Cara Mengatasi Tinta Printer Epson Tidak Keluar dengan Mudah dan Aman!

Diposting pada 416 views

Cara mengatasi tinta printer Epson tidak keluar yang aman harus dipahami dengan baik. Sebab jika sampai keliru, bisa terjadi konslet sehingga printer bisa mati total.

Atas dasar itu, sebaiknya jangan terburu-buru melakukan sesuatu sebelum mengetahui ilmunya. Seperti biasa duniaelektronik.net akan memberikan solusi berdasarkan pengalaman penulisnya.

Penyebab Tinta Printer Epson Tidak Keluar

Tulisan ini adalah lanjutan dari postingan sebelumnya yang berjudul, cara menguras tinta printer Epson sampai benar-benar bersih.

Postingan tersebut menceritakan pengalaman penulis yang salah mengisi tinta, dimana tinta pigmen anti air akhirnya tercampur dengan tinta biasa.

Nah setelah dikuras dan diisi, tinta tersebut tidak nampak keluar. Awalnya keluar sedikit, lama-lama tidak keluar sama sekali. Mencari informasi di internet cara mengatasi tinta printer Epson L3110 tidak ada yang pas, tak sedikit yang caranya cukup ribet.

Mayoritas mengharuskan kita untuk melepas catrid dan dudukannya. Khawatirnya ada bagian sensitif yang justru terkena tinta dan akhirnya malah konslet.

Sebelum membahas cara mengatasi tinta printer Epson tidak keluar, sebaiknya kita pahami penyebannya lebih dulu.

Lupa Mengisi Tinta

Kadang saking sibuknya mencetak, kita bisa sampai lupa mengisi tinta. Akibatnya tiba-tiba hasil cetakan menjadi tidak jelas dan akhirnya tidak ada sama sekali.

Ternyata setelah dicek tinta habis, tentu saja solusinya sangat mudah, yakni kita tinggal mengisi tabung tintanya saja.

Ada Kotoran yang Menutupi Saluran Keluar Tinta

Kesimpulan ini didapatkan dari pengalaman sendiri, dimana tinta masih terisi penuh namun tidak mengeluarkan hasil cetakan.

Sekalipun dilakukan head cleaning mendalam tinta dalam tabung kapasitasnya tetap sama. Padahal setiap melakukan head cleaning, tinta seharusnya terkuras. Apalagi jika menggunakan power cleaning, tentu tinta yang dikeluarkan akan lebih banyak.

Atas dasar itu, penulis menarik kesimpulan jika memang ada kotoran yang menghalangi saluran tinta.

Kedua hal itulah yang umumnya menyebabkan tinta printer Epson L3110 tidak keluar. Termasuk seri printer Epson lain tentunya.

Penyebab lain bisa disimak pada postingan cara mengatasi tinta printer tidak keluar setelah ganti head.

Cara Mengatasi Tinta Printer Epson Tidak Keluar

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan jika tinta printer Epson tidak keluar. Tentu saja menyesuaikan penyebabnya. Jika memang karena tinta habis, kamu bisa langsung menambahkannya.

Namun lain ceritanya jika tinta terisi penuh. Tentu dibutuhkan upaya khusus.

Lakukan Head Cleaning

Cara mengatasi tinta printer Epson tidak keluar

Sebelum memikirkan langkah lain, jangan lupa lakukan head cleaning lebih dulu. Bukan hanya dapat mengatasi hasil printer tidak jelas atau putus-putus, head cleaning juga bisa memperlancar saluran tinta, bahkan menghilangkan kotoran yang menyumbat.

Cara melakukan head cleaning printer Epson juga cukup mudah. Kamu tinggal masuk pada menu print, pilih pengaturan, kemudian klik pemeliharaan, dan klik head cleaning.

Selanjutnya tinggal tunggu proses sampai selesai. Untuk mengetahui hasilnya, silahkan klik print atau cetak. Jika masalah belum teratasi, kamu bisa melakukan proses head cleaning beberapa kali.

Namun jika ternyata tidak juga membuahkan hasil seperti yang diharapkan, kamu bisa menggunakan menu power cleaning atau head cleaning mendalam.

Untuk melakukan ini, pastikan tinta dalam tabung cukup, sebab dibutuhkan tinta yang tak sedikit. Jadi jangan heran ya, jika setelah melakukan power cleaning, tinta dalam tabung jadi berkurang cukup banyak.

Berbeda dengan head cleaning biasa, kamu hanya bisa melakukan power cleaning kembali, setelah minimal 12 jam dari waktu melakukan power cleaning sebelumnya. Jika memang kotoran yang menyumbat tidak terlalu kuat, masalah ini biasanya langsung teratasi.

Gunakan Printerhead cleaner

Cara mengatasi tinta printer Epson tidak keluar yang sangat efektif adalah dengan memanfaatkan cairan printer head cleaner.

Cara penggunaannya beragam ada yang meredam catridge yang tersumbat pada cairan tersebut. Ada juga yang menyuntikannya pada saluran tinta.

Cara mengatasi Tinta Printer Epson L3110 Tidak Keluar

Karena penulis saat itu menggunakan printer Epson L3110, maka penulis menggunakan subjudul ini. Penulis yakin ini juga berlaku untuk printer lainnya.

Caranya pun sangat simpel, dan terbukti aman untuk printer. Berikut ini tahapannya:

Pertama silahkan buka dua baud bagian depan, agar bisa mengangkat bagian scanner printer.

Selanjutnya silahkan buka scanner dan tahan posisinya menggunakan benda tumpul. Selain memudahkan tahapan selanjutnya, kamu juga tidak perlu membongkar scannernya.

Setelah itu, seperti bisa lepaskan mika yang menempel pada selang tinta. Biasanya penulis menggunakan bekas kartu perdana, selain memudahkan juga aman untuk selang.

Selanjutnya lepaskan catridge tinta satu persatu, dan taruh di posisi yang tepat.

Siapkan tisu, atur ukurannya agar sesuai dan tempatkan di jalan catridge.

Cara mengatasi tinta printer Epson tidak keluar

Jalankan dudukan catridge, dan posisikan agar posisinya berada di atas tisu tadi. Gunanya agar cairan tidak menyebar ke area sensitif printer dan terserap tisu. Jika agak susah, kamu bisa mengngkat dudukan catridge pelan-pelan sambil di jalankan.

Setelah posisinya tepat, siapkan suntikan tinta dan selang yang ukurannya sesuai.

Cara Menggunakan Printerhead Cleaner

Sedot cairan printerhead cleaner menggunakan suntikan tersebut.

Cara mengatasi tinta printer Epson tidak keluar

Masukan selang, pada lubang saluran tinta rumah catridge terutama pada warna tinta yang tidak keluar. Jadi kalau hanya satu warna yang tidak keluar, cukup ke warna tersebut saja.

Setelah posisi selang pas, silahkan dorong suntikan tersebut secara pelan-pelan. Ingat pelan-pelan saja.

Jika terasa keras, diamkan sebentar biarkan cairan tersebut bekerja untuk melunakan kotoran yang menyumbat, untuk kemudian dorong kembali pelan-pelan.

Terus dorong secara pelan sampai terasa dorongan mulai ringan. Jika cairan printerhead cleaner sudah bisa masuk dengan leluasa, berarti kotoran yang menyumbat sudah hilang.

Lepaskan selang suntikan tersebut. Lalu bersihkan dudukan catridge dari tinta dan kemungkinan cairan yang menyebar menggunakan tisu.

Cara mengatasi tinta printer Epson tidak keluar

Pasang kembali semua catridge pada dudukannya semula. Jalankan catridge, kemudian ambil tisu yang ada di jalan catridge tadi.

Ganti tisu di jalan catrige dengan yang baru, kemudian jalan-jalankan kembali catridge di atas tisu tersebut. Ulangai dua atau tiga kali, untuk memastikan dudukan catridge bagian bawah sudah benar-benar bersih.

Jika sudah bersih, lap jalan catridge dengan tisu baru agar benar-benar bebas dari bekas cairan atau debu.

Test Printer Anda

Setelah itu silahkan lakukan test print apakah cara mengatasi tinta printer Epson tidak keluar ini sudah berhasil atau belum.

Pengalaman penulis, sebelum melakukan langkah ini tinta yang tidak keluar hanya yang berwarna merah. Namun setelah itu justru semua tinta tidak keluar.

Jangan cemas, sebab mungkin saat dibersihkan menggunakan tisu ada yang sedikit menutupi. Lakukan saja head cleaning beberapa kali, sampai hasil cetakan printer jadi benar-benar jelas berkualitas.

Setelah dilakukan head cleaning tiga kali, printer Epson milik penulis pun akhirnya bisa normal kembali.

Semoga pembahasan mengenai cara mengatasi tinta printer Epson tidak keluar ini bermanfaat. Jika ada pertanyaan, silahkan bisa memanfaatkan kolom komentar yang tersedia. Jangan lupa share ya, sehingga kami semakin semangat dalam berkarya.

Gambar Gravatar
Jasa Rilis dan Backlink ke Berbagai Media Nasional Menerima kursus blog sampai menghasilkan dari berbagai sumber, Jasa pembuatan Blog, Website, maupun Toko Online. Mulai dari 50K s/d 800K. More info klik detatang.com Temukan tulisan saya di Membangun Inspirasi, detatang.com, duniaelektronik.net, klikmania.net dan puluhan blog lainnya. Contact: admin@detatang.com / 0823 2727 7319