10 Tips Membeli AC Second Berkualitas Terbaik, Penting untuk Disimak!

  • Whatsapp
tips membeli AC second

Tips membeli AC second berkualitas, harus dipahami dengan baik. Dengan hal ini, maka kamu bisa terhindar dari rasa kecewa dikemudian hari.

Seperti kita tahu, setiap barang bekas tidak ada jaminan kondisinya masih baik. Kelihaian para penjual, bisa membuat kita kurang jeli melihat kekurangan produk yang dijualnya.

Namun demikian, bukan berarti kamu tidak bisa mendapatkan AC bekas berkualitas, bahkan yang masih terasa baru. Dengan memahami tips membeli AC second berkualitas ini, hal tersebut menjadi semakin mungkin.

9 Tips Membeli AC Second Berkualitas

Udara yang panas membuat banyak orang menginginkan membeli AC. Namun harganya yang mahal, kadang membuat niat tersebut harus diurungkan.

AC bekas adalah salah satu solusi, untuk mewujudkan keinginan tersebut dengan cepat. Tentu membeli AC rekondisi tidak salah, terutama jika kita mengetahui kuncinya.

Postingan tips membeli AC second ini, akan membantu kamu untuk mendapatkan AC second terbaik. Jika salah pilih, rasa kecewa akan sering dirasakan.

Misalnya saja karena tergiur harga sangat murah, ternyata AC yang dibeli sering mengalami kerusakan. Setelah dikalkulasikan bisa jadi, biaya perbaikinya hampir sama dengan harga AC baru.

Meminimalisirb hal tersebut terjadi, berikut tips memilih AC bekas berkualitas.

1. Pilih Merk AC Berkualitas

tips memilih ac bekas

Dalam produk apa pun merk memiliki peranan sangat penting. Setiap merk memiliki standar kualitasnya masing-masing. Dengan membeli merk AC terbaik, maka kualitas yang dimilikinya pun tentu terbaik pula.

Merk juga sangat berpengaruh terhadap ketersediaan service center, hingga kemudahan mendapatkan onderdilnya.

2. Periksa Bagian Casingnya

Setelah menemukan AC dengan merk terbaik yang ingin dijual, pastikan cek lebih dulu keadaan casingnya. Ada pun beberapa hal yang harus diperhatikan, antara lain sebagai berikut:

  • Tidak ada bagian bodi yang berkarat
  • Tidak ada begas goresan pada permukaannya
  • Cek apakah ada bagian kondensor yang mengalami kebocoran, atau tidak
  • Cek apakah komprosornya masih original, atau sudah diganti

3. Periksa Kinerja AC

Tips memilih AC bekas selanjutnya adalah menyalakan AC untuk mengecek kinerjanya. Untuk mengetahui AC masih berjalan dengan baik, salah satunya dapat diketahui dengan menekan tombol “on off” pada power.

4. Cek Suara yang Dihasilkannya

Selanjutnya, cek suara AC saat menyala. AC Second yang masih berkualitas, salah satu tandanya jika suara yang dikeluarkannya masih halus.

Jika saat AC dinyalakan suara yang dihasilkan sudah berisik bahkan keras, sebaiknya urungkan untuk membelinya. Suara tersebut menandakan kondisi AC yang kurang bagus.

5. Cek Sambungan Instalasinya

Instalasi kabel pada AC sangatlah penting. Pastikan kamu mengecek kabel tersebut dengan seksama. Jangan sampai ada yang terkelupas atau ada yang menempel satu sama lainnya. Jika hal itu terjadi, maka AC akan mudah rusak dikarenakan mudah terjadi korsleting.

6. Cek Fungsi Remote

tips membeli AC second

Seperti kita tahu, AC terpasang pada tembok dan biasanya dengan posisi tinggi. Tanpa menggunakan remote AC, tentu akan terasa repot.

Oleh karena itu, tips memilih ac bekas yang tak kalah penting adalah memeriksa remotenya. Pastikan remote AC tersebut bisa berjalan dengan baik. Saat ini, ada banyak juga aplikasi remote AC pada smartphone yang bisa digunakan untuk mengendalikan AC. Kamu bisa mencobanya pada AC tersebut.

7. Cek Bagian Daya

Tips membeli AC bekas berikutnya adalah dengan mengecek bagian dayanya. Periksa apakah ada transfer daya listrik yang mengalir ke unit outdoor AC atau tidak.

8. Cek Kelengkapannya

Sekali pun kita membeli AC bekas, pastikan AC tersebut memiliki kartu garansi. Kartu tersebut adalah bukti kuat, jika barang yang kita beli terjamin kualitasnya.

Akan sangat beruntung jika AC tersebut masih dalam masa garansi. Berarti kita bisa menservis nya secara gratis.

9. Ajak Orang Berkompeten

Bukan hanya dalam tips membeli mobil bekas saja, kita perlu membawa orang ang berkompeten di bidangnya. Dalam membeli AC bekas, hal ini juga dibutuhkan. Terutama jika kamu benar-benar pemula.

Ketidak tahuan bisa mengakibatkan kekecewaan dikemudian hari. Mengajak orang yang paham dengn AC, semakin mempermudah kita menemukan AC bekas berkualitas.

Demikian pembahasan mengenai tips membeli AC second berkualitas. Semoga ulasan ini bisa membantu ya. Jangan lupa share!

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *