9 Tips Memilih Laptop Baru yang Berkualitas untuk Pelajar dan Mahasiswa

  • Whatsapp
Tips memilih laptop baru berkualitas

Tips memilih laptop baru berkualitas sangat penting diketahui oleh para mahasiswa dan pelajar, sehingga tidak sampai tertipu membeli produk yang abal-abal. Sebab tak jarang banyak calon customer yang mudah tertarik untuk membeli suatu produk, dikarenakan kelihaian sang marketing. Akhirnya tanpa pikir panjang mereka membeli suatu produk meski belum benar-benar teruji kualitasnya.

Padahal sekarang ini, hampir semua orang membutuhkan laptop terutama pelajar dan mahasiswa. Apalagi mereka yang mata pelajarannya banyak berkaitan dengan elektronik seperti pelajar SMK dan mahasiswa jurusan elektro.

Baca Juga : 7 Laptop Mungil yang Sangat Cocok untuk Mahasiswa, Harga Terjangkau Kualitas Mewah!

Mereka sangat membutuhkan benda elektronik itu untuk menyelesaikan tugasnya. Tidak bisa dipungkiri bahwa kehadiran laptop dapat mempercepat proses mengerjakan tugas. Tugas-tugas itu bisa berupa tulisan, gambar, chart, dan lain sebagainya. Oleh karena itu, kamu harus mengetahui tips membelinya seperti berikut:

9 Tips Memilih Laptop Baru Agar Tidak Tertipu

Membeli laptop untuk mahasiswa dan pelajar tentu berbeda dengan membeli laptop untuk kebutuhan kerja.

1. Menyesuaikan Dengan Budget

Tips memilih laptop baru yang pertama adalah masalah budget  yang kamu punya. Berapa uang yang ada di kantong lalu sesuaikan dengan harga laptop yang ingin dibeli. Sebab saat ini harga laptop sudah bervariasi mulai dari yang termurah sampai yang termahal.

Sebenarnya, bagi pelajar atau mahasiswa harga laptop yang berkisar antara 3 juta sampai 4 juta sudah cukup untuk menyelesaikan berbagai tugas sekolah atau kampus.

2. Membeli Laptop Sesuai Kebutuhan

Tips memilih laptop baru berkualitas

Sebelum kamu membeli laptop maka harus mengerti terlebih dahulu apa yang dibutuhkan. Hal ini agar kamu dapat memanfaatkan laptop tersebut sesuai dengan fasilitas yang disediakannya. Misalnya kamu lebih membutuhkan laptop untuk banyak menulis atau menggambar.

3. Mengerti Spesifikasi Laptop

Tips memilih laptop baru selanjutnya yaitu kamu harus mengerti spesifikasinya sesuai dengan kebutuhan kamu. Sebab kebutuhan laptop untuk SMK dengan mahasiswa jurusan elektronik tentu saja berbeda.

Misalnya, mahasiswa jurusan multimedia akan membutuhkan laptop yang cocok yaitu menggunakan Processor Intel. Laptop ini didukung dengan RAM minimal 4GB serta VGA NVIDIA minimalnya 2GB. Sedangkan untuk anak SMK dapat menggunakan laptop lebih standar.

Baca Selengkapnya: Tips Membeli Laptop Berkualitas dengan Spesifikasi Mumpuni

4. Desain Laptop

Tips memilih laptop baru berkualitas

Baik pelajar maupun mahasiswa tentu memerlukan jaringan internet untuk menyelesaikan tugasnya. Biasanya mereka pergi ke tempat-tempat yang memberikan free hotspot. Dengan begitu, kamu pun harus memilih laptop yang didesain cantik. Hal ini akan membuat kamu lebih percaya diri dalam mengerjakan tugas di mana pun juga.

Selain itu, desain laptop dapat memperlihatkan selera kamu. Banyak vendor laptop yang membuat desainnya sangat enak dipandang. Contohnya adalah Microsoft Surface, Macbook, ASUS Zenbook, Xiaomi Notebook air, dan Macbook Pro. Perhatikan tips memilih laptop ini sebelum kamu membelinya, ya.

5. Memiliki Daya Tahan Baterai yang Baik

Tips membeli laptop untuk mahasiswa dan pelajar berikutnya adalah yang memiliki ketahanan daya baterai yang baik. Dengan daya baterai laptop yang awet maka pengguna bisa menggunakannya dalam waktu lama, sehingga tidak akan mengganggu aktivitas belajar dikarenakan daya baterainya habis.

Umumnya laptop yang dijual di pasaran memiliki ketahanan daya baterai sekitar 6 hingga 8 jam pemakaian normal. Namun demikian, memang banyak faktor yang menentukan ketahanan baterai , selain pemakaian dan aplikasi yang digunakan, prosesor yang dimiliki suatu laptop juga sangat mempengaruhi hal ini. Oleh karena itu, tips membeli laptop untuk mahasiswa yang tidak boleh dilewatkan, adalah membaca dengan seksama setiap ulasan para pengguna yang lebih dulu membelinya.

Setelah membeli laptop dengan kualitas baterai yang baik, kamu juga harus merawat baterai agar performanya senantiasa maksimal. Misalnya saja tidak menggunakan laptop saat dicharger, mencharger laptop sebelum dayanya

Baca Juga : 8 Cara Merawat Baterai Tanam Agar Awet dan Senantiasa Optimal

Pastikan juga kamu mampu merawat baterai laptop sebaik mungkin supaya performanya tetap oke. Misalnya, tidak melakukan charge terus-menerus, tidak menunggu hingga baterai benar-benar habis atau 0%, baru di-charge, atau menge-charge laptop dalam keadaan mati.

6. Menggunakan Layar Berkualitas

Membeli laptop untuk mahasiswa

Memilih kualitas layar yang baik adalah salah satu tips membeli laptop untuk mahasiswa yang juga tidak boleh dilupakan. Layar adalah suatu bagian yang menampilkan berbagai hal, sehingga benar-benar harus jelas dan nyaman. Hal itu diantaranya dipengaruhi oleh resolusi, sudut pandang penglihatan layar, dan juga jenis layar yang digunakan.

Baca Juga : Agar Tidak Salah Pilih, Ini 3 Jenis Layar Gadget yang Harus Kamu Tahu!

Contohnya saja jika membutuhkan laptop dengan ketajaman dan akurasi warna yang tinggi maka bisa memilih jenis layar IPS. Selain jenis layar, laptop dengan harga lebih mahal memang biasanya juga memiliki kualitas layar yang lebih baik. Namun yang paling penting, bacalah terlebih dahulu setiap spesifikasi laptop yang akan dibeli, termasuk pada bagian layarnya. Dengan hal ini kesempatan mendapatkan produk terbaik pun akan semakin tinggi.

7. Memilih Laptop yang Multitasking

Sebaiknya, kamu harus memilih laptop yang multitasking sehingga dapat menyelesaikan tugas-tugas secara bersamaan. Misalnya, kamu sedang mengerjakan tugas melalui microsoft word sambil mendengarkan audio seminar atau rekaman suara kamu.

Oleh karena itu, kamu harus membeli laptop dengan spesifikasi cukup tinggisehingga bisa mengerjakan multitasking yang lumayan berat. Misalnya saja, kamu membuka Adobe Premiere, Adobe AfterEffect, dan Adobe Photoshop dalam waktu bersamaan.

Rekomendasi Kami : 10 Kesalahan Penggunaan Laptop yang Harus Dihindari Agar Tidak Mudah Rusak

8. Memilih Laptop yang Sudah Terinstall Windows

Membeli laptop untuk mahasiswa

Tips memilih laptop baru berikutnya adalah membeli yang sudah terinstall operasi windows yang original, karena harga dari sistem operasi windows mahal. Jadi kamu akan lebih untung jika laptopnya sudah include sistem operasi windows.

9. Ada Garansinya

Sekarang ini, para penjual laptop di distributor resmi sudah melengkapi penjualannya berikut dengan garansinya. Jadi jika kamu memiliki kendala dengan laptop yang sudah dibeli maka tinggal membawanya ke tokonya kembali. Namun masa garansinya harus masih berlaku, ya. Dengan begitu, kamu tidak perlu memperbaikinya ke tempat servis laptop.

Penutup

Dengan memperhatikan tips membeli laptop untuk mahasiswa dengan baik,

Itulah beberapa tips memilih laptop baru bagi pelajar SMK dan mahasiswa yang bisa kamu jadikan pedoman. Semoga tips di atas bisa bermanfaat dan membantu kamu sebelum memutuskan membeli laptop.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *