Usaha elektronik tanpa modal

Cara Berbisnis dan Usaha Elektronik Tanpa Modal bagi Pemula Agar Cepat Sukses

Diposting pada 291 views

Usaha elektronik tanpa modal sejatinya bukan hal aneh diera digital seperti sekarang ini. Selama kita mau membuka diri dengan perkembangan yang ada, berbagai peluang memang bisa kita pelajari dan dapatkan.

Hal ini juga didukung oleh tingkat kebutuhan masyarakat akan produk elektronik. Hampir dapat dipastikan semua orang membutuhkan produk elektronik, mulai dari elektronik rumah tangga, kebutuhan kerja, bahkan hingga hiburan.

Penggunannya pun tidak mengenal usia, tua, muda, hingga anak-anak semuanya membutuhkan elektronik.
Fakta ini membuktikan betapa menggiurkannya bisnis jualan elektronik itu. Tingginya minat dan kebutuhan masyarakat, tentu akan berbanding lurus dengan laris manisnya jualan Anda.

Cara Buka Bisnis Elektronik untuk Pemula dengan Modal Kecil

Usaha elektronik tanpa modal memang terdengar ekstrem, sebab hampir semua bisnis membutuhkan modal. Minimalnya adalah modal tenaga dan pikiran kita, terutama jika kita menjual produk orang lain tanpa harus membelinya terlebih dahulu.

Bagi Anda yang ingin sukses membuka bisnis elektronik, ada beberapa cara yang bisa dilakukan, diantaranya adalah sebagai berikut:

Menentukan Jenis Produk

Ada banyak sekali jenis produk elektronik. Agar Anda memiliki target pasar yang jelas, dan mudah dikenal sebaiknya tentukan salah satu tema produk yang ingin dijual.

Misalnya saja menjual berbagai elektronik rumah tangga. Dalam hal ini, Anda bisa menjual berbagai produk yang memang dibutuhkan oleh mayoritas keluarga. Misalnya seperti TV, kulkas, mesin cuci, blender, mixer, dan lain sebagainya.

Persiapan Modal

Bagi Anda yang memiliki keinginan membuka usaha elektronik, namun selalu diurungkan karena merasa belum memiliki banyak dana.

Percayalah, dana yang belum banyak tersebut bukan alasan untuk Anda berhenti berupaya.
Sejatinya modal utama adalah tekad baja dan bersedia action untuk merealisasikannya segera.

Ada banyak jalan yang bisa dilalui, dimana jika dipraktekan akan bisa mengantarkan untuk Anda segera mendapatkan banyak keuntungan dari usaha elektonik tanpa modal ini.

Jika memang Anda belum memiliki banyak dana, Anda bisa menjual produk milik orang lain terlebih dahulu.

Promosi Usaha Elektronik

Dalam usaha apa pun, promosi adalah hal penting yang tidak boleh dilewatkan. Sebab selain berfungsi untuk memperkenalkan usaha, produk, atau jasa, promosi juga sangat kuat pengaruhnya dalam membangun kepercayaan calon pelanggan.

Di era digital, dimana mayoritas orang saat ini hampir setiap waktunya mengakses internet tentunya melakukan promosi pun semakin mudah. Anda bisa menggunakan media sosial seperti Facebook, Instagram dan lainnya untuk melakukan promosi.

Namun demikian, jika Anda ingin lebih mudah dipercaya calon pelanggan sangat disarankan untuk Anda memiliki website usaha yang digeluti. Dengan hal ini, melakukan promosi pun semakin mudah termasuk saat menggunakan media sosial.

Melalui website tersebut, Anda bisa memajang berbagai produk elektronik yang hendak dijual. Website tersebut, layaknya toko offline.

Bedanya ia mampu melayani calon customer setiap saat. Informasi yang diberikan juga bisa sangat detail dan beragam. Hal yang terpenting, website tersebut juga sangat bermanfaat untuk membangun branding usaha, sehingga lebih mudah dikenal dan dipercaya publik.

Dalam membangun sebuah website, selain memahami teknik SEO pastikan Anda juga menggunakan domain dan hosting dari penyedia layanan terbaik.

Agar bisa menampung banyak sekali pengunjung Anda juga harus menggunakan vps unggul. Ini sangat penting, sebab banyaknya pengunjung website sangat berbanding lurus dengan banyaknya transaksi penjualan, yang akhirnya akan sangat menentukan jumlah omset dan keuntungan Anda.

Anda tak perlu khawatir harus mengeluarkan banyak uang untuk kebutuhan ini. Karena saat ini, ada penyedia VPS murah dengan kualitas wah, diantaranya adalah Niagahoster.

Tips Berjualan Produk Elektronik

Usaha elektronik tanpa modal

Ada bebapa hal yang harus diperhatikan agar jualan produk elektronik Anda senantiasa laris manis, diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Kenali setiap produk yang dijual sehingga lebih mudah melakukan promosi dan mendapatkan kepercayaan customer.
  • Upload setiap barang dagangan Anda ke website dengan gambar dan deskripsi yang menarik
  • Layani setiap pengunjung yang datang dengan baik, ramah, dan professional.
  • Berikan harga yang bersaing.
  • Update selalu barang dagangan Anda agar senantiasa mampu memenuhi tuntutan zaman.

Manfaat atau Keuntungan Usaha Elektronik

Sekali pun judul artikel ini membahas usaha elektronik tanpa modal, namun bukan berarti keuntungan dari bisnis ini kecil. Ada banyak manfaat dan keuntungan yang bisa didapatkan jika Anda menggeluti usaha elektronik, diantaranya adalah sebagai berikut:

Omset Besar

Seperti dibahas sebelumnya bahwa produk elektronik itu sangat banyak sekali jenisnya. Dari satu tema saja, ada puluhan jenis produk yang bisa dijual. Misalnya saja produk elektronik rumah tangga, banyak sekali macamnya.

Selain menjual produknya, Anda juga bisa menjual berbagai spare partnya, termasuk jasa perbaikan. Begitu pun dalam hal system penjualan, Anda juga bisa melakukan berbagai strategi.

Misalnya saja dengan strategi kredit sehingga lebih banyak mendatangkan laba. Ada banyak peluang yang bisa dilakukan untuk meningkatkan omset usaha, semua ditentukan oleh kejelian Anda.

Persaingan Lemah

Di kota-kota besar memang sangat banyak sekali pelaku usaha elektronik. Namun jika Anda menengok ke desa, sangat jarang sekali ditemui. Padahal, hampir semua orang membutuhkan elektronik.

Artinya kesempatan usaha ini sangat terbuka lebar di desa-desa. Minimnya persaingan, tentu akan semakin memudahkan Anda dalam mendapatkan banyak pelanggan setiap harinya.

Resiko Kecil

Salah satu keuntungan usaha elektronik yang paling utama adalah resikonya yang sangat kecil. Sekali pun memiliki banyak stok barang yang menumpuk, dan tidak terjual dalam waktu lama produk elektronik akan tetap berfungsi.

Tidak ada istilah basi dan lainnya. Bahkan hampir semua produk elektronik dilindungi garansi, sehingga resiko pun semakin diperkecil karenanya.

Pasar Luas

Tingginya minat masyarakat terhadap elektronik tentunya membuat pasar bisnisnya pun menjadi sangat luas. Ruang lingkup pasar ini bahkan hampir merata ada di semua wilayah.

Hal ini sejalan dengan kebutuhan elektronik yang juga memang menyeluruh dan berlaku untuk semua orang.

Kesimpulan

Usaha elektronik tanpa modal semakin mungkin terjadi di era digital seperti sekarang ini. Apalagi hal ini semakin diperkuat oleh adanya website dan akses internet.

Melalui website Anda bisa memasarkan berbagai produk elektronik yang sudah ada di tangan, maupun masih di tempat lain, cukup dengan memajang gambarnya saja.

Website memang sangat menunjang untuk kesuksesan bisnis Apa pun. Namun demikian, agar website bisa menjalankan tugasnya dengan maksimal haruslah didukung vps unggul sehingga bisa menampung banyak sekali pengunjung.

Gambar Gravatar
Jasa Rilis dan Backlink ke Berbagai Media Nasional Menerima kursus blog sampai menghasilkan dari berbagai sumber, Jasa pembuatan Blog, Website, maupun Toko Online. Mulai dari 50K s/d 800K. More info klik detatang.com atau via YouTube di Detatang Channel. Temukan tulisan saya di Membangun Inspirasi, detatang.com, duniaelektronik.net, klikmania.net dan puluhan blog lainnya. Contact: admin@detatang.com / 0823 2727 7319