Tutorial servis kipas angin
Tutorial servis kipas angin

5 Langkah Mudah Tutorial Servis Kipas Angin yang Berdengung

Diposting pada

Tutorial servis kipas angin, mungkin bisa menjadi informasi yang penting. Khususnya bagi anda yang sering mengalami masalah pada kipas angin di rumah, yang berdengung. Apalagi suara yang ditimbulkan dari dengung kipas angin yang mengalami error, cukup mengganggu dan memekik telinga.

Jangan buru-buru membawa ke tempat service, Anda bisa menggunakan beberapa langkah yang akan dibahas berikut ini, untuk mengatasi kipas angin yang berdengung.

Referensi Kami : Mau Beli Kipas Angin? Ini 10 Merk Kipas Angin Terbaik Sebagai Rekomendasi Anda

Untuk mengatasi barang elektronik dirumah yang tidak rusak parah, sebaiknya tidak melulu harus dibawa ke tempat service. Apalagi jika kipas angin di rumah anda, hanya mengeluarkan suara seperti berdengung yang cenderung berisik. Anda masih bisa kok mengerjakan sendiri dirumah, tanpa menggunakan bantuan tukang service. Bukankah akan lebih menghemat pengeluaran tiap bulannya?

Penyebab Kipas Angin Berdengung

Sebelum mengetahui tutorial servis kipas angin, mungkin sebaiknya anda ketahui terlebih dahulu, beberapa penyebab kipas angin bisa berdengung. Ada dua kemungkinan penyebabnya, yaitu bearing atau bushing kipas angin yang sudah aus, sehingga perlu diganti dengan yang baru. Jumlahnya bisa anda lihat, dan kemungkinan bagian depan atau belakang nya harus segera diganti.

Kemungkinan penyebab kedua kipas angin yang berdengung, yaitu AS Motor kipas dengan stator sudah tidak berada di tengah-tengah. Mungkin karena rumah motor depan, atau belakangnya sudah penyok. Dimana hal tersebut, menyebabkan as motor menempel di stator. Untuk penyebab yang satu ini, maka tidak bisa hanya mengganti bearing saja, namun anda harus mengganti satu set casing depan dan belakang.

Kipas angin yang berdengung, tentu saja cukup mengganggu telinga karena bising. Biasanya hal ini terjadi karena bushing, atau bearing kipas angin yang sudah rusak dan tidak bisa digunakan lagi, dimana anda perlu menggantinya dengan yang baru.

Cara Memperbaiki Kipas Angin Berdengung

Untuk melakukan tutorial servis kipas angin sendiri di rumah, Anda bisa mengikuti tutorial berikut ini:

1.Bongkar Kerangka Kipas
Langkah yang pertama, anda bisa membongkar bagian luar baling-baling dari kipas angin. Coba lepaskan baut-baut yang mengunci kerangka dinamo kipas, dengan hati-hati agar tidak ada kabel yang putus.

2. Lihat Penutup Dinamo
Selanjutnya, coba buka penutup motor dinamo dan kemudian buka baut nya, lalu keluarkan stator dan as motor. Anda perlu melakukan step ini, secara berhati-hati agar tidak membuat gulungan putus, karena bisa berakibat fatal. Karena bisa saja kipas angin anda, justru tidak bisa menyala sama sekali.

3. Bearing / Bushing Kipas Angin
Langkah yang selanjutnya, coba cek motor dinamo apakah terjadi aus di bagian bushing. Caranya yaitu dengan melihat dengan mata, atau dengan memasukkan as motor ke bushing, dan digoyang ke kanan dan ke kiri. Apabila longgar, berarti bushing tersebut sudah aus. Maka anda perlu melepaskan bushing, dan mengganti dengan yang baru. Lalu pasang kembali bushing ke motor dinamo.

4. Bersihkan Kotoran
Apabila bearing atau pusing sudah terpasang, coba perhatikan sekitar kipas angin anda. Apakah ada kotoran yang menumpuk? Pastikan kipas angin dalam keadaan bersih, dengan cara menggunakan lap kering dan kanebo basah. Lakukan ini supaya debu-debu tidak menyangkut di mesin, atau pun baling-baling kipas.

5. Pasang Kembali Kipas Angin
Untuk memasang kipas angin kembali, terlebih dahulu anda perlu memberikan pelumas atau oil. Setelah itu, pasang semua komponen dan kerangka yang ada, lalu lakukan tes kipas angin.

Apabila anda melakukan step-by-step diatas dengan benar, maka ketika kipas dinyalakan kembali akan langsung berputar kencang, dan tidak berdengung. Mudah sekali bukan tutorial servis kipas angin sendiri di rumah?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *