cara memperbaiki tv lcd blank putih

Ketahui Cara Memperbaiki TV LCD Blank Putih Dengan Tepat

Diposting pada

TV LCD merupakan salah satu teknologi masa kini yang memberikan kenyamanan dalam menonton TV. Berbicara mengenai TV ini, apakah Anda pernah merasa jengkel karena tiba-tiba TV LCD blank putih ? Jangan khawatir, Anda juga jangan langsung gegabah untuk membuangnya. Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan, yaitu memperbaiki kerusakan sendiri secara manual.

Salah satu merk TV terbaik adalah Samsung. Namun demikian, setangguh apapun ia seperti halnya TV LCD merek lainnya, TV ini pun pasti akan mengalami rusak pada masanya. Umumnya, kerusakan mengacu pada lepasnya salah satu solder an komponen yang ada pada PCBboard yang dikarenakan suhu LCD TV yang terlalu panas, sehingga bisa menyebabkan TV LCD blank putih.

Lalu, bagaimana jika mendapati blank putih atau munculnya garis-garis tertentu pada layar? Tenang, Anda bisa memperbaikinya dengan mengikuti cara di bawah ini.

Ikuti Cara memperbaiki TV LCD Samsung Blank Putih Berikut

Periksa Kapasitor

TV LCD blank putih bukanlah kerusakan yang sangat signifikan sehingga membuat Anda harus membuangnya. Ada beberapa langkah yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi hal tersebut.

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah memeriksa kapasitor elektrolit PSU yang mana merupakanbagian penting yang perlu diperhatikan. Selain itu, Anda juga harus melakukan pemeriksaan pada jalur koneksi pada PSU.  Pastikan semuanya dalam keadaan normal

Periksa Sekring

Cek sekring pico yang ada pada sisi papan controller. Jikamendapati nilai OHM yang tinggi, maka Anda harus segera menggantinya. OHM yang tinggi inilah yang menunjukkanbahwa harus ada penggantian segera karena dapat menyebakan kerusakan yang lebih parah. Jika dibiarkan, maka TV LCD Samsung tidak akan menunjukkan perbaikan sama sekali. Tentu, hal itu tidak ingin Anda rasakanbukan?

Cek KabelNVDS

Langkah selanjutnya yaitu memeriksa kabel NVDS yang merupakan penghubung antara mainboard dan papan controller. Setelah itu, lakukan reset kabel rinbon yang berasal dari controller menuju driver board. Pastikanbahwa reset berjalan dengan lancar danbenar.

Selain melakukan pengecekan pada komponen di atas, Anda juga sangat perlu memeriksa komponen-komponen lain yang terhubung atau berkaitan dengan papan controller. Jika semua proses sudah dijalani dengan tepat, maka TV Anda akan kembali normal.

Cara Memperbaiki GarisGaris Pada LayarTVLCD Samsung

Periksa Kabel LVDS

Langkah pertama untuk mengatasi garis-garis pada layar LCD Anda adalah dengan cara memeriksa kabel LVDS yang menjadi penghubung antara mainboard dengan controller board. Pastikanbahwa kabel tersebut tidak longgar. Jika Anda masih ragu, cabut dulu kabelnya, lalu pasang lagi denganbenar. Jika Anda mendapati kerusakan pada kabel, maka pastikan segera melakukan penggantian.

Setelah memeriksa kabel LVDS, lakukan reset FPCB dari controller board menuju driver board. Lalu, periksa sambungan solder yang ada pada konektor kabel. Dalam pemeriksaan, Anda harus betul-betul memperhatikan apakah sambungan sudah benar atau tidak.

Periksa sambungan solder dan komponen

Selanjutnya, hal yang perlu Anda lakukan adalah memeriksa sambungan solder dan juga komponen PCB controller. Jika semua komponenbaik-baik saja, kemungkinanbesar terjadi masalah pada IC controller board atau panel-nya. Ini bisa saja mengindikasikanbahwa driver IC sedang rusak. Jika memang kerusakannya cukup signifikan, Andabisa mengganti panel baru dengan harga yang ekonomis.

Memperhatikan kerusakan yang terjadi

Perlu diketahui, kebanyakan orang berpikir bahwa semua board yang ada di perangkat ini adalah panel LCD. Hal inilah yang menyebabkan orang langsung mengacu pada kerusakan panel LCD jika terjadi masalah. Padahal, tidak semuanya demikian. Untuk itu, Andabisa saja membongkar dan melepas panel LCD untuk memeriksa kerusakan yang terjadi sebenarnya.

Selainblank putih dan terdapat garis-garis pada layar, ada lagi kerusakan yang seringkali muncul pada TV LCD Samsungini yakni mati secara tiba-tiba dan tidak bersuara. Untuk mengatasi masalah ini, Andabisa melumpuhkansirkit alarm dengan melepas kabel yang terhubung, lalupin Alarm (INV SOS) dengan resister 100 OHM.

Nah, itu tadi merupakan ulasan mengenai cara mengatasi layar TV LCD blank putih dengan mudah. Anda bisa mempraktekkannya sendiri di rumah tanpa harus memanggil tukang service, yang nantinya malah akanmembuang-buang uang. Semoga informasi di atas membantu Anda menemukan solusi untuk mengatasi masalah TV di rumah.

Gambar Gravatar
Founder Membangun Inspirasi, Editor duniaelektronik.net, Kontributor klikmania.net, Teacher, Entrepreneurship, University student life. Berusaha menebarkan ilmu, inspirasi, dan kemanfaatan melalui tulisan. Jika bermanfaat silahkan share.