2 Teknik Dasar Merangkai Lampu LED Secara Seri dan Pararel

  • Whatsapp
Teknik Dasar Merangkai Lampu LED

Artikel ini akan membahas teknik dasar merangkai lampu LED secara lengkap, baik secara seri dan pararel. Dengan mengetahui informasi ini, maka Anda akan dapat dengan mudah merangkai lampu LED sendiri. Selain untuk kepentingan pribadi, tentu keterampilan ini juga dapat digunakan sebagai media usaha.

LED sendiri merupakan sejenis dioda yang mampu memancarkan atau memantulkan cahaya. Di zaman canggih seperti sekarang, LED atau Light Emitting Diode sudah begitu banyak difungsikan sebagai lampu dengan berbagai keperluan seperti lampu penerangan pada rumah maupun kantor, lampu penerangan lalu lintas dan jalanan umum, pencahayaan mobil, papan iklan dan dekorasi, indikator peralatan elektronik, dan lain-lain.

LED sendiri merupakan komponen yang sangat sensitif terhadap arus dan tegangan listrik. Oleh karena itu, nilai kedua tersebut harus ditentukan dan disesuaikan dengan LED yang dibutuhkan. Komponen LED dapat terbakar jika arus dan tegangan listrik yang digunakan melebihi batas kemampuannya.

Oleh karena itu, Anda membutuhkan resistor dengan nilai resistensi tertentu untukmemperoleh arus dan tegangan yang sesuai.Pada umumnya, resistor dihubungkan secara seri dengan LED agar mendapatkan nilai resistensi yang unik dan sesuai.

2 Teknik Dasar Merangkai Lampu LED

Anda bisa memulai untuk membuat rangkaian sederhana yang hanya memerlukan satu buah LED dan satu buah resistor. Jumlah LED akan berpengaruh pada tingkat pencahayaan. Semakin terang pencahayaan yang Anda inginkan, semakin banyak jumlah LED yang akan Anda pakai dan rangkai. Untuk pencahayaan yang membutuhkan LED yang banyak, Anda bisa melakukan pemasangan rangkaian LED secara seri dan pararel.

Baca Juga : 2 Cara Memasang Genset pada Instalasi Listrik PLN dengan Benar dan Mudah

1. Rangkaian Seri LED

Teknik Dasar Merangkai Lampu LED

LED bisa dipasang dengan rangkaian seri atau sejajar. Dalam merangkai LED secara seri, Output Positif dari Pencatut Daya harus terkoneksi dengan Anoda atau kaki terminal positif dari LED pertama. Selanjutnya, Katoda atau kaki terminal negatif pada LED pertama disambungkan pada Anoda LED kedua. Begitu seterusnya berselang-seling.

Ada beberapa catatan penting yang harus Anda ketahui dalam teknik merangkai lampu LED:

  1. Setiap LED harus mengalirkan arus yang sama,
  2. Jumlah tegangan di setiap LED harus sama dengan total tegangan pada rangkaian,
  3. Seluruh rangkaian tidak akan berfungsi jika terdapat salah satu LED yang rusak,
  4. Rangkaian seri mudah sekali dibuat.

2. Teknik Rangkaian Pararel LED

Teknik Dasar Merangkai Lampu LED

LED yang dirangkai pararel akan disusun berderet. Dalam rangkaian ini, seluruh Anoda LED disambungkan bersama pada Output positif tegangan sumber. Begitu pula dengan seluruh Katoda LED akan disambungkan bersama pada Output negatif tegangan sumber.

Ada beberapa catatan penting yang wajib Anda ketahui dalam membuat rangkaian pararel LED:

  1. Setiap LED memerlukan tegangan yang sama,
  2. Jumlah arus yang mengalir pada LED harus sama dengan total arus yang mengalir pada rangkaian tersebut,
  3. Total Output harus dibagi pada setiap baris pararel LED yang dilalui.

Untuk menentukan nilai resistensi pada resistor yang sesuai dengan kebutuhan, Anda bisa menggunakan rumus tertentu sebagai teknik dasar merangkai lampu LED. Jika Anda tidak terlalu suka pelajaran matematika, hal ini akan menimbulkan sedikit kesukaran dan keengganan Anda mempelajarinya.

Namun, sebaiknya Anda tetap harus menguasai hal ini jika ingin membuat sebuah lampu LED yang berkualitas baik. Menciptakan sesuatu walaupun terlihat sederhana tetapi berguna akan lebih bermanfaat dan bernilai positif bagi banyak orang.

Anda tidak boleh menyerah hanya karena ada permasalahan matematika yang harus dipecahkan terlebih dahulu. Anda bisa menganggapnya sebagai tantangan untuk mendapatkan sesuatu yang sangat berharga. Mulailah dengan mempelajarinya secara pelan dan bertahap. Jangan terburu-buru ingin bisa sementara kemampuan matematika Anda memang tergolong lemah dan lambat.

Penutup

Demikian penjelasan tentang teknik dasar merangkai lampu LED. Dengan belajar dan berlatih dengan tekun, Anda akan bisa dengan mudah membuat rangkaian LED tersebut, baik secara seri atau pararel. Mulai dari yang sederhana terlebih dahulu kemudian disusul dengan yang sedikit rumit. Selamat mencoba dan semoga berhasil. Jangan lupa tinggalkan komentar ya, dan jika berkenan silahkan disahare sehingga kami bisa semakin semangat dalam berkarya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *