Cara supaya blog diterima Adsense

12 Cara Supaya Blog Diterima Adsense Hanya dengan Sekali Daftar, Terbukti!

Diposting pada

Cara supaya blog diterima Adsense saya yakin banyak orang mencarinya, terlebih tidak sedikit orang yang merasa sulit untuk dapat diterima Adsense. Bahkan tidak sedikit blogger sukses yang cerita melalui tulisannya, jika mereka puluhan kali ditolak Google Adsense sebelum akhirnya bisa diterima.

Mungkin kamu pun mengalami hal yang sama, padahal artikelyang dibuat sudah memenuhi syarat. Namun tak tahu kenapa Adsense begitu sulit menerima, atau bahkan ada juga dari anda yang belum tahu cara daftar Google Adsense 2019? Atau anda butuh cara jitu supaya blog diterima Adsense?

Tepat sekali jika sobat berkunjung ke situs ini, sebab penulis memang sudah dua kali diterima Adsense tanpa mengalami kendala berarti. Bahkan duniaelektronik.net baru seumur jagung, tulisannya baru memiliki 26 artikel. Kemudian pada malam Rabu, penulis iseng daftar Adsense. Dibilang isengkarena penulis pribadi tidak begitu yakin website ini akan diterima,dikarenakan memang penulis jarang update

Jujur saja, penghasilan memang faktor utama. Sebab penulis di klikmania bisa menghasilkan ratusan ribu tiap bulannya, begitupun blog Membangun Inspirasi, sudah memiliki akun Adsense. Jadi menulis di website yang tanpa ada iklan rasanya sangat tidak bergairah. Dengan modal nekad, dan dengan menerapkan strategi cara supaya blog diterima Adsense, yang akan penulis bagikan ini, akhirnya berani juga mendaftarkan duniaelektronik.net ke Adsense.

Hasilnya begitu menakjubkan, dengan cara supaya diterima Adsense ini. Penulis yang baru semalam daftar, hari ini Rabu 19 Desember 2019 penulis dibuat kegirangan saat membuka email. Tahu kenapa ? Karena ternyata duniaelektronik.net diterima Adsense, dan hari ini bisa langsung menampilkan iklan. Amazing kan…

Atas dasar perasaan senang dan syukur kepada Tuhan, maka penulis pun memutuskan langsung membagikan cara supaya diterima Adsense ini. Besar harapannya semoga bisa membantu sobat semua, dan bisa blognya juga bisa langsung diterima Adsense pula.

Cara Supaya Blog Diterima Adsense
email pendaftaran pertama adsense duniaelektronik.net

Memiliki akun Adsense memang merupakan mimpi dan salah satu tujuan utama para blogger. Namun tidak semua bisa mendapatkannya dengan mudah, tidak sedikit yang mengalami kesulitan yang sangat berat dalam prosesnya.

Tingginya minat para blogger terhadap Adsense, membuat pihak Google menyaring dengan ketat setiap permohon akun baru untuk dapat diterima. Hal ini dikarenakan tidak sedikit yang berusaha dengan cara curang, sehingga pihak Google harus memprosesnya dengan sangat teliti.

Namun demikian jika sobat selaku pemilik blog mengikuti segala aturan dan ketentuan Adsense dengan benar, maka tidak menutup kemungkinan jika sobat pun akan mendapatkan akun Adsesne dengan sangat mudah. Kuncinya ikuti aturan Adsense, dan berikan kepercayaan yang baik pada pihak Adsense bawa kita bisa menjadi phatner mereka yang sangat baik. Sebenarnya ada hal-hal yang bisa dilakukan agar pengajuan Adsense dapat segera diterima.

Cara Daftar Google Adsense 2019

Sebelum membahas lebih jauh cara supaya blog diterima Adsense, ada baiknya kita pahami dulu cara Google Adsense 2019. Kenapa 2019 ? ya karena tulisan ini dibuat pada tahun 2019. Jika anda sudah siap mendaftar Google Adsense, anda harus menyiapkan 2 hal ini sebelum mendaftar.

Siap bergabung dengan AdSense? Anda memerlukan kedua hal ini untuk membuat akun AdSense:

Pertama adalah akun Google, langkah ini bisa anda lewati jika sudah menggunakan Gmail. Namun jika belum, sebaiknya buatlah terlebih dahulu agar semakin mudah saat mendaftar. Yang kedua, tentu saja harus memiliki konten sendiri yang akan dijadikan mitra nantinya, seperti YouTube, website, blog, atau berbagai konten asli lainnya, dengan catatan memenuhi kebijakan dari program Adsense.

Jika kedua hal tersebut sudah anda miliki, maka itu berarti anda bisa melanjut ke tutorial cara daftar Google Adsense 2019, berikut tahapanya.

  • Buka link https://www.google.com/adsense/start.
  • Klik Sign Up atau Daftar Sekarang
  • Masukan URL situs milik anda yang akan digunakan untuk menampilkan iklan
  • Jika menggunakan Blogger atau YouTube, anda bisa melanjutkan langkah ini di halaman dasboard akun anda, sehingga prosesnya bisa lebih cepat. Adapun caranya tinggal pilih dan klik Lanjutkan di…
  • Silahkan masukan alamat Gmail anda
  • Tentuakan pilihan apakah anda menginginkan Google Adsense, mengirimkan bantuan dan performa yang disesuaikan melalui email.
  • Disarankah memeilih Ya sehingga pihak Adsense bisa membantu anda untuk memaksimalkan akun anda nantinya. Untuk setelan kontak, anda bisa merubahnya nanti.
  • Silahkan klik sinpan dan lanjutkan
  • Login kembali ke akun Gmail anda
  • Pilih wilayah / negara yang sesuai dengan kartu identitas anda, baik itu KTP maupun SIM.
  • Tinjau serta setujui setiap ketentuan dan persyaratan dari Gogle Adsense.
  • Klik buat akun, maka sampai tahap ini anda sudah berhasil masuk ke Akun baru Adsense.
  • Tunggu sampai ada email pemberi tahuan, apakah anda disetujui menjadi mitra Google Adsense atau belum.

Cara Supaya Blog Diterima Adsense

Cara Supaya Blog Diterima Adsense
Email pemberitahuan duniaelektronik.net diterima Adsense

Ini adalah pembahasan penting, selain cara daftar Google Adsense 2019 di atas. Sebab tidak sedikit orang bertanya-tanya ketika hendak mendaftar di Google Adsense. Dimulai dari bagaimana cara daftar Google Adsense ? Apa saja syarat blog untuk dapat diterima Adsense ? Persyaratan apa yang harus dipenuhi untuk mendaftar di Google Adsense ? Kenapa Adsense menolak permohonan blog saya ? Hingga apa yang harus dilakukan jika blog ditolak Adsense ?

Menyikapi semua permasalahan sobat semua, penulis yakin tulisan ini bisa membantu semua permasalahan tersebut.

Kenapa Blog Harus Didaftarkan Adsense ?

Mungkin diantara sobat ada yang bertanya, kenapa para blogger hampir semua mendaftarkan blognya ke Google Adsense ? Alasan utamanya tentu saja untuk dapat menghasilkan uang, sehingga selain sebagai hobi aktivitas blogger juga bisa menjadi sumber penghasilan.

Google Adsense pada dasarnya adalah PPC atau Pay For Click. Dimana pemilik blog salah satunya akan dibayar, jika ada yang mengklik iklan yang muncul di blognya. Dapat dikatakan jika Google Adsense merupakan senior dari perusahaan PPC yang lainnya. Selain senantiasa membayar para blogger (publishernya) tepat waktu, ada juga ribuan pengiklan yang sangat puas dengan layanan yang diberikan Adsense.

Jika melakukan dengan cara yang benar, maka tentu para blogger memiliki kesempatan untuk dapat menghasilkan uang yang cukup besar. Bahkan tidak sedikit para blogger yang memilih meninggalkan pekerjaan utama mereka sebelumnya, setelah mereka merasakan betapa gurihnya penghasilan Adsense ini.

Baca Kisahnya : Hanya Lulusan SMP, Eka Lesmana Raih Penghasilan Puluhan Hingga Ratusan Juta dari Blognya

5 Alasan Kenapa Pengajuan Adsense Ditolak

Sebelum membahas cara supaya diterima Adsense dengan lebih detail, sebaiknya kita pahami dulu kenapa permohonan Adsense bisa ditolak. Setidaknya ada 5 alasan umum kenapa pihak Adsense tidak bisa menerima permohonan akun baru, yakni sebagai berikut :

1. Tidak Memiliki Banyak Artikel

Artikel adalah raja bagi sebuah blog atau website, semakin banyak jumlah artikel maka peluang untuk menghasilkan banyak uang pun akan semakin tinggi pula. Hal ini tentu saja karena banyaknya jumlah artikel, akan memberikan peluang yang besar akan banyak orang berkunjung ke blog kita, yang mereka temukan melalui search engine Google.

Ketika publisher baru mendaftar, maka pihak Google akan mengecek terlebih dahulu konten blog yang telah diajukan tersebut. Jika tulisan blog sulit dipahami, apalagi jumlah artikelnya sedikit, maka besar kemungkinannya blog tersebut akan ditolak Adsense.

Selain mudah dipahami, artikel yang dibuat juga harus bebas plagiat, alias asli tulisan sendiri atau belum dipublish di website lain. Sementara jika tulisan yang dibuat formatnya dalam bahasa inggris, maka tulisannya harus sesuai grammer, yaitu sesuai aturan penulisan. Selain itu, setiap tulisan yang dibuat juga harus membuat nyaman para pembacanya.

2. Tema Blog Tidak Berkualitas

Tema pada blog merupakan salah satu hal penting supaya blog diterima Adsense. Hal ini dikarenakan tema tersebut akan sangat menentukan, nyaman tidaknya suatu blog dilihat dan dibaca para pengunjungnya.

Tema blog yang tidak baik, tentu akan membuat para pengunjung lari. Sehingga dengan demikian, tidak berlebihan rasanya jika tema blog yang baik, adalah salah satu syarat blog mudah diterima Adsense.

3. Tidak Memiliki Halaman Tentang Kami, Kontak, dan Kebijakan Privasi

Tidak sedikit para blogger yang blognya ditolak Adsense, adalah dikarenakan tidak memiliki tiga halaman ini. Sebelum mendaftar Adsense, semalam penulis langsung membuat halaman tentang kami, kontak, dan kebijakan privasi ini.

Penulis pun menganggap, ketiga halaman ini adalah salah satu cara agar pihak Adsense benar-benar mengetahui keberadaan kita, niat baik kita, dan tentu saja meyakinkan mereka bahwa kita benar-benar manusia asli alias bukan fiktif atau samaran.

Menurut situs lain sebenarnya ada juga halaman lain yang harus ditambahkan, seperti disclamer, peta situs atau sitemap. Sangat disarankan sobat membuat semua halaman tersebut, sehingga tidak ada lagi alasan pihak Adsense menolak pengajuan sobat.

4. Blog Melanggar Kebijakan Google Adsense

Sebelum sobat memutuskan jadi publisher Google Adsense, sebaiknya pahami terlebih dahulu berbagai kebijakan Adsense. Dengan memahami dengan baik kebijakan tersebut, maka sobat akan terhindar dari melanggar kebijakan, sehingga saat mendaftar tidak ditolak.

Selain itu, jika suatu blog tidak memiliki artikel berkualitas, tidak menarik sehingga tidak dapat mendatangkan pengunjung dari search engine, maka besar kemungkinannya blog tersebut akan ditolak saat mendaftar Adsense.

Minim atau tidak adanya jumlah konten berkualitas, juga menjadi salah satu faktor utama suatu blog tidak dapat memenuhi kebijakan Adsense. Selain itu navigasi yang tidak memadai juga merupakan salah satu faktor berikutnya.

5. Tidak Memiliki Visitor Natural

Visitor natural atau pengunjung yang berasal dari search engine internet, seperti Google, Yahoo dan lainnya, adalah sesuatu yang harus kita perhatikan agar blog dapat diterima Adsense. Jika pengunjung yang datang berasal dari sumber ilegal, maka sudah pasti blog akan ditolak Adsense.

Hal ini juga bisa dikarenakan struktur kode tema yang jelek, atau pun kata kunci yang dibuat sangat berlebihan. Oleh karena itu, sebagai calon blogger sukses, sangat penting untuk kita senantias semangat untuk belajar teknik SEO yang benar

Cara Supaya Blog Diterima Adsense dengan Cepat

Cara supaya blog diterima Adsense

Cara daftar Google Adsense 2019. Setidaknya ada 12 hal yang harus dilakukan, agar blog diterima Adsense :

1. Berusia 18 Tahun ke Atas

Hal  yang tidak boleh dianggap remeh adalah usia. Pastikan saat mendaftar di Adsense, usia sobat sudah minimal 18 tahun. Sebab salah satu syarat diterima Google Adsense, usia pemohon mitranya harus 18 tahun ke atas. Cara supaya blog diterima Adsense ini harus diperhatikan, daftarlah hanya jika usianya telah memenuhi syarat.

2. Buatlah Artikel Berkualitas

Salah satu hal paling penting sebelum mendaftar Adsense, adalah membuat artikel berkualitas sebanyak mungkin. Hal ini dikarenakan semakin banyak suatu blog memiliki artikel berkualitas, maka akan semakin banyak pula pengunjung yang akan menyukainya. Jika sudah banyak pengunjung yang menyukai blog kita, maka dengan otomatis Google pun akan menyukai pula.

Selain itu blog yang sobat ajukan, nantinya juga akan dilakukan pengecekan secara manual oleh tim Adsense. Jadi dengan memiliki banyak artikel berkualitas, tim Adsense yang juga manusia akan menyukai blog kita, hingga akhirnya menyetujui untuk menjadi anggota publisher mereka.

Ciri-ciri artikel berkualitas :

  • Tulisannya bebas flagiat
  • Tulisannya unik, informatif, dan memiliki manfaat untuk banyak orang
  • Memiliki jusul yang sesuai dengan keseluruhan tulisan
  • Memiliki sub judul
  • Kalimat dan tulisannya sesuai dengan aturan yang berlaku, baik tulisan bahasa Indonesia maupun Inggris.
  • Tulisannya cukup lengkap dan panjang

3. Memiliki Jumlah Artikel yang Cukup Banyak

Artikel adalah salah satu utama cara supaya blog diterima Adsense. Terkait jumlah artikel saat mendaftar Adsense, sebenarnya tidak ada patokan pasti. Yang terpenting adalah sobat harus senantiasa membuat artikel berkualitas. Sebab tidak sedikit blogger yang sudah memiliki ratusan artikel, namun saat mendaftar Adsense mereka masih tetap ditolak. Begitupun  tidak sebaliknya, ada blogger yang hanya memiliki artikel 9 buah namun justru diterima Adsense.

Jadi yang paling penting di sini, adalah tulisan yang sobat buat harus berkualitas. Tentu akan lebih baik lagi, jika selain berkualitas jumlah artikelnya juga banyak sehingga selain dapat dengan mudah diterima Adsense, mendapatkan penghasilan yang banyak pun akan terasa lebih mudah.

Agar lebih mudah diterima Adsense, sebaiknya saat mendaftar jumlah artikel blog berkualitas sudah lebih dari 20. Selain itu, buat juga artikel minimal 500 kata setiap artikelnya.

Hal yang harus ada pada sebuah artikel:

  1. Tema artikel yang dibuat unik
  2. Tulisan dalam artikel lengkap
  3. Blog menggunakan tema yang sederhana
  4. Memiliki navigasi yang mudah
  5. Dilengkapi widget seperlunya saja

4. Membuat Halaman Privasi

Halaman privasi atau Privacy Policy adalah salah satu bagian penting pada sebuah blog, namun sering dilupakan sehingga salah satunya berdampak pada penolakan Adsense.

Halaman privasi adalah salah satu hal yang diwajibkan dimiliki oleh para publishernya. Selain itu melalui halaman privasi ini, sobat juga telah menunjukan keseriusannya dalam menjalankan program Adsense tersebut.

Halaman privasi ini sendiri pada dasarnya digunakan untukmenyampaikan berbagai informasi kepada para pengunjung, terkait berbagai hal yang bisa didapatkan dari blog yang bersangkutan. Selain itu, ada juga petunjuk tentang sesuatu yang boleh dan tidak boleh dilakukan.

Jika sobat mengalami kesulitan dalam membuat halaman privasi ini, bisa membuatnya secara online melalui privacy policy generator.

5. Membuat Halaman About

Halaman about atau halaman tentang sam pentingnya seperti Privacy Policy. Jika blog yang sobat buat adalah blog personal, maka di halaman about ini, sobat harus menjelaskan tentang diri sobat, dan konten apa saja yang akan dibahas di blog tersebut.

Mengingat pentingnya halaman about ini, sebaiknya segera buat halaman tersebut agar kemungkinan ditolak Adsense semakin kecil. Sebab selain dapat membantu kita untuk mudah diterima Adsense, halaman About ini juga dapat memberikan kepercayaan dan kemudahan komunikasi antara kita sebagai pemilik blog, dengan para pembaca.

6. Membuat Halaman Kontak

Cara supaya blog diterima Adsense berikutnya adalah dengan membuat halaman kontak. Sebagai manusia yang dilahirkan berbeda, maka setiap manusia pun akan memiliki beragam perbedaan pula, satu diantaranya pendapat. Hal ini tentu juga berlaku terhadap tanggapan para pembaca terhadap isi konten blog yang kita miliki. Ada yang menaruh simpati, suka dan ketertarikan, bahkan tidak sedikit mungkin yang tidak menyukainya.

Dengan membuat halaman kontak, maka semua pembaca dengan berbagai respon akan dapat menghubungi sobat sebagai pemilik blog. Dengan hal ini, maka soba pun akan semakin bijaksana dalam memahami setiap keinginan pembaca, sehingga dari waktu ke waktu blog sobat semakin terkenal dan semakin banyak penggemarnya.

Segeralah membuat halaman kontak, jangan lupa sertakan alamat email yang sobat gunakan untuk mendaftar Adsense. Jangan lupa tambahkan pula link yang mengarah ke halaman media sosial yang sobat miliki.

Dengan hal ini maka pihak Adsense pun akan semakin yakin kepada sobat, karena hal ini menandakan konten yang sobat buat menomer satukankenyamanan pengunjung. Sehingga saat ada pengunjung yang ingin menghubungi, mereka bisa dengan mudah menggunakan halaman kontak tersebut. Referensi cara membuat halaman kontak, silahkan klik di sini.

7. Jangan Lupa Cantumkan Nama dan Email di Blog

Jangan lupa cantumkanlah nama dan alamat email sobat di halaman blog yang mudah terlihat, seperti halaman kontak maupun tentang kami.

Dengan hal ini, maka saat tim Google Adsesnse melakukan pengecekan pun, mereka akan lebih mudah memastikan jika blog tersebut memang benar-benar milik sobat, alias bukan spam. Sehingga dengan demikian proses verifikasi pengajuan untuk dapat diterima Adsense pun dapat berlangsung dengan cepat.

8. Gunakan Desain Tema Blog yang Mumpuni

Seperti dibahas sebelumnya bahwa tampilan tema suatu blog itu sangat penting. Oleh karena itu gunakanlah desain tema yang maksimal, dengan mungganakan tampilan tema yang sederhana namun tetap terlihat profesional.

Dengan memiliki tampilan tema blog yang rapi, serta proses loading yang cepat. Maka tentu hal ini akan mempermudah suatu blog diterima Adsense. Bukankah setiap melihat apapun yang pertama kali adalah penampilannya, nah jika demikian ini pun tentu berlaku bagi sebuah blog.

Dengan membuat kesan pertama yang bagus dan menggoda, maka pengunjung pun akan betah berlama-lama membaca setiap tulisan di blog sobat.

Syarat tema yang bagus untuk blog :

  • Memiliki tampilan yang sederhana namun tetap terlihat profesional
  • Proses loading cepat
  • Search engine friendly
  • Menyediakan menu navigasi yang mudah
  • Gunakan widget seperlunya saja.

9. Perhatikan Jenis Konten

Salah satu hal wajib yang tidak bisa diganggu gugat, jika sobat ingin bisa diterima Adsense adalah jenis konten. Agar cara supaya blog diterima Adsense ini manjur,  perhatikan setiap artikel yang dibuat, jangan sampai ada yang melanggar kebijakan Adsense, karena jika hal ini terjadi maka kemungkinan besar blog sobat akan langsung ditolak.

Adapun beberapa konten yang melanggar kebijakan Adsense, diantaranya adalah konten dewasa atau pornografi, berisi konten bajakan, tutorial crking atau hacking, obat-obatan terlarang dan lainnya. Untuk melihat daftar lengkapnya silahkan bisa klik di sini.

10. Gunakan Domain (TLD)

Adsense memang mempermudah kita untuk bisa mendaftar melaluiblogspot, seperti blog Membangun Inspirasi milik penulis. Namun jika menggunakan layanan ini, maka sobat tidak bisa menggunakan akun tersebut untuk domain TLD seperti .com, .net dan lainnya.

Agar akun Adsense bisa digunakan untuk domain TLD, maka sobat harus melakukan upgrade akun Adsense. Jadi sebelum mendaftar sangat disarankan sobat menggunakan domain TLD terlebih dahulu, sehingga tidak perlu melakukan upgrade akun, bahkan sobat bisa memasangnya diberbagai domain TLD lain yang sobat miliki. Untuk jasa domain, penulis sarankan sobat menggunakan Puskomedia Indonesia, selain layanannya ramah dan banyak pilihan, tersedia juga pilihan tema menarik dan lainnya sehingga sobat bisa mudah diterima Adsense seperti penulis. Inilah salah satu rahasia dari cara supaya blog diterima Adsense, atau cara daftar Google Adsense 2019.

Silahkan pilihlah nama domain yang unik, mudah diingat, dan yang paling penting sesuai dengan niche blog yang sobat miliki. Inilah salah satu strategi supaya blog diterima Adsense.

Kabarnya untuk mendaftar di Adsense umur domain sobat harus lebih dari 6 bulan, namun umur blog penulis kurang dari itu sudah diterima. Bahkan ada juga usia domain blog yang baru satu bulan, juga sudah diterima. Hal ini faktor utamanya dikarenakan kualitas tulisan dalam blog, yang fokus utamanya pada kepuasan pengunjung.

11. Jangan Gunakan Iklan Lain Selain Adsense

Cara supaya blog diterima Adsense berikutnya yaitu, saat hendak mendaftar Adsense pastikan tidak ada iklan lain yang terpasang di blog sobat. Hal ini agar pihak Adsense mudah menerima, dan tidak menolak blog sobat karena merasa diduakan ??.

Meskipun dalam peraturannya Adsense memperbolehkan pemasangan iklan lain dengan Adsense, seperti iklan Affilate. Namun jika belum diterima sangat disarankan blog sobat benar-benar bersih dari iklan manapun.

Untuk dapat diterima Adsense biasanya sobat akan mendapatkan pemberi tahuan selama beberapa hari, atau minggu. Jika sobat ingin langsung mendapat pemberitahuan diterima hanya dalam waktu sehari seperti penulis, maka lakukanlah semua hal yang kita bahas dalam artikel ini.

12. Pastikan Sumber Pengunjung Adalah Legal

Pastikan bahwa pengunjung blog yang berkunjung adalah benar-benar legal, yaitu yang berasal dari search engine atau pun media sosial. Jangan sekali-kali sobat membeli pengunjung. Sebab hal ini tidak disukai oleh Google, dan akan dapat dengan mudah menyebabkan permohonan Adsense tertolak.

Hal yang Harus Dilakukan Jika Adsense Ditolak

Jika dengan menjalankan berbagai tips di atas permohonan Adsense sobat tertolak, yang harus sobat lakukan adalah tentu jangan putus asa. Coba pelajari kembali, penulis yakin ada sesuatu yang kurang baik, sehingga menyebabkan pihak Adsense belum mau menerima permohonan sobat.

Lakukan perbaikan pada setiap kesalahan, ingat belum diterima bukan berarti kamu gagal jadi pubhlisher Adsense. Tidak sedikit para blogger sukses awalnya puluhan kali ditolak Adsense sebelum akhirnya diterima.

Penolakan adalah pembelajaran dan ilmu. Manfaatkan setiap ilmu yang didapat untuk belajar dan berbenah, selanjutnya teruslah mendaftar dengan email dan website yang sama sampai bisa diterima.

Demikian cara supaya blog diterima Adsense. Semoga bermanfaat, jangan lupa share agar semakin banyak orang terbantu. Semakin bisa membantu banyak orang maka rezeki dan hal-hal baik pun, pasti akan Tuhan mudahkan untuk kita.

4 komentar

  1. Artikel yang menarik. Pembahasannya sangat detail Dan mudah dipahami. Terimakasih gan atas infonya…

  2. Artikel yang sangat bermanfaat Mas, terutama bagi blogger pemula seperti Saya… Selain sebagai inspirasi, namun juga bisa menjadi motivasi penambah semangat untuk tetap terus berkreasi melalui blog.

Tinggalkan Balasan