Tips Menghindari Baterai Palsu

Tips Menghindari Baterai Palsu yang Harus Kamu Tahu Sebelum Membeli yang Baru

Diposting pada

Tips menghindari baterai palsu, sangat penting diketahui para pengguna hp. Sebab tak jarang, baterai hp mengalami kerusakan dan harus diganti dengan yang baru.

Berbagai faktor memang menuntut kita untuk mengganti baterai HP, seperti faktor usia, pola charging yang kurang dipahami, pemakaian yang kurang tepat dan lain sebagainya, sehingga baterai menjadi mudah drop, atau bahkan tidak memiliki kemampuan lagi untuk menyuplai daya hp.

Baca Juga : Cara Merawat Baterai Tanam pada Hp, Agar Awet dan Senantiasa Prima

Ketika hendak mengganti baterai, tentu kita ingin menggantinya dengan baterai berkualitas, dan tak ingin tertipu dengan membeli baterai palsu. Menyikapi hal ini maka kita perlu mengetahuo tips menghindari baterai palsu.

Di pasaran ada banyak sekali berbagai jenis dan merk baterai hp. Ketika keuangan kita sedang sehat, membeli baterai original tentu bukanlah sesuatu yang berat. Namun ketika uang kita sedang pas-pasan, tentu kita dibuat bingung untuk memilih baterai yang tepat dan jelas kualitasnya, sesuai dengan spesifikasi hp yang kita miliki.

Hal yang harus kita waspadai adalah beredarnya baterai palsu (non ori), namun telah diberi label merk original. Baterai seperti inilah yang justru sering membuat performa hp justru makin berkurang. Hal ini karena kekuatan arusnya tidak stabil, sehingga kekuatan baterainya menjadi cepat menurun.

Baca Juga : Cara Mudah Mengatasi HP Restart Sendiri yang Harus Kamu Tahu!!

Biasanya baterai-baterai palsu tersebut beredar menggunakan merk-merk populer, seperti Nokia, Samsung. BlackBerry, dan lain sebagainya. Agar sobat tidak sampai salah pilih, sebaiknya perhatikanlah beberapa tips menghindari baterai palsu berikut :

Ketahui Harga Produk Asli

Banyak orang tertipu dengan label nama suatu merk yang tertera pada baterai, apalagi ketika dijual sengan harga murah tentu banyak yang akhirnya tertarik untuk membeli. Padahal harga suatu produk yang dijual dengan harga yang lebih murah, justru sangat beresiko sebab bisa jadi itu adalah barang palsu.

Oleh karena itu, sebisa mungkin kit harus mengetahui harga standar dari produk original yang akan kita beli. Jika harga jual suatu produk jauh lebih murah dari yang seharusnya, maka besar kemungkinannya produk tersebut adalah palsu. Para pedagang biasanya menyebut produk ini dengan istilah baterai original China (OC).

Perhatikan dengan Seksama Teks Pada Label

Salah satu cara untuk mengenal baterai palsu atau bukan, dapat dilhat pada kemasan yang berada di label belakang pack baterai. Cetakan label yang tidak bagus dan agak buram, merupakan suatu tanda bahwa produk tersebut adalah palsu.

Cara mengeceknya bisa dengan mengusapkan tangan pafa permukaan label tersebut. Jika teks tersebut mudah luntur dan hilang, itu tandanya baterai tersebut bukan dari pabrik resminya alias palsu.

Gambar Gravatar
Menulis adalah salah satu cara mengaktualisasikan diri, memberi informasi bermanfaat, dan sebagai upaya menjadi pribadi yang berguna untuk orang banyak. Silhakan share jika bermanfaat.