Lebih Tahan Lama, Yuk Simak Tips Merawat Baterai Ponsel Untuk Gaming

  • Whatsapp
tips merawat baterai smartphone

Tips merawat baterai ponsel untuk gaming sangat perlu diketahui. Spesifikasi smartphone saat ini telah meningkat dan banyak fitur baru yang memudahkan penggunanya. Selain itu, kini juga terdapat banyak game yang telah diluncurkan oleh para developer ternama untuk memberi hiburan kepada para pengguna smartphone. Maka setidaknya, pengguna memiliki satu atau dua game di dalam smartphone mereka.

Akan tetapi terkadang justru banyak para pengguna smartphone yang mengabaikan beberapa hal dalam merawat baterai ponsel yang digunakan untuk bermain game. Sehingga banyak baterai ponsel yang akhirnya rusak dan tidak tahan lama. Hal ini pun berdampak pada pengeluaran yang membengkak karena digunakan untuk membayar biaya service. Itu pun jika memang masih bisa di service. Sebab, ada beberapa smartphone yang jika rusak maka harus diganti dengan yang baru.

Baca Juga : Cara Mengamankan Smartphone saat Bermain Game yang Harus Kamu Tahu

Jika kamu suka sekali bermain game di ponsel, maka sebaiknya kamu mulai memperhatikan lagi tips-tips perawatan baterai ponsel supaya tak cepat habis dan tetap tahan lama meski dipakai hingga berjam-jam. Nah, berikut ini tips merawat baterai ponsel untuk gaming yang benar dan harus kamu lakukan.

Menggunakan Charger Asli atau Originalnya

charger ori

Biasanya saat membeli smartphone, maka kita akan diberi juga dengan charger yang aslinya. Charger bawaan tersebutlah yang memang harus kamu gunakan untuk mengisi baterai. Jangan memakai charger yang lain meski sebenarnya charger lain tersebut cocok dan bisa digunakan untuk mengisi baterai ponselmu. Sebab, charger bawaan sendiri telah diatur sedemikian rupa dan sudah sesuai dengan kebutuhan daya yang ada pada smartphone. Maka jangan tergiur untuk menggunakan charger yang palsu dan juga powerbank yang tidak sesuai agar tidak merusak baterai ponsel kamu.

Jangan Langsung Menyalakan Ponsel Usai Mati Total

Saking asiknya bermain game kamu mungkin sampai tak menyadari, jika kapasitas baterai sudah sangat sedikit. Bahkan bisa saja kamu tidak mengindahkan peringatan yang muncul,  sehingga akhirnya daya baterai ponsel benar-benar habis. Ketika smartphone benar-benar mati total karena kehabisan daya, banyak yang langsung mencolokan charger dan langung menghidupkannya kembali dengan tujuan bisa meresume game sesegera mungkin.

Sebaiknya jangan terburu-buru untuk mencolokan smartphone, apalagi jika hanya terisi 1% daya. Jika hal ini dilakukan, maka akan menyebabkan smartphone mengalami gagal booting yang akan menyebabkan ia looping terus menerus. Selain itu, untuk menampilkan layar utamanya pun smartphone menjadi membutuhkan waktu yang lama. Untuk menghidupkan smartphone minimal dayanya harus berada di atas 10%, akan lebih baik jika sudah di atas 70%, untuk kemudian digunakan kembali bermain game.

Baca Juga : Ini Game yang Bisa Kamu Mainkan untuk Meningkatkan Produktivitas Kerja

Hentikan Bermain Game Saat Proses Pengisian Daya

tips merawat baterai smartphone

 

Saking kecanduannya, banyak sekali orang yang menggunakan ponsel untuk main game bahkan saat ponsel tengah melakukan pengisian daya. Namun, sebenarnya hal semacam ini sangatlah dilarang karena akan merusak baterai smartphone itu sendiri. Maka, tips merawat baterai untuk ponsel gaming berikutnya adalah hentikan bermain game saat proses pengisian daya sedang dilakukan.

Izinkan ponsel untuk beristirahat sejenak sampai baterainya terisi penuh. Penggunaan ponsel untuk gaming ketika sedang di charge juga berdampak pada layar smartphone itu sendiri. Layar akan mudah rusak karena ia akan bekerja sangat ekstra ketika bermain game dengan posisi sedang mengisi daya. Alhasil akan membuat layar dan baterai cepat panas.

Tetap Menjaga Suhu Smartphone dengan Baik

Tips merawat baterai ponsel untuk gaming selanjutnya ini mungkin paling sulit kamu lakukan. Dikarenakan banyak game mobile yang hadir dengan kualitas tinggi, maka hal ini juga memaksa ponsel untuk bekerja dengan lebih keras dari biasanya dan membuat suhu smartphone jadi cepat panas. Tentunya kamu sudah sering merasakan peningkatan suhu ini secara langsung.

Untuk menjaganya tetap dalam suhu biasa, kamu harus berhenti sejenak bermain game dan membiarkannya cooling down. Kemudian kamu juga bisa hentikan dulu semua aplikasi yang berjalan di latar belakang agar dapat sedikit mengurangi kerja prosesor smartphone. Pastinya ponsel yang panas ini juga tidak nyaman jika kamu gunakan, bukan?

Jangan Lupa untuk Rutin Membersihkan Cache

cara membersihkan cache

Cache adalah file sampah dari berbagai aplikasi atau pun game yang terpasang pada smartphone kamu.  Jika dibiarkan menumpuk tanpa ada upaya yang rutin untuk membersihkannya, maka selain dapat menguras memori juga dapat membuat kinerja RAM smartphone menjadi terganggu. Menumpuknya berbagai file sampah yang memakan banyak memori RAM kana membuat performa smartphone sangat menurun, sehingga akan sangat memperhambat kinerjanya, baik utuk bermain game atau hanya sekedar browsing.

Untuk menghindari hal tersbeut, sebaiknya rutinlah membersihkan file cache pada semua aplikasi yang ada di smartphone, sehingga RAM akan senantiasa fresh dan memiliki kinerja yang optimal. Dengan hal ini, maka aktifitas bermain game pun akan senantiasa lancar dan menyenangkan.

Referensi Kami : Ini Cara Lengkap Menjadi Facebook Gaming Creator Bergaji Puluhan Hingga Ratusan Juta Perbulan

Game, baik game online maupun affline memang hiburan yang sangat menyenangkan. Namun, jangan sampai karena terlalu asyik, kamu jadi lupa dengan tips merawat baterai ponsel untuk gaming. Jika kamu mempunyai uang yang cukup, membeli smartphone memang mudah. Akan tetapi justru lebih baik menjaganya daripada membeli smartphone lagi. Hal ini akan sangat merepotkan bagi kamu di kemudian hari. Yuk mulai jaga smartphone kita!

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *