tips memilih tv led terbaik

Tips Memilih TV LED Berkualitas yang Bagus dan Awet Tahan Lama

Diposting pada

Tips memilih TV LED berkualitas, sangat penting Anda ketahui sebelum pergi ke sebuah toko elektronik. Banyaknya pilihan yang ada di toko, terkadang justru membuat orang salah memilih suatu produk elektronik.

Kemajuan teknologi juga merambah pada televisi dimana zaman sekarang ini model TV menjadi jauh lebih tipis dengan layar datar atau flat. Dibandingkan dengan model jadul yang sering disebut dengan televisi tabung yang memiliki ukuran cukup besar memang TV flat lebih fleksibel akan diletakkan dimana. Hanya saja banyak kasus televisi modern ini gampang rusak sehingga sebaiknya Anda tahu bagaimana tips memilih TV LED yang bagus agar bisa digunakan lebih lama.

Penggunaan TV LED nyatanya bukan sebatas pada televisi saja melainkan juga banyak dipakai sebagai monitor komputer. Coba lihat sekarang ini rasanya sudah hampir tidak ada lagi desktop yang memakai monitor berbentuk tabung yang memakan tempat. Bisa memilih TV LED dengan kualitas yang bagus, tentu saja akan menghemat anggaran juga karena Anda tidak harus melakukan perbaikan ataupun membeli yang baru.

Baca Juga : Penyebab TV LED Cepat Rusak dan Cara Jitu Mencegahnya

Sebagai sedikit panduan untuk Anda agar tidak salah pilih, inilah beberapa cara mengetahui TV LED yang bagus dan berkualitas.

Tips Memilih TV LED Terbaik

Perhatikan Harga yang Ditawarkan

Jika Anda sudah sangat mantap untuk mengganti TV lama dengan TV LED, sebaiknya lakukan terlebih dahulu survai harga, baik melalui toko elektronik langsung maupun browsing di internet. Jika menemukan promosi harga murah, sebaiknya jangan langsung tergiur, sebab bisa jadi itu hanya sebuah strategi pemasaran saja. Ceklah ke beberapa toko lain, sebab tidak menutup kemungkinan di toko lain produk tersebut justru di jual dengan harga yang lebih murah.

Usahakan untuk senantiasa tenang, dan jangan terlalu terburu-buru untuk cepat ingin memilikinya. Meski hanya selisih Rp. 200 ribuan saja, itu tentu sudah membuat Anda sedikit lebih hemar, oleh karena itu upayakan melakukan survai harga sejeli dan seselektif mungkin.

Jangan lupa untuk mempertimbangkan jika ada program pembelian yang telah ditawarkan sebuah toko. Dalam suatu periode waktu tertentu, umumnya sebuah toko besar memiliki penawaran potongan harga tinggi, seperti menjelang lebaran atau pun saat hari kemerdekaan. Namun demikian, tidak mudah tergiur tetap merupakan sikap yang bijaksana, lakukanlah selalu langkah perbandingan harga agar senantiasa mendapatkan harga terbaik.

Lihat Spesifikasi dan Fitur pada TV

Sebagai calon pembeli sebelum memutuskan untuk memilih TV LED yang mana jangan lupa untuk menanyakan tentang spesifikasi yang dimiliki oleh televisi tersebut. Tanyakan secara detail kepada penjual agar Anda paham benar apa yang bisa didapatkan dari TV LED tersebut. Spesifikasi ini tentu saja akan berpengaruh pada harga, jika merknya sama dengan fitur lebih lengkap wajar kalau harganya lebih mahal.

Baca Juga : Jangan Asal Beli, Ini 10 Merk LED TV Terbaik Tahun 2019

Beberapa jenis fitur TV LED yang perlu Anda tanyakan antara lain seperti bagaimana gambar dan dukungan audionya. TV LED yang bagus tentunya akan menghasilkan gambar yang jernih dan tajam serta suara yang jernih. Jangan lupa tanyakan juga tentang fitur pemutar DVD pada pesawat TV tersebut. Fitur yang bagus adalah adanya blueray, full HD, ada RGB kabel dan adanya HDMI.

Berapa Resolusi pada Layar

Karena yang akan Anda nikmati dari pesawat televisi adalah gambar yang akan muncul dari layar jadi saat memilih TV LED yang bagus jangan lewatkan masalah resolusi. Untuk mendapatkan gambar yang berkualitas disarankan untuk memilih TV LED dengan kualitas resolusi full HD (High Definition) 1080P dan sudah didukung dengan program TV digital.

Seperti halnya saat Anda akan membeli smartphone atau kamera pasti juga akan mempertimbangkan resolusi yang dimiliki agar bisa mendapatkan kualitas gambar yang terbaik. Begitu juga dengan TV LED ini semakin tinggi resolusinya maka akan semaki bagus kualitas gambar yang akan ditampilkan lewat layar.

Dukungan Terhadap Multimedia

Anda harus ingat bahwa sekarang jamannya televisi digital yang bisa dioperasikan dengan menggunakan sambungan internet. Jangan lupa juga bahwa TV LED tidak hanya digunakan untuk menonton televisi tetapi juga bisa difungsikan sebagai monitor pada PC. Jadi saat memilih TV LED yang bagus Anda harus mempertimbangkan soal dukungan multimedia yang dimilikinya.

Beberapa dukungan terhadap multimedia yang perlu ada di pesawat televisi LED yang akan Anda beli antara lain adalah periksa ada tidak slot untuk kabel USB dan memory card. Selain itu tanyakan apakah ada bluetooth atau tidak agar memudahkan Anda kalau ingin mengirim file seperti gambar atau foto dari TV ke smartphone atau sebaliknya. Dan satu lagi bagaimana kemampuannya dalam hal sambungan ke Wifi.

Bagaimana Garansi yang Diberikan

Setiap membeli perangkat elektronika seperti TV jangan sepelekan soal garansi. Kita tidak akan pernah tahu bagaimana kondisi TV LED yang kita beli kemungkinan bisa saja terjadi kerusakan yang tidak disengaja misalnya ketika pengemasan atau saat pengiriman. Inilah gunanya garansi agar Anda bisa mendapatkan fasilitas perbaikan secara gratis dalam jangka waktu tertentu.

Biasanya garansi barang diberikan selama 1 tahun jadi cek dengan teliti soal ini. TV LED yang bagus akan disertai dengan garansi yang jelas dari pabriknya. Pastikan garansi yang Anda dapatkan adalah garansi pabrik atau dari produsen bukan hanya dari toko tempat Anda membeli saja. Garansi pabrik akan memudahkan Anda mendapatkan penggantian suku cadang yang rusak selama masa tersebut.

Pilih Produk yang Sesuai dengan Budget

Sekalipun Anda pasti menginginkan produk TV LED terbaik, dan telah dilengkapi dengan teknologi tercanggih, namun tentu membeli sesuai dengan budget yang dimiliki adalah pilihan yang bijaksana.

Jika memang kondisi keuangan sedang baik, tentu tidak ada salahnya untuk membeli TV LED dengan teknologi terbaru. Namun jika tidak, sebaiknya jangan dipaksakan, sehingga kenyamanan hidup Anda justru tidak terganggu setelahnya.

Pilih TV yang Sesuai dengan Luas Ruangan

Tips membeli TV LED terabik
Tips memilih ukuran TV LED terbaik

Saat ini ukuran TV LED sangatlah beragam, bahkan tidak sedikit yang ukurannya sangat besar. Namun demikian, meski sangat tertarik untuk memiliki TV berukuran layaknya di bioskop, kita tetap harus menyesuaikan dengan kapasitas ruangan yang dimiliki.

Sebagai tempat yang digunakan untuk menyimpan TV tersebut, maka kita harus bijaksana dalam memilih ukuran TV. Tentu akan terasa janggal jika kita hanya memiliki ruangan berukuran 9 meter persegi, namun meletakan TV berukuran 50 inci. Akan aneh juga jika Anda memiliki luas ruangan yang mencapai 50 meter persegi, namun hanya meletakan TV dengan ukuran di bawah 20 inci.

Oleh karena itu, selalu sesuaikan ukuran TV dengan luas ruangan yang akan digunakan untuk menyimpannya. Dapatkan perbandingan paling tepat, agar kenyamanan menonton Anda tidak terganggu. Perhatikan pula, agar selalu ada jarak minimal 2 meter saat menonton demi kesehatan mata Anda di masa yang akan datang.

Pilihlah LED TV dengan Desain Terbaik

Selain digunakan sebagai media hiburan, LED TV yang kita gunakan juga dapat kita gunakan untuk mempercantik ruangan. Oleh karena itu, pastikan untuk memilih TV desain yang menarik, sehingga dapat meningkatkan nilai estetika yang bagus untuk ruangan Anda.

Saat ini, tidak sedikit produsen TV yang merancang produknya dengan desain yang sangat futuristik, dan ada juga yang masih konvensional. Dengan desain yang menarik, suatu produk juga akan semakin enak dipandang, terutama jika dibandingkan dengan desain standar yang umumnya kaku. Selain itu, Anda juga akan merasakan sensasi yang berbeda ketika menonton TV jika desainnya menarik.

Demikian pembahasan mengenai tips memilih TV LED terbaik. Sangat disarankan ketika membelinya Anda juga membeli brakat khusus, sehingga bisa menempelkannya pada dinding ruangan. Dengan hal ini, maka sebesar apapun ukuran TV yang dibeli, tetap tidak akan mengurangi kapasitas ruangan dalam menaruh berbagai barang lainnya.

Gambar Gravatar
Menulis adalah salah satu cara mengaktualisasikan diri, memberi informasi bermanfaat, dan sebagai upaya menjadi pribadi yang berguna untuk orang banyak. Silhakan share jika bermanfaat.