Cara memperbaiki TV LCD Toshiba Bergaris

Mengalami TV LCD Toshiba Bergaris Horizontal ? Ini Cara Mudah Mengatasinya

Diposting pada

Bagaimana cara memperbaiki TV LCD Toshiba bergaris horizontal? Tidak bisa dipungkiri bahwa TV menjadi salah satu elektronik yang ada hampirdisetiap rumah masyarakat Indonesia. Hadirnya TV ini tentunya bisa memberikan hiburan bagi semua keluarga baik kalangan muda hingga tua. Sehingga tidak heran jika TV menjadi kebutuhan wajib yang harus dipenuhi.

Seperti yang diketahui sekarang ini ada banyak dijumpai inovasi TV yang mana menawarkan berbagai fitur yang lebih unggulan. Meski menawarkan fitur yang menarik bukan berarti TV model terbaru ini tidak mengalami masalah kerusakan. Salah satu masalah yang seringkali dialami oleh TV Toshiba adalah muncul garis horizontal pada layarnya. Lalu bagaimana cara memperbaiki TV LCD Toshiba bergaris horizontal ini? Simak ulasan berikut

Penyebab dan Cara Mengatasi TV LCD Toshiba yang Muncul Garis Horizontal

Penyebab Kerusakan TV LCD

Layaknya perabotan elektronik rumah tangga lainnya, TV juga bisa mengalami masalah kapan saja. Umumnya masalah atau kerusakan yang terjadi pada TV LCD yaitu disebabkan karena beberapa hal misalnya saja cacat dalam produksi, salah dalam penggunaan, penggunaan yang terlalu berlebihan atau terus-menerus dan juga kerusakan yang disebabkan oleh lonjakan arus listrik.

Namun tahukah Anda kerusakan yang seringkali terjadi pada TV model baru sekarang ini yaitu karena kualitas gambar yang kurang jernih, suara tiba-tiba hilang atau tidak keluar, nyala biru, muncul garis, dan juga mati total. Nah dari beberapa kerusakan tersebut, salah satu kerusakan yang hampir dialami oleh semua jenis merek TV yaitu munculnya garis horizontal yang tiba-tiba.

Lalu sebenarnya apa penyebab utama layar TV muncul garis horizontal tersebut? Perlu diketahui bahwa masalah yang seringkali mengganggu itu biasanya disebabkan oleh tegangannya. Jadi bagi yang menjumpai masalah TV LC Toshiba yang bergaris, pertama-tama hal yang harus dilakukan yaitu mengecek sumber tegangan.

Cara Memperbaiki Masalah TV LCD Toshiba Bergaris

Ketika Anda menjumpai TV di rumah mendadak bergaris dan gambar tidak jelas tentu saja hal tersebut sangat mengganggu sekali, bukan? Namun meski begitu Anda tidak perlu khawatir dan terburu-buru untuk menggantinya. Perlu diketahui bahwa ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi TV  hal tersebut. Bagaimana caranya? Simak ulasan berikut ini.

  1. Langkah pertama yang harus Anda lakukan yaitu memastikan bahwa tidak ada jalur FPC yang terbakar. Hal tersebut perlu dipastikan sebelum Anda membuka semua asing TV LCD merek Toshiba tersebut.
  2. Jika semua sudah dalam kondisi baik, maka selanjutnya Anda perlu melakukan pemeriksaan semua tegangan yang terdapat pada output IC Power Tcon.
  3. Jika Anda tidak menjumpai pada tegangannya, maka Anda bisa melanjutkan pemeriksaan pada bagian IC Scan Driver Max 17108. Jika terjadi ficker pada bagian ini akan menyebabkan penurunan level output di in 13 – 22.
  4. Setelah itu Anda bisa melakukan langkah selanjutnya yaitu memutus jalur pin out 21 yang mengarah k bagian panel FPC. Kemudian, lakukan pengukuran kembali dan pastikan bahwa kondisi tegangan normal yakni diangka 21 – 24 volt.
  5. Dengan melakukan beberapa percobaan di atas, Anda bisa mengetahui lebih lanjut penyebab dari kerusakan pada TV LCD Toshiba bergaris tersebut apakah pada bagian IC atau panel-nya.
  6. Perlu diketahui, jika kerusakan pada bagian panel-nya maka harus dilakukan jumper tegangan output IC power dengan jalur in yang terdapat pada bagian FPC. Anda bisa melakukan jumper dengan menggunakan resistor 10 ohm agar tetap aman dan terkendali.
  7. Apabila semua langkahdi atas sudah Anda lakukan, maka Anda bisa mencoba kembali menyalakan TV. Jika garis horizontal tersebut hilang maka perbaikan yang dilakukan sebelumnya berhasil. Namun jika masih muncul garis pada layar, maka kemungkinan besar terjadi kerusakan pada bagian FPC nya.

Baca Juga : Solusi TV Mati Total Mendadak, Mudah Namun Jarang Diketahui

Bagaimana apakah Anda sudah bisa memperbaiki masalah TV LCD Toshiba bergaris yang muncul dan seringkali mengganggu? Jika masih belum, sebaiknya untuk segera membawanya ke tukang service agar masalah tersebut dapat segera tertangani dengan baik. Semoga informasi di atas bermanfaat dan membantu Anda jika suatu saat menjumpai masalah layar bergaris pada TV dirumah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *