sehingga kemudian aus dan rusak. Tiada solusi terbaik selain menggantinya dengan yang baru.

Harganya pun tidak mahal, sekitar Rp 100 ribuan. Ada juga yang harganya di atas itu.

Kerusakan juga bisa terjadi pada bagian cincin/ strip tepi atau grommet, yang menjadi dudukuan bagi motor kipas evaporator. Selain karena aus, kerusakan komponen ini juga bisa disebabkan karena longgar. Akibatnya kipas akan bergerak pada breketnya, sehingga dapat menimbulkan suara.

Solusinya, tentu saja dengan mengganti ring cincin tersebut. Terutama jika memang sudah longgar maupun aus.

Hubungi Teknisi Profesional

Cara Mengatasi Suara Brisik pada Kulkas

Memang cukup sulit bagi orang awam, untuk mengetahui ciri-ciri berbagai suara yang ditimbulkan kulkas. Tentu itu wajar, sebab memang pengalaman akan hal itu masih minim.

Atas dasar itu, lebih dianjurkan untuk menggunakan jasa teknisi kulkas profesional untuk mengatasi masalah ini.

Dengan hal ini, Anda tidak perlu repot lagi menebak-nebak penyebab dan solusinya.

Selain karena kerusakan komponen, bisa jadi hal tersebut menandakan kulkas perlu dibersihkan atau langkah perwatan lainnya.

Demikianlah pembahasan mengenai, penyebab dan cara mengatasi suara brisik pada kulkas. Semoga informasi ini bermanfaat, jangan lupa share ya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *