Tinta Printer Macet

Tinta Printer Macet Atau Tidak keluar? Cek cara Mengatasinya Di sini!

Diposting pada

Tinta printer macet atau tidak keluar saat digunakan untuk mencetak? Tidak perlu khawatir, karena ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi hal tersebut.

Seperti yang diketahui, printer merupakan salah satu peralatan yang sekarang ini keberadaannya sangat penting, yaitu untuk mencetak berbagai jenis dokumen, gambar ataupun foto. Tinta printer macet atau tidak keluar, tentu akan sangat menghambat pekerjaan.

Rekomendasi Kami : 5 Printer Terbaik untuk Cetak Foto

Dengan adanya alat yang satu ini, tidak dapat di pungkiri proses mencetak menjadi lebih mudah dan cepat. Semakin seringnya printer digunakan, maka akan muncul beberapa masalah yang terkadang mengganggu kondisi printer. Salah satu kerusakan yang seringkali muncul terkait dengan printer, yaitu masalah tinta yang tidak keluar ataupun macet. Lalu bagaimana cara mengatasinya?

Tutorial Cara Mengatasi Tinta Printer Macet atau Tidak Keluar

Isi Ulang Tinta Pada Printer

Tinta Printer Macet

Ketika tinta printer macet atau tidak keluar saat digunakan untuk mencetak, maka hal yang bisa Anda lakukan adalah mengisi ulang tinta pada printer. Kondisi tinta macet atau tidak keluar, bisa jadi disebabkan karena tinta pada printer habis. Hal tersebut tentu membuat cartridge tidak bisa mengeluarkan tinta, ketika mencetak dokumen ataupun gambar.

Beberapa indikasi yang menandakan bahwa tinta telah habis yaitu dapat dilihat dari hasil cetakan printer yang bergaris-garis dan hasil cetakan tidak jelas. Jika Anda menjumpai tanda-tanda tersebut maka cek bagian wadah tintanya.

Lakukan Cleaning atau Deep Cleaning

Setelah mengecek tinta printer ternyata masih full atau banyak maka sebaiknya Anda perlu melakukan cleaning atau deep cleaning ketika menjumpai tinta pada printer tidak keluar atau macet. Umumnya masing-masing printer sudah dibekali dengan fitur maintenance pada bagian driver bawaan dari printer. Nah jika Anda masih belum tahu bagaimana cara cleaning atau deep cleaning, berikut caranya:

  1. Pertama silahkan Klik Start > Pilih Device and Printer
  2. Setelah itu klik kanan pada printer bermasalah yang terpasang dalam komputer atau laptop Anda.
  3. Selanjutnya pilih opsi Printing Preferences dan pada Tab Maintenance akan muncul pilihan maintenance printer. Klik opsi Cleaning atau Deep Cleaning
  4. Tunggu hingga beberapa menit sampai proses selesai.
  5. Pastikan untuk melakukan hal ini 2 sampai 3 kali untuk hasil lebih maksimal

Bersihkan Sumbatan Cartridge

Tahukah Anda, bahwa adanya sumbatan pada head cartridge dapat menyebabkan tinta printer tidak keluar atau macet. Sehingga hal tersebut dapat menghambat proses pencetakan yang Anda lakukan. Jika sumbatan tidak terlalu parah, maka Anda bisa menggunakan fitur cleaning atau deep cleaning. Namun setelah dilakukan cleaning tetap tidak ada perubahan, maka Anda bisa meredam head cartridge-nya.

Perlu diketahui bahwa penyumbatan cartridge ini menjadi salah satu masalah, yang sering muncul ketika printer sering digunakan. Nah untuk mengatasinya, berikut ini langkah-langkah membersihkan tinta pada head cartridge dengan tepat:

  1. Siapkan air hangat > Tissue > Kain Drill
  2. Lepas atau keluarkan cartridge dari printer dan rendam pada air hangat selama beberapa menit.
  3. Jika sudah dirasa cukup, maka Anda bisa mengangkat cartridge yang sudah direndam tersebut. Sebagai salah satu indikator cartridge sudah tidak lagi tersumbat, air yang digunakan untuk merendam akan berwarna karena tercampur tinta.
  4. Keringkan hingga benar-benar kering
  5. Oleskan alcohol untuk hasil lebih baik dan terakhir pasang kembali cartridge pada printer dengan hati-hati.

Perbaiki Cartridge

Jika ketiga langkah di atas sudah dilakukan, namun tidak dapat membantu menyelesaikan masalah tinta printer macet atau tidak keluar, maka Anda perlu memperbaiki atau ganti cartridge. Sebenarnya salah satu penyebab utama mengapa tinta tidak mau keluar, yaitu karena adanya kerusakan pada cartridge printer Anda.

Oleh karenanya di sarankan untuk membeli cartridge yang baru agar proses pencetakan dapat berjalan lancar. Perlu diketahui, dalam pemasangan cartridge baru ini diharapkan lebih berhati-hati, karena kesalahan dalam pemasangan akan membuat tinta tidak keluar dan kemungkinan besar cartridge juga mengalami kerusakan.

Nah demikian sedikit informasi tentang beberapa cara mengatasi masalah tinta printer yang tidak mau keluar atau macet. Jadi kesimpulannya ada empat cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi tinta tidak keluar yaitu isi ulang tinta, cleaning, bersihkan cartridge dan ganti cartridge yang baru. Semoga informasi di atas bermanfaat dan membantu!

Gambar Gravatar
Founder Membangun Inspirasi, Editor duniaelektronik.net, Kontributor klikmania.net, Teacher, Entrepreneurship, University student life. Berusaha menebarkan ilmu, inspirasi, dan kemanfaatan melalui tulisan. Jika bermanfaat silahkan share.