Tips memilih teko listrik
Tips memilih teko listrik

Tips Memilih Teko Listrik agar Senantiasa Sehat dan Aman untuk Keluarga

Diposting pada

Tips memilih teko listrik merupakan informasi penting, khususnya bagi anda yang hendak membeli peralatan ini. Sebagai seorang istri dan ibu yang sangat menyayangi keluarganya, tentu kesehatan dan keamanan lebih utama dari apapun.

Teko listrik atau thermopot sendiri adalah peralatan yang bentuknya seperti teko, dimana fungsi utamanya adalah untuk memasak air dengan menggunakan daya listrik sebagai pemanasnya. Dengan hadirnya teko listrik ini, maka aktivitas di dapur akan menjadi semaki praktis. Alat ini memiliki tingkat kepraktisan yang lebih baik, terutama jika dibandingkan dengan memasak menggunkan kompor gas. Menariknya lagi, beberapa produk teko listrik ada juga yang memiliki kemampuan untuk menjernihkan air sekaligus. Semoga dengan membahas tips memilih toko listrik ini, anda akan bisa mendapatkan produk terbaik.

Membahas tips memilih teko listrik, tak lengkap rasanya jika kita tak menjelaskan berbagai hal lain yang jarang diketahui konsumen. Selain mudah dibawa dan dapat digunakan dimanapun, kelebihan teko listrik yang lainnya pun sebenarnya cukup beragam. Pada teko listrik modern, ada juga yang telah dilengkapi dengan pengaturan temperatur, dimana sangat memungkinkan untuk anda mengatur minuman untuk dikonsumsi dalam temperatur tertentu. Selain itu, ada pula filter khusus yang digunakan untuk menyaring berbagai substansi  yang tidak kita inginkan, terutama saat air sedang direbus.

Tips Memilih Teko Listrik Terbaik

Tips memilih teko listrik

Mengingat manfaatnya yang begitu beragam, tentu teko listrik adalah salah satu alat elektronik yang harus ada di dapur anda semua. Nah sebelum membelinya, alangkah bijaksananya jika anda memahami tips memilih teko listrik ini.

Baca Juga : 2 Merk Penanak Nasi Terbaik Magic Com dan Rice Cooker !

Perhatikan Harga Produk

Harga merupakan suatu hal yang patut kita pertimbangkan dalam hal apapun. Jangan sampai kita membeli suatu produk, diluar kemampuan kita membeli. Selain itu, tidak semua barang mahal itu memiliki kualitas yang baik pula.

Sebagai patokan dalam tips memilih tekon listrik terbaik, yang sederhana dan memiliki fitur terbatas biasanya memiliki harga berkisar Rp. 100.000,. Sedangkan teko listrik dengan kapasitas dan model yang lebih tinggi, harganya bervariatif dan bisa mencapai angka Rp. 1 jutaan.

Namun demikian, jika anda hanya memerlukan teko listrik hanya untuk memanaskan air dalam waktu cepat, dan memiliki kulaitas awet, maka anda bisa membeli teko listrik dengan harga berkisar antara Rp. 100 hingga Rp. 400 ribuan. Lain halnya jika ingin memiliki teko listrik dengan bahan berkualitas tinggi, lengkap dengan berbagai fitur yang dimilikinya, maka membeli teko listrik dengan harga lebih mahal tentu patut anda pertimbangkan.

Memiliki Pegangan Anti Slip

Pegangan adalah sesuatu yang sangat penting, dalam tips memilih teko listrik yang aman untuk keluarga. Selain agar nyaman saat mengangkatnya, juga hal ini sangat penting dalam hal keamanan. Sangat dianjurkan anda memilih teko listrik dengan pegangan anti slip, dengan hal ini maka anda akan terhindar dari air panas tumpah ke tangan, terutama saat menuangkannya.

Selain anti slip, jangan lupa pastikan bahwa pegangan tersebut terbuat dari bahan anti panas. Pegangan yang panas, selain membahayakan juga bisa dengan mudah membuat tanganmu terluka.

Pilih Teko Listrik dengan Material Berkualitas

Meskipun layak pakai, sebisa mungkin hindari membeli teko listrik dengan bahan plastik, sebab bahan ini lebih rentan mendatangkan bahaya dibanding yang berbahan stailess steel.

Lebih dari itu, dari segi keawetan bahan stainless juga tentu lebih awet, bersih dan hiegienis. Namun jika anda lebih suka teko listrik berbahan plastik, tentu hal itu pun bukan suatu pilihan yang buruk. Sebab keduanya memang dirancang agar aman dan sehat untuk digunakan.

Pilih Teko Listrik dengan Kapasitas yang Sesuai

Tips memilih teko listrik berikutnya adalah dengan memilih yang sesuai kapasitasnya. Seperti kita tahu, bahwa kapasitas teko listrik yang ada di pasaran ada beberapa varian. Varian kapasitas tersebut ada yang 1 liter, ada juga yang mencapai 2 liter.

Mayoritas pengguna biasanya memiih produk berkapasitas 1,5 liter. Jika setiap harinya anda hanya membutuhkan secangkir atau dua cangkir air panas, maka sebaiknya pilihlah yang berkapasitas 1 liter saja. Beda halnya jika anda membutuhkannya untuk merebus air, untuk keperluan keluarga yang banyak, menyiapkan sup dan lainnya, kapasitas yang lebih besar tentu adalah pilihan yang sangat bijaksana.

Kabel Daya yang Bisa Dilepas

Kabel daya biasanya sangat menghalangi ketika kita akan menuangkan air dari teko listrik. Menyikapi hal ini, sebaiknya pilihlah teko listrik dengan kabel daya yang bisa dilepas.

Tips memilih teko listrik merupakan informasi penting, khususnya bagi anda yang hendak membeli peralatan ini. Sebagai seorang istri dan ibu yang sangat menyayangi keluarganya, tentu kesehatan dan keamanan lebih utama dari apapun.

Pilih Produk dengan Kemampuan Lebih Cepat

Memperhatikan kecepatannya adalah salah satu tips memilih teko listrik yang cukup penting. Sebab pada dasarnya kita memilih teko listrik, adalah karena alat ini cepat dan praktis dalam merebus air. Oleh karenanya, memilih teko listrik dengan kecepatan ekstra dalam menghasilkan air panas tentu merupakan suatu keniscayaan.

Dalam hal merebus air, mayoritas alat ini membutuhkan waktu antara 3 hingga 4 menitan. Jika anda bisa memiliki produk yang lebih cepat dari itu, tentu itu lebih baik.

Referensi Kami : 15 Merk Oven Listrik Terbaik, Membuat Kegiatan Memasak Makin Praktis

Memiliki Kemampuan Menjaga Kehangatan Air

Hal penting lainnya dari teko listrik adalah kemampuannya dalam menjaga air agar tetap hangat setelah dimasak. Beerapa model ada yang mampu menjaga air tetap hangat antara 30 hingga 60 menit.

Menariknya ada juga beberapa model teko listrik yang dilengkapi pilihan dalam menjaga kehangatannya. Dengan hal ini, maka anda bisa memanfaatkan fitur ini sesuai kebutuhan.

Memiliki Fitur Pengatur Suhu

Bagi anda yang memiliki budget cukup, dan hendak membeli model canggih, sebaiknya pilihlah yang telah dilengkapi dengan pengatur suhu. Dengan hal ini, maka anda bisa mengatur untuk mendidihkan air pada tingkat yang diinginkan, seperti 200 derajat untuk teh herbal, ataupun 175 derajat untuk teh hijau.

Dilengkapi Fitur Auto-Shut Off

Auto-shut off atau juga sering disebut boil dry protection, merupakan suatu fitur keselamatan yang teramat penting. Dengan fitur ini, maka bahayakan kebakaran akibat lupa mematikan akan bisa dihindari. Sebab dengannya maka teko listrik akan mati secara otomatis ketika airnya sudah matang.

 Tidak Mengeluarkan Suara Bising

Saat air sudah mendidih, tak jarang ada teko listrik yang mengeluarkan suara bising. Meskipun tidak sekeras peralatan dapur lainnya, namun tetap saja suara bising akan membuat pendengaran menjadi kurang nyaman.

Bahkan pada beberapa model, teko listrik juga ada yang didesain untuk mengeluarkan suara sebagai penanda jika air telah matang.

Kedua kebisingan tersebut tentu sangat menggangu, terlebih jika berlangsung dalam waktu cukup lama ataupun tanpa dilengkapi cara mudah untuk mematikannya. Jika anda sangat peka terhadap suara, sebaiknya pilihlah teko listrik yang bisa meredam bunyi.

Demikian tips memilih teko listrik berkualitas yang aman untuk keluarga. Jika ada informasi lain yang belum disampaikan, sudilah kiranya anda mau berbagi di kolom komentar, sehingga dengan demikian semakin banyak yang dapat terbantu karenanya.

Gambar Gravatar
Menulis adalah salah satu cara mengaktualisasikan diri, memberi informasi bermanfaat, dan sebagai upaya menjadi pribadi yang berguna untuk orang banyak. Silhakan share jika bermanfaat.