Terdaftar di Jaringan

15 Cara Mengatasi Kartu SIM Tidak Terdaftar di Jaringan yang Terbukti Berhasil!

Diposting pada 34.746 views

Tidak terdaftar di jaringan (not registered on network) adalah pemberitahuan yang bisa muncul, ketika kamu melakukan panggilan atau melakukan dial kode ussd tertentu. Baik untuk mengecek jumlah pulsa, kuota, maupun transaksi lainnya.

Hal ini tentu sangat mengganggu, terlebih jika terjadi dalam waktu lama dan komunikasi via ponsel tersebut sangatlah penting. Atas dasar itu, perlu memahami cara mengatasinya sehingga masalah ini tidak berlarut-larut.

Penyebab Kartu SIM Tidak Terdaftar di Jaringan

Sebelum membahas cara mengatasi kartu SIM tidak terdaftar di jaringan, ada baiknya kita pahami lebih dulu penyebab dari masalah ini. Secara garis besar, kemungkinan penyebabnya ada dua. Jika tidak dari kartu SIM berarti ponselnya yang bermasalah.

Ada pun beberapa penyebab not registered on network tersebut, diantaranya adalah:

  • Kartu SIM belum diregistrasi
  • Jaringan mengalami gangguan
  • Kartu SIM terblokir
  • Ponsel gagal memindai jaringan
  • Terdapat kesalahan pada sistem
  • Sistem mengalami kerusakan
  • Kerusakan IC PA

15  Cara Mengatasi Kartu SIM Tidak Terdaftar di Jaringan

Setidaknya ada 15 cara mengatasi kartu SIM tidak terdaftar di jaringan (not registered on network). Berikut ulasan lengkapnya.

1. Tunggu Beberapa Saat

Ada kalanya kartu SIM yang tidak terdaftar di jaringan, dapat teratasi dengan sendirinya. Terutama jika operator yang bersangkutan, sedang mengalami masalah pada jaringannya. Di sini kita hanya membutuhkan sedikit kesabaran untuk menunggunya, sekitar 60 menitan.

Jika setelah ditunggu masalah ini belum teratasi, coba gunakan kartu ponsel lain. Selain menggunakan punya sendiri, kamu bisa meminjam dari anggota keluarga lain maupun milik teman.

Jika dengan menggunakan ponsel lain tidak terdapat masalah,  besar kemungkinannya ponsel kamu mengalami kerusakan. Baik karean hardware, maupun softwarenya.

2. Pastikan Kartu SIM Sudah Didaftarkan

Ada kalanya, masalah SIM mengalami not registered net work disebabkan karena belum diregistrasi. Jadi meski sinyalnya penuh, SIM tersebut belum dapat izin untuk digunakan. Hal ini juga berlaku, jika SIM membutuhkan registrasi ulang.

Jadi, pastikan SIM yang digunakan sudah diregistrasi ya. Jangan sampai, setelah membeli lupa melakukannya dan hanya memasangnya pada smartphone.

Cara registrasi tentunya sangat mudah. Kita hanya menuliskan nomor NIK diakhiri pagar (#) kemudian no KK (#), selanjutnya kirim ke 4444. Contoh 3329152222222#332915333333#

3. Gunakan Jaringan Mode Manual

Saat karu SIM dimasukan ke ponsel, maka sistem akan secara otomatis mendeteksi jaringan yang sesuai dengan operatornya. Jika jaringan mengalami masalah, baik kehilangan jaringan maupun muncul notifikasi not registered net work.

Masalah ini biasanya bisa diatasi dengan mengubah mode jaringan otomatis ke manual. Caranya sangat gampang. Kamu tinggal masuk pada menu pengaturan, kemudian pilih pengaturan SIM, lalu pilih kartu SIM yang ingin disetting tersebut.

Selanjutnya buka pengaturan jaringan seluler, ubah mode pencarian otomatis menjadi manual. Tunggu beberapa saat, sampai sistem menemukan beberapa jaringan operator yang tersedia. Pastikan kamu memilih sesuai jaringan operator yang digunakan. Tunggu beberapa saat, hingga pencarian jaringan selesai.

Jika dengan melakukan ini, notifikasi kartu SIM tidak terdaftar di jaringan sudah tidak ada lagi, kamu bisa merubah mode jaringan tersebut menjadi otomatis.

4. Rubah Mode Jaringan ke 2G

Setiap SIM Card yang terpasang pada ponsel, semuanya akan melakukan deteksi jaringan yang sesuai dengan lokasi dimana ponsel tersebut berada. Bisa 2G, 3G, LTE bahkan 5G jika ponsel dan lokasinya memang sudah mendukung.

Kartu SIM tidak terdaftar di jaringan, bisa terjadi karena jaringan. Untuk mengatasinya, coba ubah mode jaringannya ke 2G atau 3G dan kemudian melakukan dial kode ussd, atau melakukan panggilan.

5. Aktifkan Mode Pesawat

Mode pesawat adalah salah satu cara terbaik, menghilangkan notifikasi not registered on network yang disebabkan oleh jaringan. Dengan mengaktifkannya, maka semua jaringan ponsel akan mati.

Tunggulah beberapa saat setelah mode tersebut diaktifkan. Setelah itu, non aktifkan kembali mode pesawat tersebut. Kemudian coba melakukan panggilan, atau dial kode ussd tertentu. Terkadang masalah jaringan yang tidak terdeteksi, dapat terselesaikan dengan cara sederhana ini. Namun tidak selamnya, terutama jika dikarenakan faktor lain.

6. Setting Jaringan Menggunakan Kode Rahasia

Langkah berikutnya yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi masalah ini, adalah dengan mengganti jaringan menggunakan kode rahasia untuk jaringan yang digunakan.

Kamu bisa dial kode jaringan seperti *#*#4636#*#* maupun *#*#3848#*#* .Silahkan ganti kode jaringan sesuai dengan yang kamu gunakan, baik itu LTE/TD-SCDMA-UMTS maupun lainnya. Penting untuk diingat, untuk tidak memilih LTE only. Hal ini karena fungsinya untuk mengunci jaringan 4G saja, jadi jika digunakan untuk mengecek pulsa pun kamu tidak akan bisa melakukannya.

7. Restart HP

Ada kalanya, permaslalahan yang terjadi pada ponsel bisa teratasi cukup dengan merestartnya. Dengan melakukan ini, maka ponsel akan memulai ulang sehingga seakan baru dihiudpkan. Coba saja cara ini, barangkali bisa membantu.

8. Lepaskan Kartu SIM

Selain meretartnya, kadang masalah ini juga bisa teratasi dengan melepas dan memasang kembali kartu SIM. Dengan melakukan ini, maka jaringan pada kartu SIM tersebut dapat kembali teresert.

Caranya tentu sangat mudah. Kamu tinggal menonaktifkan ponsel, lalu ambil kartu SIM nya. Oh ia, jika bagian kuningannya terlihat kotor sebaiknya dibersikan dulu. Kamu bisa menggunakan penghapus pensil, dan menggosoknya perlahan sampai bersih.

Setelah kartu SIM dimasukan kembali, silahkan nyalakan ponsel. Tunggu sampai jaringannya mucul. Kemudian, silahkan melakukan panggilan atau dial ussd.

9. Hubungi Customer Service Operator

Kartu SIM Tidak Terdaftar di Jaringan

Apa pun opeartor seluler yang kamu gunakan, tentunya memiliki customer service (CS). Silahkan hubungi  CS tersebut, untuk memastikan bahwa tidak ada masalah pada kartu SIM yang kamu gunakan. Jika ada pun, maka pihak operator seluler akan mengetahuinya sehingga bisa membantu untuk segera mengatasinya.

Namun jika ternyata setelah dicek tidak ada masalah, kemungkinan besar ada kerusakan pada ponsel kamu.

10. Datang ke Call Center Terdekat

Salah satu solusi terbaik untuk mengatasi masalah apa pun pada kartu SIM kamu, tentu dengan mendatangi call center terdekat dari opeartor tersebut. Bagi pengguna Telkomsel bisa datang ke Grapri, pengguna Indosat ke Call Center Indosat, dan bagi pengguna XL bisa datang ke XL Center.

Dengan mendatangi langsung, jika setelah dicek SIM kamu ternyata bermasalah maka pegawai yang ada di sana bisa membantu mengatasinya.

11. Ganti Kartu SIM

Kartu SIM Tidak Terdaftar di Jaringan

Jika ternyata kartu SIM yang digunakan sudah rusak parah, kamu tak perlu khawatir. Dengan mendatang langsung ke grafri maupun tempat transfer nomor lainnya, kamu bisa ganti kartu baru dengan tanpa harus mengganti nomor ponsel.

Hal ini tentu sangat membantu, terutama jika nomor yang kamu gunakan sudah sangat lama dan sudah sangat dikenal luas. Baik oleh keluarga, teman, rekan kerja, hingga calon customer.

12. Atasi Tidak Terdaftar di Jaringan dengan Flash Ponsel

Jika semua cara di atas telah dilakukan, namun masalah tidak terdaftar di jaringan ini belum juga hilang, kemungkinan ada kerusakan pada ponsel. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan flash hp. Namun cara ini juga tidak menjamin akan berhasil.

Jika belum memahami caranya, ada banyak tutorial cara flash hp di Google maupun YouTube. Namun jika ragu, membawanya ke service center adalah pilihan bijak.

13. Update OS (Sistem Operasi Ponsel)

Notifikasi Not registered on network yang muncul, juga bisa disebabkan sistem operasi yang berjalan tidak dengan semestinya. OS yang tidak diperbaharui, biasanya akan terdapat bug.

Menyikapi hal ini, beberapa varian smartphone terbaru saat ini memberlakukan update OS. Tujuannya adalah untuk memperbaiki sistem eror maupun menambah performa ponsel. Namun, masih ada juga yang tidak bisa update OS.

14. Reset Hp Ke Pengaturan Awal

Berbagi masalah pada ponsel biasanya dapat diatasi dengan melakukan reset hp, sehingga setelannya akan kembali seperti saat pertama beli dulu. Namun berbagai data maupun aplikasi tentunya akan hilang, kecuali bawaan pabriknya.

Beberapa orang mengaku, berhasil mengatasi masalah not registered on network dengan melakukan reset ponselnya. Namun, pastinya kamu harus siap kehilangan data di memori perangkat.

Sebelum melakukannya, sebaiknya pindahkan dulu beberapa data penting yang bisa dipindahkan. Baik melalui memori card, maupun aplikasi backup di Playstore.

15. Service Ponsel

not registered on network

Jika ke-14 hal di atas belum juga berhasil, cara pamungkas yang bisa kamu lakukan membawanya ke tempat servis. Hal ini untuk mengantisipasi, jika kemungkinan ada komponen ponsel yang rusak dan harus diganti, Atau bisa juga ada cara lain dari tukang servis untuk menghilangkan notifikasi not registered on network, yang terbukti ampuh.

Demikian beberapa cara yang bisa dilakukan, untuk mengatasi kartu SIM tidak terdaftar di jaringan (not registered on network). Setelah teratasi jangan lupa ceritakan di kolom komentar ya. Semoga dengannya, para pembaca lain bisa semkin terbantu. Terima kasih, semoga cepat sukses dengan semangat berbagai manfaat untuk sesama!

Gambar Gravatar
Jasa Rilis dan Backlink ke Berbagai Media Nasional Menerima kursus blog sampai menghasilkan dari berbagai sumber, Jasa pembuatan Blog, Website, maupun Toko Online. Mulai dari 50K s/d 800K. More info klik detatang.com Temukan tulisan saya di Membangun Inspirasi, detatang.com, duniaelektronik.net, klikmania.net dan puluhan blog lainnya. Contact: admin@detatang.com / 0823 2727 7319