Tips Membeli Printer Laserjet untuk Usaha Foto Copy

Diposting pada

Tips membeli printer laserjet sepertinya informasi yang sangat menarik, sebab printer ini memang sudah dilirik semua kalangan. Di kantor, penggunaan pribadi, hingga usaha foto copy skala kecil tak sedikit yang menggunakan printer jenis ini.

Penulis sendiri, pernah membeli mesin foto copy, namun karena kendala listrik yang tidak stabil, di tambah customer foto copy di kampung relative sedikit, maka akhirnya beralih ke printer jenis ini. Atas dasar itulah penulis mengambil judul tips membeli printer laserjet untuk usaha foto copyan.

Semula penulis pun menganggap printer laserjet adalah mesin foto copy mini, maklum dari segi bentuk, proses kerja, toner (tinta serbuk), dan lainnya memang sangat mirip sekali dengan mesin foto copy. Dengan adanya printer jenis ini, Anda tak perlu berpikir dan menunda lagi untuk membuka usaha foto copyan.

Kelebihan Printer Laser Jet Dibanding yang Inkjet

Sebelum membahas lebih jauh, sebaiknya kita harus memahami terlebih dahulu pengertian dan kelebihan printer laserjet itu sendiri. Pengertian printer laserjet pada dasarnya adalah sebuah printer yang tintanya menggunakan toner atau tinta bukuk, dan mekanisme kerjanya menggunakan impra merah. Adapaun kelebihan printer laserjet dibandingkan printer inkjet, diantaranya adalah sebagai berikut :

Mampu Mencetak Lebih Cepat

Dalam hal mencetak, untuk harga printer 800 ribuan sampai 2 jutaan memilliki print speed (kecepatan mencetak), sekitar 20-25 ppm. Artinya printer jenis ini, memiliki kecepatan mencetak 20-25 lembar per menitnya. Namun jika harganya lebih mahal, seperti milik penulis yang kala itu seharga 3,5 jutaan, harga di atas 3 juta biasanya memiliki kecepatan mencetak 30 sampai 60 ppm. Kecepatan tersebut digunakan untuk mencetak black white, sehingga saat digunakan untuk mencopy dokumen pun bisa dilakukan dengan cepat, sekalipun jumlahnya banyak.

Memang harga printer laserjet sedikit lebih mahal, namun dengan kemampuannya itu tentu kita akan puas. Sebagai gambaran printer inkjet dengan harga 500 ribuan, biasanya memiliki kecepatan mencetak 12/16 ppm.

Dilengkapi Fitur Mumpuni

Bukan suatu informasi baru lagi bagi para pengguna printer, jika printer laserjet umumnya telah dilengkapi fitur yang lebih baik dari printer inkjet. Terlebih lagi jika kita melihat pada bagian prosesor dan memory nya, kemampuan yang dimiliki printer laserjet patut diacungi jempol. Mungkin karena hal inilah, maka printer laserjet jarang sekali mengalami trobel.

Lebih Hemat dalam Biaya Operasional

Dalam hal biaya operasional printer laserjet terbilang lebih hemat. Selain tinta yang lebih hemat dan ekonomis, untuk cartridgenya juga terbilang unggul. Tentu bagi pengguna printer inkjet sudah hapal, jika biaya perawatan dan penggantian cartridge printer inkjet terkadang harus lebih sering dilakukan dibanding printer laserjet ini.

Baca Juga : 5 Komponen Utama Printer Modifikasi, Lebih Praktis dan Ekonomis

Memiliki Kualitas Cetak yang Lebih Baik

Dari segi mencetak komposisi warna (real color), printrer laserjet memang masih kalah dengan printer inkjet. Namun demikian, tetap saja hasil cetakan printer laserjet, baik hitam putih maupun warna memilki kualitas yang lebih baik, sebab selain cepat kering juga sudah tahan air, sehingga hasil cetakannya tidak mudah luntur jika terkena tumpahan air sekali pun.

Untuk pemakaian jangka panjangnya pun, penggunaan printer ini lebih hemat dari printer inkjet. Pokoknya cocok banget deh buat usaha foto copy an dengan skala kecil, khususnya yang tinggal di desa seperti penulis.

Tips Membeli Printer Laserjet

Tips membeli printer laserjet
Tips membeli printer laserjet

Setelah mengetahui kelebihannya, anda mau menggunaka  printer laserjet atau inkjet saya pribadi menggubakan dua-duanya untuk menunjang pekerjaan, sebab kedua printer ini memiliki keistimewaannya masing-masing yang sangat menunjang usaha Anda, sehingga satu sama lainnya bisa saling melengkapi.

Sama seperti printer inkjet, saat ini printer laserjet juga tersedia dalam beragam tife dan harga, mulai dari ratusan ribu hingga puluhan juta semua ada. Dengan hal ini, maka kita bisa membelinya sesuai kebutuhan dan isi kantong. Namun demikian tentu Anda membutuhkan rekomendasi membeli printer laserjet.

Perbedaan harga biasanya berdasarkan pada spesifikasi yang dimilikinya. Semakin mahal harganya, maka fitur dan fasilitas yang ditawarkannya pun akan semakin lengkap. Namun demikian, dengan harga yang relatif terjangkau pun, Anda sudah bisa memiliki printer berkualitas.

Dimana saat ini, beberapa printer jenis ini juga telah dilengkapi dengan resolusi cetak tinggi, kecepatan dalam skor, faks, hingga nirkabel. Berikut beberapa tips membeli printer laserjet, atau rekomendasi membeli printer laserjet :

Hitung Biaya Cetak Perhalaman

Dalam membeli printer laserjet kita harus memperhitungkan biaya cetak perhalaman, setidaknya untuk biaya kertas, tinta, dan konsumsi daya listrik. Bandingkanlah beberapa produk printer untuk menemukan yang paling ekonomis, dengan tanpa mengabaikan kualitasnya.

Jika ini tidak diperhatikan dengan baik, besar kemungkinannya akan menjadi masalah dikemudian hari, misalnya saja seperti penggunaan tinta yang boros. Selain itu perhatikan pula resolusi cetak yang dihasilkan, pilihlah printer dengan biaya cetak rendah namun tetap memiliki resolusi warna yang tinggi.

Kapasitas Cetak Mumpuni

Rekomendasi printer laserjet berikutnya, adalah dengan memilih printer yang memiliki kapasitas cetak tinggi. Penting untuk diingat, belilah printer yang bisa menyesuaikan kebutuhan kerja Anda, bukan kerja Anda yang harus menyesuaikan printer. Dengan hal ini, maka pekerjaan tidak akan terhambat oleh kinerja printer, justru seharunya printer mampu mempercepat pekerjaan.

Dengan memiliki printer dengan kapasitas cetak tinggi, maka pekerjaan atau pun pelayanan Anda terhadap customer akan selalu optimal.

Perhatikan Fitur Printer

Scnaer, nirkabel, faks, pembersih otomatis, adalah beberapa fitur yang harus ada untuk printer laserjet yang akan Anda gunakan untuk usaha foto copy. Sebenarnya masih banyak fitur lain yang bisa ada pada printer jenis ini, namun seperti dibahas sebelumnya, semakin banyak fitur maka harganya pun akan semakin mahal.

Namun dengan adanya beberapa fitur yang telah disebutkan di atas saja, maka pekerjaan Anda sudah bisa lebih efektif dan maksimal. Contohnya saja dengan fitur scaner, maka bisa memindai, begitupun dengan fitur nirkabel bisa mencetak langsung dari smartphone tanpa harus disambungkan dengan kabel.

Demikian tips membeli printer laserjet. Semoga dapat menjadi rekomendasi membeli printer laserjet yang tepat dan berkualitas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *