TV LED cepat rusak
Penyebab TV LED cepat rusak

Inilah Penyebab TV LED Cepat Rusak dan Cara Pencegahannya!

Diposting pada

TV LED cepat rusak beberapa diantara Anda mungkin pernah merasa kesal karena hal ini terjadi tanpa sebab yang jelas. Sedangkan untuk memperbaik TV LED biasanya membutuhkan biaya yang cukup mahal karena harus mengganti komponennya. Agar Anda bisa terhindar dari kejadian mengesalkan seperti itu sebaiknya ketahui hal apa saja yang bisa menyebabkan TV mudah rusak. Dengan begitu TV LED milik Anda akan bisa digunakan dalam jangka waktu yang cukup lama.

Mungkin Anda merasa sudah melakukan perawatan TV LED dengan benar dan sudah mengikuti manual yang ada. Tetapi mengapa tetap saja TV LED yang Anda punyai hanya berumur sebentar saja  dan sudah rusak meskipun masih belum lama digunakan. Faktor TV LED cpat rusak ini jugalah yang membuat orang sering ragu untuk membeli TV jenis tersebut. Padahal sebenarnya bisa jadi kerusakan disebabkan oleh faktor kesalahan manusianya bukan pada TV-nya yang mudah bermasalah.

Kelebihan TV LED Dibanding Jenis Tabung

Sebelum kita membahas penyebab TV LED bisa cepat mengalami kerusakan, ada baiknya kita bahas terlebih dulu kelebihan dari penggunaan TV jenis LED itu sendiri. Salah satu kelebihan yang tentu dapat langsung kita lihat dan rasakan, tentu pada kualitas gambarnya.

Untuk kualitas gambar yang dihasilkan TV berjenis LED ini memiliki kualitas gambar yang jauh lebih baik dibandingkan TV Tabung. Bahkan saat ini, tidak sedikit dari TV LED jenis terbaru yang sudah dilengkapi dengan berbagai fitur, untuk mengatur kualitas gambar maupun kontrasnya.

Selain itu, dalam penggunaannya pun TV jenis ini tidak akan memakan tempat, bahkan kita cukup hanya dengan menempelkannya di dinding. Tentu saja karena desain TV jenis ini cendring lebih ramping dan tipis. Tampilannya yang elegan juga akan membuat ruangan semakin terlihat indah dan cantik.

Mengapa TV LED Anda Cepat Rusak?

Untuk lebih jelasnya Anda bisa menyimak informasi berikut ini, sebenarnya hal apa saja yang akan menyebabkan TV LED cepat rusak.

Tempat yang Terlalu Sempit atau Kurangnya Fentilasi

Coba cek dimana Anda menempatkan televisi apakah cukup luas dengan fentilasi udara yang lancar atau sebaliknya. Jika posisi TV LED berada di tempat sempit dan fentilasinya kurang bagus sebaiknyas segera saja pindahkan. Contoh tempat yang sempit dan kurang fentilasi misalnya adalah di lemari dan sejenisnya.

Tempat yang sempit dengan fentilasi yang kurang lancar akan membuat komponen dan sirkuit di dalam pesawat televisi menjadi lebih cepat panas. Hal tersebut akan merusak komponen TV LED jika dibiarkan terlalu lama. Sebaiknya letakkan TV LED di atas meja yang datar atau di tembok yang permukaannya halus.

Hal lain yang bisa menyebabkan komponen TV LED menjadi cepat panas adalah karena paparan asap rokok, yang dapat masuk ke dalam komponen melalui lubang-lubang kecil. Jika asap sudah menyelomuti panel dan tidak mendapatkan sirkulasi udara dengan baik, hal ini bisa menyebabkan TV lebih mudah panas.

Meletakkan di Tempat Lembab

Kerusakan pada TV LED bisa terjadi kalau Anda meletakkannya di tempat dengan kelembaban tinggi. Tempat yang lembab akan menyebabkan TV LED cepat rusak karena terjadinya karat dan kerak pada komponennya. Sebagaimana kita ketahui bahwa kelembaban sangat mudah menimbulkan pengaratan pada logam dan itu bisa terjadi juga pada pesawat TV LED. Tempat lembab juga disukai oleh serangga yang bisa saja masuk ke dalam TV dan mengganggu operasionalnya.

TV Menyala di Ruangan yang Panas

Kalau cuaca di sekitar sedang terasa sangat panas sebaiknya matikan lebih dulu TV LED Anda. Tahukah Anda bahwa suhu tinggi yang panas bisa membuat TV LED cepat rusak karena komponen didalamnya akan mengalami keretakan. Jadi kalau Anda ingin TV LED bisa lebih awet jangan paksa televisi terus dalam kondisi menyala atau ON dalam cuaca yang cukup panas. Matikan dulu atau kurangi suhu dalam ruangan tersebut dengan menghidupkan kipas angin atau AC.

Arus Listrik Kurang Stabil

Arus listrik yang tersambung dengan TV juga bisa memicu terjadinya kerusakan. Jika rumah Anda termasuk yang arus listriknya tidak stabil sebaiknya lakukan antisipasi dengan menggunakan stabilizer atau UPS. Penggunaan alat tersebut akan membuat arus listrik yang masuk ke dalam TV LED menjadi lebih stabil sehingga tidak cepat rusak.

TV Terkena Air

Anda harus lebih waspada ketika musim hujan datang karena bisa saja terjadi kebocoran atap yang membuat TV kena air. Percikan air yang mengenai televisi akan membuatnya terganggu dan bisa rusak pada akhirnya. Bukan hanya air hujan saja, yang bisa membuat TV LED cepat rusak juga termasuk air minum yang tumpah mengenai televisi tersebut.

Jika secara tidak sengaja TV terkena air segera lakukan tindakan yang benar yaitu bongkar casis pada televisi kemudian keringkan secara sempurna. Jangan biarkan TV LED tetap dalam kondisi menyala saat kena air atau komponennya akan menjadi rusak karena basah.

Kena Petir

Selain air yang harus diwaspadai saat musim penghujan adalah petir karena juga bisa menyebabkan TV LED cepat rusak. Petir memiliki arus kejutan yang bisa masuk ke dalam TV dan mengenai komponennya melalui kabel yang terhubung dengan antena. Inilah mengapa mayoritas orang akan mematikan TV ketika sedang terjadi petir di luar rumah. Selain itu petir juga bisa menyebabkan TV terbakar kalau kurang beruntung.

Cara Merawat TV LED Agar Tidak Cepat Rusak

TV LED cepat rusak
Cara merawat TV LED

Kata kunci terkait : batas umur tv led, apakah tv led bisa diperbaiki, cara merawat tv led agar tidak cepat rusak, cara memilih tv led yang bagus, harga tv polytron garansi 5 tahun, garansi tv tcl, tv led polytron, garansi tv led lg, cara memilih tv led yang bagus, harga tv polytron garansi 5 tahun, garansi tv led lg, garansi tv samsung, garansi tv sharp, tcl indonesia, merk tv tabung paling awet, tv led polytron, tv changhong, tv plasma, harga tv led, smart tv, merk tv led terbaik kaskus, merk tv led yang bagus dan murah, tv led terbaik 42 inch, smart tv terbaik 2019, merk tv tabung terbaik, tv led 32 inch murah berkualitas.

Ada beberapa hal yang bisa sobat lakukan, sebagai cara merawat TV LED agar tidak cepat rusak, diantaranya adalah dengan menjauhkan TV LED dari paparan sinar matahari, menjaga suhu ruangan, memberishkan kotoran, menjauhkan TV dari barang bermagnet, dan lain sebagainya.

Baca Selengkapnya : Lakukan Ini Agar TV LED Awet Tahan Lama

Itulah penjelasan mengenai penyebab TV LED cepat rusak, dan cara mencegah agar TV LED tidak cepat rusak. Semoga artikel di atas dapat membantu Anda semua. Jika bermanfaat, jangan lupa share ya!

Gambar Gravatar
Menulis adalah salah satu cara mengaktualisasikan diri, memberi informasi bermanfaat, dan sebagai upaya menjadi pribadi yang berguna untuk orang banyak. Silhakan share jika bermanfaat.