Daftar 5 Teknologi MotoGP yang Sudah Ada di Motor Pabrikan, Penasaran?

  • Whatsapp
teknologi terbaik di motogp

Teknologi MotoGP sudah ada yang digunakan di motor pabrikan, wah tentu sangat menarik dan canggih. Sebab MotoGP bisa dibilang adalah kegemaran hampir setiap orang, terutama para pecinta otomotif. Sebab, motor yang di lintasan MotoGP biasanya adalah motor-motor dengan teknologi canggih dan terdepan. Maka sama sekali tak mengejutkan jika motor yang ada di MotoGP harganya sangatlah mahal.

Namun, saat ini beberapa teknologi yang ada pada motor MotoGP sudah terdapat pula di motor-motor pabrikan. Nah, bagi kamu pecinta otomotif, harus tahu teknologi apa saja yang ada telah diwariskan tersebut. Yuk simak kelanjutannya!

5 Teknologi MotoGP yang Sudah Ada di Motor Pabrikan

Rekomendasi Kami : Cara Jitu Modifikasi Motor Amfibi Agar Bisa Berjalan di Dalam Air

1. Swing Arm

teknologi motogp

Teknologi MotoGP yang pertama ada di motor pabrikan adalah Swing Arm. Swing arm sendiri merupakan frame yang dilekatkan pada bagian roda belakang dan juga rangka utama motor. Teknologi ini sangat penting untuk menjaga stabilitas motor agar nantinya tidak terguncang apabila berada di trak yang tidak rata.

Karena membuat suspensi roda belakang tak terlalu berat, maka swing arm bisa dikatakan membantu dalam menjaga keseimbangan pada motor yang digunakan. Selain itu, ada juga fungsi lain dari swing arm berupa kemampuan menjaga supaya rantai motor tetap tegang saat terjadi penekanan pada tuas kopling. Salah satu kendaraan roda dua yang sudah menggunakan teknologi ini adalah Yamaha New Vixion.

2. Brake Cooling Duct

teknologi motogp honda

Teknologi MotoGP yang satu ini konon katanya pertama kali dipakai pada produk motor Ducati. Dengan cara mengalirkan udara dari arah depan, maka akan membuat kaliper rem tidak terlalu panas. Selain itu, teknologi ini juga mampu menjaga suhu mesin supaya tetap normal karena memang mesin tersebut akan selalu mendapat udara segar.

Tak hanya Ducati, produk lain yang juga memakai teknologi ini adalah Yamaha YZF-R25. Motor yang mempunyai kecepatan 250 cc tersebut memakai air rum duct yang posisinya terletak pada bagian tengah lampu depan. Meski begitu fungsinya pun sama saja, yakni untuk menangkap angin untuk menjaga motor tetap dalam suhu normal.

3. Blue Core

teknologi motogp Yamaha

Teknologi MotoGP berikutnya ada pada Blue Core yang pertama kali terkenal saat digunakan oleh Valentino Rossi dan juga Jorge Lorenzo. Perangkat tersebut memiliki kemampuan untuk membuat tenaga motor jadi lebih optimal. Namun, tetap bisa menghemat bahan bakar dari motor yang digunakan tersebut.

Bahkan perangkat Blue Core ini juga dianggap sebagai teknologi yang ramah lingkungan. Adapun produk paling baru yang menggunakan teknologi satu ini adalah Mio M3 125, All New Soul GT, dan juga NMax.

4. Traction Control System

Nah, kalau teknologi MotoGP ini memang banyak digunakan oleh setiap motor yang berada di lintasan tersebut. Gunanya adalah untuk mencegah guncangan atau selip yang bisa saja terjadi saat menikung. Perangkat tersebut memang sengaja dirancang khusus agar mampu mengurangi resiko ban belakang yang selip saat dimaksimalkan akselerasinya.

Baca Juga : Berbagai Alat Ukur Otomotif dengan Teknologi Elektronik yang Harus Kamu Tahu!

Dengan teknologi ini, meski jalan yang dipakai berbelok dan juga licin sekalipun, maka tak akan membuat motor yang digunakan jadi gampang jatuh. Motor pabrikan yang menggunakan teknologi ini salah satunya adalah Yamaha XMax.

5. Brake Lever Protector

Kali pertama semua motor yang ada di lintasan MotoGP menggunakan teknologi ini adalah ketika Grand Prix Commission yang ada di Valencia pada tahun 2011. Teknologi MotoGP ini nyatanya sangat berguna dalam menambah keamanan bagi para pengendaranya dari senggolan yang bisa saja terjadi.

Memang tak semua produk baru menjadikan Brake Lever Protector sebagai perangkat bawaan, akan tetapi kamu bisa membeli perangkat yang satu ini karena memang dijual terpisah dan memiliki harga yang amat terjangkau.

Penutup

Dengan sepeda motor kamu menggunakan teknologi canggih sekelas MotoGP maka selain keamanan kenyamanan dalam berkendara pun akan semakin terjamin. Namun demikian, pastikan selalu berhati-hati dalam berkendara, gunakan alat keselamatan yang lengkap seperti helm, sepatu, jaket dan lainnya. Jangan lupa pula selalu patuhi rambu-rambu lalu lintas. Berdoa selalu dalam setiap kesempatan, ingatlah teknologi secanggih apa pun takan mungkin bisa mengalahkan kekuatan doa, sebab ia merupakan ikhtiar manusia yang paling utama.

Sekarang sudah tahu kan, apa saja teknologi MotoGP yang telah disematkan di motor pabrikan? Tertarik memilikinya? Jangan lupa share artikel ini agar semakin banyak yang bisa merasakan manfaatnya ya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *