Inspirasi 4 Full Time Blogger Sukses

Inspiratif, 4 Orang Ini Tinggalkan Pekerjaan Bergaji Hingga Puluhan Juta Demi Menjadi Full Time Blogger

Diposting pada

Menjadi full time blogger adalah sebuah pekerjaan konyol mungkin bagi sebagian orang, apalagi jika sebelumnya orang tersebut memiliki penghasilan tinggi di sebuah perusahaan di tempatnya bekerja.

Wajar saja banyak yang berpikir demikian, sebab kebanyakan orang hanya melihat penghasilan blog dari sudut pandang kecil, yakni hanya menghasilkan uang dari iklan yang umumnya hanya mendapatkan nominal kecil per kliknya. Padahal sejatinya penghasilan blogger itu bukan hanya dari iklan, masih banyak sumber-sumber lain.

Namun demikian, kita tidak bisa meremehkan begitu saja penghasilan iklan yang relatif kecil ini. Sebab jika yang kecil dikumpulkan dengan dikalikan hingga ribuan, bahkan ratus ribu kali tentu penghasilan tersebut akan menjadi sangat besar.

Referensi Kami : Cara Agar Blog Baru Langsung Diterima Google Adsense dengan Sekali Daftar

Hal ini tentu sangat mungkin, apalagi pengguna internet di Indonesia saja jumlahnya begitu banyak, lantas bagaimana untuk pengguna internet dunia? Melihat hal ini saja tentu wajar jika penghasilan seorang blogger bisa berpeluang sangat tinggi bukan? Terutama jika tulisan di blog kita, senantiasa mampu berada di halaman pertama pencarian search engine internet.

Sehingga tak heran pula, jika akhirnya penghasilan seorang blog bisa sampai 10 kali lipat lebih penghasilan pegawai biasa.

4 Blogger Inspiratif dengan Penghasilan Pantastis

Dibawah ini setidaknya penulis mencatat ada 4 blogger inspiratif, dimana keempat orang ini rela meninggalkan pekerjaanya di sebuah perusahaan. Padahal saat bekerja di perusahaan tersebut, mereka berada di posisi yang sangat bagus. Sehingga gaji mereka dari perusahaan bisa mencapai belasan juta, bahkan dua puluh juta lebih.

Siapakah ke-4 blogger inspiratif Indonesia tersebut? Untuk jelasnya mari kita simak ulasannya berikut ini.

1.Timon Adiyoso

Tips menjadi full time blogger sukses
Image via Facebook Timon Adiyoso

Sengaja saya menuliskan mas Timon sebagai blogger Indonesia Inspiratif pertama yang akan kita bahas. Meski saya tidak pernah bertemu langsung dengan beliau, namun entah kenapa saya merasa sangat dekat.

Maklum saja, meski sudah menjadi blogger sukses mas Timon tidak tinggi hati. Layaknya padi yang makin berisi makin merunduk, mas Timon selalu rendah hati dan siap membantu siapa saja yang membutuhkan.

Selain melalui artikel dan video, mas Timon juga senantiasa membantu saya saat ada kesulitan perihal dunia blogging. Dirinya senantiasa sigap membalas setiap chat saya di media sosial, untuk kemudian memberikan solusi bagi setiap permasalahan yang saya hadapi.

Siapakah Timon Adiyoso?

Timon Adiyoso atau lebih akrab dikenal dengan mas Timon, adalah blogger asal Samarinda, dirinya adalah admin dari blog mastimon.com.

Lulus dari STMIK Widya Cipta Dharma Samarinda (2010), dengan fokus studi D3 Jurusan Manajemen Informatika. Membuat pria kelahiran 11 September 1984 ini, mudah mendapatkan posisi penting dalam sebuah perusahaan tambang di tempatnya bekerja. Dimana saat itu dirinya berada dalam posisi kepala HRD dengan gaji bulanan lebih dari Rp. 10 juta.

Perjalanan Karier Blog Timon Adiyoso

Sobat tentu penasaran bukan tentang kesuksesan mas Timon ini di dunia blogging, dan kenapa dirinya berani memutuskann untuk menjadi seorang full time blogger?

Mari langsung saja kita bahas bersama. Awal mulanya Mas Timon mendapatkan penghasilan blog dengan bekerja sama dengan mas Sugeng. Mirip seperti penulis, yang termotivasi ngeblog setelah menjadi kontributor klikmania.net dan sudah mendapatkan penghasilan hingga 6 juta lebih dari mas Ghani selaku pemilik blog.

Selain itu, mas Timon juga memiliki bisnis percetakan undangan di rumah, ini tentu mirip lagi. Semoga aja suksesnya juga bisa jadi mirip. Curhat boleh ? ­čśů

Ok lanjut ke pembahasan. Singkat cerita, setelah mas Timon bekerja selama 4 tahun lebih di perusahaan pertambangan tersebut, tepatnya pada bulan Maret 2017 dirinya mendapat penghasilan sekitar Rp.2 jutaan, sebagai penghasilan pertama dari akun Adsense yang tertaut pada blognya tersebut. Kemudian, untuk bulan keduanya penghasilan blog mastimon.com naik menjadi Rp. 3 jutaan.

Baca Juga : Perbedaan Lengkap Akun Adsense Hosted dan Non-Hosted

Atas dasar itulah, kemudian mas Timon meminta izin kepada istrinya untuk menjadi full time blogger. Tentu saja sang istri menolak permintaan tersebut, wajar saja penghasilan mas Timon dari pekerjaannya sudah mencapai belasan juta, rasanya sangat berat tentu untuk mengizinkan dirinya keluar dari pekerjaannya tersebut. Selain itu, pertimbangan kebutuhan dalam keluarga yang cukup banyak juga menjadi salah satu pertimbangan yang cukup berat.

Namun atas dasar keyakinannya mas Timon tetap kekeh, membulatkan tekad untuk keluar dari perusahaan agar bisa lebih fokus membangun blognya. Berbekal keyakinannya yang kuat bahwa blognya akan sukses, akhirnya resmilah dirinya tidak lagi menjabat sebagai karyawan di perusahaan tambang lagi.

Bayangkan saja, bagaimana perasaan istrinya saat itu ? Apalagi di bulan pertama keluar dari perusahaan, penghasilannya dari Google Adsense, masih ajeg di angka 3 juta. Belasan juta menjadi tiga juta, tentu terasa turun drastis.

Namun demikian, dirinya tidak patah semangat. Ibarat pepatah mengatakan kalau sudah basah nyemplung sekalian. Akhirnya selain rajin menulis untuk membangun blog, dirinya juga senantiasa meluangkan waktu untuk banyak belajar tentang dunia blogging, mulai dari belajar share artikel bermanfaat hingga belajar teknik seo yang benar.

Hanya Beberapa Bulan Penghasilan Adsense Bisa Tembus 10 Juta

Ketekunannya dalam belajar dan berkarya akhirnya telah membuahkan hasil yang sangat manis. Sebab untuk bulan ke-3 setelah dirinya keluar dari perusahaan, penghasilan Adsense dari mastimon.com bisa mencapai angka 10 juta.

Tentu sebuah prestasi yang sangat luar biasa. Mengajarkan kepada kita, bahwa usaha tidak akan menghianatai hasil, dan keputusan besar akan menghasilkan sesuatu yang besar pula.

Tips Jadi Blogger Sukses dari Mas Timon

Untuk menjadi full time blogger sukses, melalui video YouTubenya, mas Timon memberikan tips untuk kita semua.

Dimana dirinya mengatakan, selain memiliki tekad yang kuat untuk menjadi blogger sukses, dalam aktivitasnya seorang blogger juga harus senantiasa mengandalkan Tuhan. Sehingga selain memiliki komitmen, seorang blogger tidak akan melakukan cara-cara yang salah dalam upayanya untuk mendapatkan penghasilan yang tinggi.

Dengan kita selalu memiliki niat dan upaya yang baik, maka usaha yang kita lakukan akan senantiasa mendatangkan keberkahan untuk keluarga. Dengan membangun bisnis menggunakan cara-cara yang baik, maka Tuhan pun akan memberikan kita rizki yang baik pula.

Untuk menjadi blogger sukses, kita juga harus senantiasa berani untuk mencoba. Sejauh mungkin hilangkan ketakutan, dan pikiran pesimis kita tidak bisa. Saat mengalami kegagalan teruslah mencoba, sebab mencoba adalah ilmu dan pengalaman paling berharga. Yakinlah setelah 2 atau 3 kali gagal, maka setelah itu tidak akan mengalami kegagalan.

Demikian disampaikan mas Timon.com di ruang kerjanya, yang diabadikaan di kediamannya di perum Griya Karya Sejahtera, RT. 31 Blok C, Bukuan Palaran, Samarinda, melalui video YouTube berikut ini:

2. Wisa Rahardi

Tips menjadi full time blogger sukses
Image via Google Plus

Blogger sukses yang memilih meninggalkan pekerjaannya, demi menjadi full time blogger berikutnya adalah Wisa Rahardi. Dimana dirinya adalah pemilik dari blogooblok.com

Sejarah Kesuksesan Blog

Wisa Rahardi mulai mengenal blog sejak tahun 2005 silam. Dimana pada pertengahan 2008 dirinya resmi memiliki akun Adsense, namun karena PIN tidak datang akhirnya akun tersebut di baned.

Sempat mendengarkan perkataan orang-orang negatif, bahwa bloging adalah aktivitas sia-sia, membuat dirinya meninggalka dunia blog. Sehingga dari tahun 2009 hingga 2013 dirinya pun benar-benar meninggalkan dunia blogging.

Akhirnya saat dirinya sudah menjadi 3 kontributor media online nasional sekaligus, tepatnya pada pertengahan tahun 2013, dirinya pun mulai ingat kembali dan tertarik untuk kembali menekuni aktivitas blogging.

Pada tanggal 22 Februari 2014, saat dirinya menjadi editor di salah satu media online lokal Makasar. Wisa Rahardi pun akhirnya memutuskan untuk membuat blogooblok.com dengan tujuan awal hanya untuk bernostalgia, atau mengingat kembali dunia blog yang ia pelajari sejak tahun 2005 silam.

Keputusan besar pun terjadi dalam hidupnya, sebab pada pertengahan 2013 dirinya memilih berhenti dari pekerjaannya sebagai editor, dan lebih memilih menjadi full time blogger, untuk blog yang ia bangun.

Hal ini tentu mengejutkan banyak orang, terutama rekan-rekan di tempatnya bekerja. Bahkan meski banyak yang menawarinya pekerjaan dia tetap teguh pendirian.

Pilihannya pun akhirnya membuahkan hasil, dimana setelah 2 tahun mengudara. Blog yang ia buatpun akhirnya memiliki peringkat yang baik di halaman pencarian.

Blogooblok.com pun memiliki banyak trafik original, dan pada tanggal 16 Februari 2016 ranking alexa blog ini berada di peringkat 756 di Indonesia. Kerennya lagi, berkat kesuksesannya menjadi full time blogger, dirinya pun sering diundang menjadi pembicara. Baik di tingkat lokal maupun nasional.

3. Yosef Ardhi

Tips menjadi full time blogger sukses
Image via Google

Nama Yosef Ardhi tentu sangat familiar di kalangan blogger. Dimana awal mulanya dirinya merilis blog yosef-ardi.blogspot.com pada tahun 2005 silam.

Kala itu Yosef Ardi yang menjabat sebagai seorang jurnalis, dengan jabatan managing editor berniat untuk melepaskan pekerjaan bergaji belasan juta tersebut. Gaji belasan juta di tahun tersebut, tentu jumlahnya jauh lebih bernilai dari sekarang.

Bukan tanpa sebab keputusannya itu, sebab selain ingin fokus pada bloggnya, dia juga tidak enak jika perusahaan membayarnya maksimal, namun dirinya merasa tidak bisa bekerja maksimal lagi.

Banyak yang menganggap keputusan Yosef Ardhi menjadi full time blogger adalah keputusan gila. Apalagi keputusan tersebut hanya untuk dunia blogging yang hanya mengandalkan iklan sebagai penghasilan utamanya. Namun dirinya percaya, bahwa untuk mendapatkan sesuatu yang luar biasa, maka seseorang harus mau mengeluarkan sesuatu yang lebih.

Keputusannya terbukti tidak salah, saat ini Yosef Ardhi pun telah membawahi sejumlah karyawan melalui PT. Alpha Research Database Indonesia, dan saat ini dirinya pun sudah memiliki kantor sendiri, yakni di daerah Kemang, Jakarta Selatan.

Meski tidak menyebutkan secara rinci, namun Yosef Ardhi pernah mengaku bahwa penghasilannya sudah berlipat-lipat jika dibandingkan saat dirinya menjadi jurnalis dulu. Baca Kisahnya dengan cara klik di sini.

4. Herman Yudiono

Tips menjadi full time blogger sukses
Image via Kaskus

Full time blogger sukses yang berawal dari resign dari perusahaan tempatnya bekerja, yang akan terakhir kita bahas adalah Kang Yudiono.

Sebelum memutuskan menjadi full-time blogger Herman Yudhiono adalah seorang sarjana lulusan IPB, yang pernah bekerja di salah satu perusahaan nikel terbesar di dunia, dengan gaji mencapai Rp. 20 juta lebih.

Semangat yang tinggi, telah menjadikan dirinya keluar dari perusahaan, dan fokus menjadi blogger sejak tahun 2011. Tak heran, akhirnya keputusan besarnya tersebutpun telah menjadikan dirinya menjadi salah satu blogger sukses Indonesia. Bahkan hanya dengan waktu dua tahun, dirinya mampu menghasilkan Rp. 620 juta, simak kisahnya di sini.

Tips Menjadi Blogger Sukses

Tips menjadi full time blogger sukses
Image via-thesavvycouple.com

Setelah membaca kisah sukses ke-4 blogger tersebut, pasti ada pikiran untuk menirunya bukan. Agar tidak salah jalan, berikut tips menjadi full time blogger sukses :

  1. Sobat harus benar-benar mencintai dunia menulis, sebab jika ini bukan pasionnya sobat akan mudah mengeluh dan menyerah.
  2. Siapkan bekal materi yang cukup sebelum resign, baik untuk membiayai aktivitas blogging maupun memberi nafkah keluarga.
  3. Selain memiliki bisnis online juga harus memiliki bisnis offline, seperti penulis dan Mas Timon yang sama-sama memiliki usaha percetakan undangan.
  4. Buat niche blog sesuai keahlian sobat, dan buat cita-cita setinggi mungkin terkait blog sobat. Contohnya duniaelektronik.net ini, dibuat menggunakan email istri saya dengan tujuan bisa membuat berkah keluarga, membiayai kuliah anak-anak sampai S3 kelak, dan tentu saja bisa menjadi situs elektronik terbesar di Idonesia. .. aamiiin.
  5. Bekerja layaknya diperusahaan. Sekali pun bekerja di rumah sendiri sobat harus berkomitmen untuk bekerja layaknya disebuah perusahaan. Jika di perusahaan dulu sobat bekerja 8 jam sehari, lakulanlah pula untuk aktivitas blogging ini. Bahkan sangat disarankan lebih dari itu.
  6. Refreshing dan liburanlah, selain dapat menyegarkan pikiran berbagai tempat baru bisa menjadi referensi bagi berbagai artikel yang akan kamu buat berikutnya.

Baca Juga : 7 Kunci Utama Kesuksesan Blogger

Demikian kisah 4 blogger sukses inspiratif yang telah memberikan gambaran kepada kita, akan bagaimana cara menjadi full time blogger sukses itu.

Semoga kita bisa meniru mereka, agar bisa cepat membangun bisnis kita sendiri. Bukan justru terus-terusan sibuk, bahkan bangga dengan hanya terus membangun bisnis orang lain.

Gambar Gravatar
Founder Membangun Inspirasi, Editor duniaelektronik.net, Kontributor klikmania.net, Teacher, Entrepreneurship, University student life. Berusaha menebarkan ilmu, inspirasi, dan kemanfaatan melalui tulisan. Jika bermanfaat silahkan share.