Tips Sukses Ngeblog dari Blogger Indonesia Berpenghasilan Ratusan Juta, Mau?

  • Whatsapp
Tips sukses ngeblog

Tips sukses ngeblog agar menghasilkan banyak uang tentu banyak dicari, khususnya bagi para pemula blogger. Wajar memang, sebab diawal memulai karier penghasilan seorang blogger itu tidaklah seberapa. Tak ayal membuat banyak para blogger pemula mengeluh, hingga akhirnya tak sedikit yang menyerah.

Padahal memiliki penghasilan puluhan hingga ratusan juta dari blog itu, bukanlah isapan jempol belaka, banyak blogger Indonesia yang telah membuktikannya. Hingga tak ayal, banyak yang rela meninggalkan pekerjaan bergaji fantastis demi fokus pada blognya. Lantas bagaimanakah tips sukses ngeblog itu?

Sumber Penghasilan Blog

Banyaknya sumber penghasilan blog merupakan salah satu faktor utama yang mempermudah untuk seorang blogger bisa sukses secara finansial. Penulis masih ingat, pernah menuliskan sumber penghasilan di klikmania, setidaknya ada 16 sumber penghasilan blog diantaranya Advertising Network, Direct Advertising, Affilate Program, Blog Network, Review Produk, Menjual Produk/ jasa, dan lain sebagainya.

Salah satu sumber penghasilan yang menjadi favorit yaitu bekerja sama dengan Google Adsense. Melalui program ini, banyak blogger yang memiliki penghasilan fantastis setiap bulannya, tak terkecuali blogger asal Indonesi sebut saja seprti mas Ghani Sebastian, mbak Indri, Mas Timon, dan lain sebagainya.

Namun demikian, jika memaksimalkan sumber penghasilan yang ada tentu penghasilan seorang blogger akan lebih fantastis. Bahkan mas Sugeng mengaku sudah tidak menggunakan Adsense lagi, dan lebih fokus menjual template melalui blognya. Dan hasilnya tak main-main, sudah ratusan juta bahkan hampir mendekati angka satu milyar.

Tantangan Seorang Blogger

Sebelum membahas tips sukses ngeblog dari mas Sugeng, ada baiknya kita pahami terlebih dahulu tantangan bagi seorang blogger di era sekarang. Adapun hal-hal tersebut adalah sebagai berikut:

1. Minat Membaca Blog Mulai Berkurang

Tingginya minat masyarakat terhadap media sosial, semakin melemahkan minat membaca mereka dijagat maya. Tak ayal akhirnya banyak pula yang bisa mendulang banyak rupiah dengan kemampuannya dalam memanfaatkan media sosial.

Baca Juga : Cara Jitu Menjadi Selebgram Sukses yang Bisa Kaya Mendadak

Selain media sosial, YouTube yang semakin popular juga telah membuat blog kurang diminati. Tak sedikit orang yang lebih suka menonton video, atau pun membaca setatus Facebook maupun WhatsApp dibanding membaca tulisan sebuah blog.

Tentu ini merupakan sebuah tantangan tersendiri bagi seorang blogger, agar situsnya selalu memiliki keunikan dan nilai lebih. Dengan hal ini maka gempuran media sosial tidak akan membuat penurunan grafik, terlebih jika sudah banyak yang mengenal blognya.

2. Makin Mendominasinya Situs-Situs Besar

Ketika kita mengetikan sesuatu untuk mencari informasi di serach engine, maka akan muncul di halaman utama berbagai situs besar. Ini tentu merupakan tantangan tersendiri, khususnya bagi para blogger yang bekerja sendiri, atau pun yang memiliki tim namun hanya sedikit. Sebab selain dikelola oleh banyak team, situs-situs besar tersebut juga memiliki resources yang besar.

Berbagai situs besar seperti situs majalah online dan situs berita, saat ini sudah begitu banyak. Mayoritas dari mereka telah bisa mendominadi pada halaman pertama hasil pencarian search engine, seperti Google, Yahoo, dan lain sebagainya.

Bagi blogger pemula tentu tidak memiliki harapan untuk dapat bersaing dengan mereka, apalagi jika tidak memiliki pemahaman yang cukup tentang SEO.

Saat seperti inilah, maka personal branding bagi sebuah blog memegang peranannya yang sangat penting. Ia dapat dijadikan sebagai senjata utama untuk menghadapi berbagai situs besar tersebut.

3. Pesatnya Perkembangan Teknologi

Perkembangan teknologi diberbagai bidang saat ini semakin cepat, tanpa terkecuali dalam bidang internet. Jika kita tidak bisa mengikutinya dengan baik, maka tentu kita bisa tertinggal jauh. Perkembanhan tersebut dimulai dari Blogger, WordPress, YouTube, SEO, HTML, CSS, JavaScript, Media Sosial dan lain sebagainya yang semuanya terus mengalami berkembang.

Cara Agar Blogging Selalu Menguntungkan

Salah satu blogger sukses Indonesia adalah mas Sugeng. Dirinya adalah salah satu blogger yang lebih memilih menggunakan sumber penghasilan lain selain Adsense. Tentu para blogger banyak yang mengenalnya, apalagi tak sedikit yang menggunakan template karya mas Sugeng untuk bloggnya. Dan tahukah sobat jika dari penghasilan utamanya dalam menjual template sudah hampir satu milyar, gambar di atas adalah screenshoot dari penghasilan mas Sugeng.

Melalui situsnya mas Sugeng telah membagikan tips untuk para blogger, baik yang baru berkecimpung di dunia blogging atau pun yang sudah lama, tapi belum mendapatkan hasil yang memuaskan.

Tips sukses ngeblog yang pertama dari mas Sugeng adalah fokus dan totalitas. Jika sobat ingin menjadi blogger sukses maka jangan mudah tergiur dan berangan-angan pada bidang lain, misalnya saja berangan-angan memiliki akun YouTube seperti Atta Halilintar dengan jumlah subscribe jutaan.

Rumput tetangga memang biasanya akan sangat menggoda, sebab terlihat lebih segar dan hijau. Tapi percayalah jika rajin merawat dan menyiraminya dengan baik, rumput sendiri bisa jauh lebih hijau dan segar, oleh karena itu fokus dan konsistenlah.

Tips berikutnya adalah tidak hanya mengandalkan menulis. Sobat juga harus mempelajari hal penunjang lainny, seperti SEO, hingga marketing untuk paham caranya mempromosikan blog dan juga postingannya.

Jadi sobat jangan hanya mengandalkan menulis saja, kemudian berharap trafik meninggi hingga uang banyak pun akan datang dengan sendirinya.

Tips ngeblog dari mas Sugeng yang terakhir adalah sebagai seorang blogger, sobat harus rela berkorban. Sebab memang untuk dapat meraih kesuksesan dalam bidang apapun pasti butuh pengorbanan. Salah satu pegorbanan yang paling utama dari blogging, tentu saja waktu.

Demikian tips sukses ngeblog dari mas Sugeng Riyadi, semoga bermanfaat untuk kita semua. Happy Blogging….

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *